2 December 2014

by Yoga Wisesa

Wakili Indonesia di Asia Pasifik, NXL Menangkan Turnamen BenQ CS:GO League 2014

Pada akhir minggu lalu, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno menyambut kedatangan tim eSport kebanggaan kita di Kuala Lumpur. Seperti biasa, kehadiran mereka di sana bukanlah sekedar berwisata. NXL berniat untuk melakukan keahlian terbaik mereka: ada turnamen eSport yang harus dimenangkan dan bendera Merah Putih yang ingin dikibarkan.

Menyaring delapan tim dari beberapa negara di Asia Tenggara, grand final turnamen BenQ CS:GO League 2014 diadakan di stadium Orange eSports akhir November lalu. Orange eSports adalah tim olahraga elektronik terbesar di Malaysia yang fokus ke game Dota 2 dan Counter-Strike: Global Offensive. Namun sebelum acara final dimulai, Duta Besar sekaligus mantan staf TNI AU itu memberi semangat sembari berbincang-bincang dengan NXL dan IeSPA.

Herman Prayitno sudah mengerti bahwa gaming kompetitif merupakan cabang olahraga populer di dunia, dan perkembangannya sedang meningkat tajam. Beliau menyambut baik kemajuan eSport di Indonesia dan bersama tim KBRI, sang Purnawirawan Marsekal TNI siap membantu. Pada tim NXL, Herman berpesan agar mereka selalu disiplin dan giat berlatih. Dan seperti representasi CS:GO sendiri, NXL 'harus mempunyai sikap prajurit'.

CEO sekaligus team leader NXL menjelaskan permainan CS:GO pada Herman. Sang Duta Besar berkomentar, "Ini game bagus, saya suka. Apalagi kalau setiap prajurit TNI memainkan game seperti ini, pasti akan meningkatkan kemampuan prajurit kita dalam menganalisa medan tempur." Tak sekedar 'bagus', peneliti berhasil membuktikan bahwa permainan-permainan action dapat meningkatkan kemampuan belajar para penikmatnya.

 

Info menarik: Gigabyte Setuju Berpartner Bersama NXL Untuk Majukan eSport Indonesia

 

Keberhasilan NXL tak lepas dari dukungan penuh IeSPA - atau Indonesia eSport Association. Mereka mempunyai komitmen untuk memajukan olahraga elektronik di tanah air. Mungkin sambutan Duta Besar RI pada NXL terlihat biasa saja. Tapi tunggu dulu, penerimaan resmi mereka artinya IeSPA sudah diakui pemerintah, dan secara teknis kehadiran NLX serta IeSPA mewakili Presiden RI.

Lalu bagaimana hasil perjuangan NXL sendiri dalam turnamen BenQ CS:GO League 2014? Di grand final, NXL bertanding melawan MVP Malaysia. Walau sempat ketinggalan di babak pertama, tim asuhan Richard Permana itu bisa menyusul dan unggul dua poin, dengan skor akhir 16 melawan 14. Kemenangan tersebut menempatkan NXL sebagai juara pertama, disusul MVP dan tim Insidious Gaming asal Singapura di urutan ketiga.

Silakan saksikan highlight pertandingan finalnya melalui embedded video di bawah ini.