29 January 2018

by Glenn Kaonang

Vestaboard Kawinkan Papan Pengumuman Mekanis dengan Internet

Seperti yang terdapat di banyak bandara dulu, tapi untuk menampilkan notifikasi Twitter dan Slack ketimbang jadwal penerbangan

Hampir semua bandara saat ini memanfaatkan layar digital sebagai papan pengumuman jadwal penerbangan. Namun ada kalanya bandara-bandara di dunia memercayakan teknologi lawas berupa split-flap display, atau yang juga dikenal dengan istilah "Solari board", merujuk pada nama produsennya yang bermarkas di Itali.

Sekarang, ada sebuah startup yang ingin menghadirkan kembali inovasi antik ini, sekaligus mengintegrasikannya ke dalam gaya hidup konsumen modern. Mereka memperkenalkan Vestaboard, yang pada dasarnya merupakan papan display mekanis dengan cara kerja mirip Solari board, tapi yang tersambung ke internet.

Vestaboard memiliki kotak-kotak kecil dengan layout 23 x 7 untuk menampilkan total 161 karakter secara bersamaan, yang meliputi huruf, angka, simbol maupun delapan blok warna. Ukurannya kurang lebih setara TV 42 inci, sedangkan desainnya benar-benar tampak minimalis sekaligus elegan.

Di balik setiap kotak kecil itu, bernaung perangkat semacam Rolodex yang akan terus berputar hingga akhirnya menampilkan karakter yang tepat. Cara kerjanya bisa Anda simak pada video berikut, dan mengingat ada 161 perangkat kompleks seperti itu di dalam Vestaboard, tidak heran apabila pengembangnya mematok harga $1.850.

Biaya semahal itu untuk papan pengumuman yang bahkan tak bisa menampilkan gambar? Ya, ada alasan mengapa teknologi ini ditinggalkan dan digantikan oleh layar digital: ongkos produksinya mahal. Namun di saat yang sama, ada sensasi dan kepuasan tersendiri melihat sekaligus mendengarkan bunyi keletak-keletak selama split-flap display beroperasi, dan itulah yang hendak disuguhkan oleh Vestaboard.

Terlepas dari wajah analognya, Vestaboard menerima informasi secara digital. Ia mengandalkan Wi-Fi untuk menyerap konten dari aplikasi-aplikasi smartphone seperti Twitter, Slack, Google Calendar, hingga bahkan perangkat seperti Amazon Echo dan Google Home. Jika Anda pernah iseng membayangkan betapa kerennya menampilkan notifikasi Twitter pada sebuah split-flap display, Vestaboard bakal mewujudkan fantasi Anda tersebut.

Selain di rumah sendiri, Vestaboard tentunya juga ideal ditempatkan di kafe atau coworking space, atau di mana pun papan pengumuman dibutuhkan. Pre-order untuk Vestaboard saat ini sudah dibuka, tapi barangnya baru akan siap pada bulan Desember 2018. Pre-order ini penting karena harga retail-nya malah jauh lebih mahal lagi, tepatnya $3.495.

Sumber: Fast Company dan The Verge.