Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Organisasi Esports Asal Brazil Buat Game Mobile Berjudul Cyber Hero

28 July 2020Akbar Priono

Vivo Keyd, organisasi esports asal Brazil membuat game berjudul Cyber Hero. Game ini menjadi sarana Vivo Keyd untuk mendekatkan diri ke penggemar.

Brazil mungkin bisa dibilang sebagai salah satu negara dengan perkembangan ekosistem esports yang pesat. Perkembangan tersebut terlihat salah satunya dari beberapa pencapaian yang didapat oleh ekosistem di sana. Contohnya ada LOUD Esports, sukses menjadi tim esports pertama dengan 1 miliar Views di YouTube, menyalip FaZe Clan. Contoh lainnya ada paiN Gaming dan Vivo Keyd, berhasil menarik perhatian bank B2S yang sebelumnya mensponsori klub sepak bola Flamengo.

Tak hanya berkembang dengan pesat, ekosistem esports di sana juga tumbuh dengan inovatif. Sebagai contoh ada Vivo Keyd, yang dikabarkan akan merilis mobile game dengan judul Cyber Hero. Cyber Hero merupakan mobile game kedua yang dibesut oleh Vivo Keyd Studio, anak perusahaan organisasi esports Vivo Keyd yang bergerak di bidang Game Development. Game pertama Vivo Keyd Studio berjudul Avalon yang dirilis tahun 2019 lalu. Game tersebut berhasil menjadi top-10 adventure game di Brazil, mengutip dari Esports Observer.

Masih dari Esports Observer, Cyber Hero masih belum dirilis di Play Store ataupun App Store sampai saat ini. Terkait perilisan, Tiago Xisto CEO Vivo Keyd memberikan komentarnya. “Game berfungsi sebagai cara bagi kami untuk dapat lebih dekat lagi dengan para penggemar. Setiap game dibuat agar setiap orang yang memainkannya bisa merasa seperti seorang ‘Keyd warrior’ yang sedang menjalankan misi.”

Vivo Keyd Studio sendiri merupakan sebuah inisiatif yang dibuat pada tahun 2018 oleh organisasi esports asal Brazil tersebut. Studio game tersebut dibuat dengan tujuan untuk mendukung perkembangan pengembang game lokal. “Selain untuk mendorong perkembangan industri game development nasional (Brazil), kami sadar game casual bisa membuat para penggemar jadi merasa lebih dekat dengan brand dan Vivo Keyd secara keseluruhan.” Ucap Xisto.

Game besutan Vivo Keyd ternyata tak sekadar menjadi alat untuk membuat fans jadi lebih dekat, tapi juga memiliki pemasukannya tersendiri. Esports Observer mengatakan bahwa Avalon juga menciptakan pemasukan lewat iklan yang ditampilkan di dalam game. Cyber Hero akan sedikit berbeda. Kali ini Vivo Keyd bekerja sama dengan sebuah startup teknologi yang bergerak di bidang sosial bernama Ribon. Nantinya pemasukan game Cyber Hero akan didonasikan untuk gerakan sosial yang didukung oleh startup tersebut.

Inisiatif dari Vivo Keyd jadi menarik, karena tidak hanya menjadi cara yang inovatif untuk tetap menggandeng para penggemar, namun juga jadi sarana yang bagus bagi pengembang game lokal untuk berkembang. Vivo Keyd sendiri merupakan salah satu organisasi esports besar di Brazil. Tim ini merupakan peserta dari liga League of Legends kasta utama di Brazil, CBLOL. Terakhir kali, Vivo Keyd bahkan berhasil menjadi pemenang babak Regular Season dari CBLOL 2020.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV