11 September 2014

by Yoga Wisesa

Via Update Terbaru Google Hangouts, Anda Bisa Lakukan Panggilan Suara Gratis ke US dan Kanada

Kehadiran Google Hangouts dimaksudkan untuk menyatukan fungsi Talk, Google+ Messenger dan sistem video chat dalam Google+. Seperti Skype dan Apple FaceTime, fitur instant messaging dan video chat adalah fungsi utama aplikasi ini. Tapi Google baru saja menambahkan kemampuannya dalam update terbaru.

Mulai tanggal 11 September, Anda bisa melakukan panggilan suara gratis ke sesama pengguna Google Hangouts di web, Android maupun iOS. Hebatnya lagi, Hangouts memungkinkan kita menelpon ke nomor Amerika Serikat dan Kanada tanpa dikenakan biaya. Google juga menawarkan tarif lebih murah untuk panggilan ke negara-negara lain seperti India, Perancis dan Meksiko.

Fitur voice call dibenamkan melalui update versi 2.3. Google merombak sedikit penampilan aplikasi mobile tersebut, sekarang hadir mendekati konsep Material Design yang mereka perkenalkan Juni lalu. Layout Google Hangouts tampak lebih sederhana dan lebih cerah. App kini juga diusung dalam tampilan multi-tab untuk memudahkan kita mengakses kontak, percakapan, dan panggilan.

 

Info menarik: Fitur ‘SMS for Hangouts’ Pensiun Dini

 

Untuk pengguna Google Voice, update ini menyalurkan fitur utama layanan tersebut ke Hangouts. Artinya, panggilan Hangouts datang dari nomor Google Voice dan catatan voicemail muncul di interface chat, sebagaimana pesan-pesan teks yang masuk ke nomor Google Voice Anda. Kemudian pengguna Google Voice juga bisa menjawab panggilan dari Hangouts.

Berbicara pada TechCrunch, Amit Fulay selaku Product Manager Google Hangouts menjelaskan alasan mengapa mereka kini fokus pada fitur panggilan suara, "Menurut kami, suara memiliki peran penting. Kami ingin fokus pada pengguna. Metode panggilan yang Anda gunakan sebenarnya bergantung dari tingkat urgensi." Google menyadari biasanya pengguna lebih dulu melakukan panggilan suara sebelum 'naik' ke tingkat selanjutnya via video call.

 

Info menarik: Google Kenalkan Android L dengan Konsep ‘Material Design’ Dalam Google I/O

 

Voice call dengan memanfaatkan Google credit sudah diintegrasikan ke aplikasi Hangouts di iOS. Tapi panggilan gratis ke sesama pengguna, termasuk kemampuan pesan teks dan catatan voicemail merupakan tambahan baru. Perluasan kemampuan pada app juga membawa Hangout satu langkah ke arah platform 'one-stop' yang Google pernah janjikan. Terlepas dari itu, layananan Google Voice reguler tetap akan bekerja seperti biasa.

Jika belum, Anda bisa langsung mengunduh Hangouts ke perangkat Android dari Google Play. Kemudian instal juga Hangouts Dialer untuk mengaktifkan panggilan suara. Pada perangkat iOS dan versi web, fitur voice call akan langsung tersedia ketika Anda membuka aplikasi Hangouts.

Sedikit catatan: walaupun sudah diumumkan resmi melalui press release dan telah mengunduh app Dialer-nya, saya belum bisa menjajal voice call karena belum ada update ke Hangouts versi 2.3 di handset. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan khawatir, update akan datang dalam beberapa hari ke depan.