16 March 2022

by Galih

Guardian of the Galaxy dan Final Fantasy XIV Menangkan Video Game Accessibility Awards 2021

Banyak game dari berbagai genre yang ternyata sangat peduli terhadap para pemainnya.

Video Game Accessibility Awards mungkin bukanlah ajang penghargaan semegah dan sprestisius ajang penghargaan lain seperti The Game Awards, Golden Joystick Awards, dan lainnya.

Namun ajang penghargaan yang baru kali kedua dilaksanakan ini memberikan penghargaan kepada game-game yang telah memberikan perhatian khusus untuk aksesbilitasnya yang membuat game mereka dapat diakses oleh lebih banyak ragam pemain, termasuk para pemain dengan disabilitas.

Acara yang diadakan secara virtual tersebut dipandu oleh Steven Spohn dari AbleGamers dan juga penulis untuk Sony Santa Monica, Alanah Pearce. Ada sembilan kategori penghargaan yang diberikan pada tahun ini yang masing-masing mewakili satu aspek aksesibilitas.

Berikut adalah kesembilan penghargaan yang diumumkan beserta para pemenangnya:

  • Second Channel: Penghargaan bagi game yang memberikan bantuan informasi yang dibutuhkan para pemain untuk dapat maju ketika tertahan.

Pemenang: Marvel's Guardians of the Galaxy - Square Enix

  • Clear Text: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemainnya mengatur tampilan visual teks di layarnya untuk dapat lebih mudah dibaca.

Pemenang: Halo Infinite - 343 Industries

  • Input Reduction: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemain untuk mengurangi jumlah input kontrol yang dibutuhkan utuk berhasil menyelesaikan perintah yang diminta dalam game-nya

Pemenang: Before Your Eyes - Goodbye World Games

Image Credit: Xbox

  • AI Assistance: Penghargaan bagi diberikan kepada game yang memungkinkan pemain untuk memainkan game-nya dengan bantuan sistem AI di dalam game-nya

Pemenang: Forza Horizon 5 - Playground Games

  • Improved Precision: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemainnya menyesuaikan sensitifitas gerakan yang dapat membantu pemainnya membidik lebih presisi dalam game-nya

Pemenang: Far Cry 6 - Ubisoft Toronto

  • Peer Assistance: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemain untuk menyelesaikan tantangan dalam game-nya dengan bantuan dari pemain lainnya.

Pemenang: It Takes Two - Hazelight Studios

Image Credit: Square Enix

  • Remapping: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemain untuk mengatur dan memetakan ulang konfigurasi kontrol game-nya sesuai dengan kebutuhan pemain.

Pemenang: Final Fantasy XIV: Endwalker Square Enix

  • Training Grounds: Penghargaan bagi game yang memberikan pemain tempat berlatih dan meningkatkan keahlian mereka dalam menggunakan senjata, mekanisme gameplay, dan lain-lain.

Pemenang: Halo Infinite - 343 Industries

  • Ability To Bypass: Penghargaan bagi game yang memungkinkan pemainnya untuk melewati tantangan atau bagian dari game-nya untuk terus bergerak maju.

Pemenang: Life Is Strange: True Colours - Deck Nine

Game-game yang memenangkan penghargaan-penghargaan di atas dipilih oleh juri panel yang berisikan para gamer dengan disabilitas. Sedangkan kriteria untuk setiap kategori yang dimasukkan dibuat dari pedoman aksesibilitas yang dibuat oleh AbleGamers.