21 December 2016

by Bambang Winarso

Viber Gulirkan Fitur Pesan video 30 Detik dan Integrasi ala Facebook Messenger

Fitur baru Viber digulirkan secara bertahap ke platform Android dan iOS

Dulu, banyak orang memasang WhatsApp dan Viber dalam satu perangkat, WhatsApp untuk mengirim pesan secara global dan Viber untuk menelpon teman secara cuma-cuma. Tetapi, seiring perkembangan keduanya, baik WhatsApp maupun Viber kini mempunyai banyak kesamaan kendati masing-masing tetap punya keunikan sendiri.

Baru-baru ini Viber mencoba tancap gas dengan menghadirkan fitur tambahan yang sebenarnya cenderung mengikuti langkah para rival, bukan gebrakan baru dengan merancang fitur unik dan berbeda.

Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan video singkat dengan teman, integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Giphy dan Wikipedia dan juga polesan emoticon baru.

Kita mulai dari perubahan paling signifikan. Di Viber kini pengguna dapat merekam video berdurasi 30 detik yang kemudian dibagikan ke teman sebagai pesan. Serupa dengan fitur WhatsApp, untuk mengirim pesan video pengguna cukup menekan dan menahan tombol video chat di kotak percakapan. Setelah dilepas, video akan terkirim secara otomatis atau dibatalkan dengan menggeser layar ke arah kiri.

Berikutnya Viber juga menawarkan integrasi baru ke layanan pihak ketiga. Sebagai permulaan, Viber menghadirkan Giphy,Wikipedia dan TheMovieDB dan juga Viber Stickers. Jika Anda biasa menggunakan Facebook Messenger, pasti tidak merasa asing dengan metode yang disuguhkan oleh Viber ini.

Ekstensi chat ini memungkinka pengguna mengirimkan gambar animiasi GIF dari Giphy atau membagikan informasi terkait film dan biografi seseorang dari TheMovieDB dan Wikipedia. Untuk mengakses ekstensi chat ini, tap simbol @ di area teks dan geser layar untuk menemukan pilihan-pilihan yang tersedia. Di masa mendatang Viber berjanji akan terus menghadirkan intergrasi layanan pihak ketiga dalam ekstensi chat ini.

Selain dua perubahan besar di atas, Viber juga melakukan polesan emoticon yang disebut dengan โ€œflat, colorful aesthetic.โ€

Pembaruan ini digulirkan untuk Android dan juga iOS. Anda cukup melakukan update melalui toko aplikasi masing-masing.

Sumber beritaย Venturebeat dan gambar header Pixabay.