12 January 2018

by Yoga Wisesa

Versi Remaster Dark Souls Akan Hadir di PC, Xbox One, PS4 dan Switch

Selain uprade visual, versi remaster ini juga dibundel bersama beragam add-on yang dahulu dihadirkan via DLC.

Sebagai penerus spiritual Demon's Souls, Dark Souls menawarkan pemain hal yang belum pernah ada di permainan action-role playing lain: pertempurannya sulit namun sangat adiktif, kemudian developer FromSoftware berhasil menciptakan dunia permainan yang begitu kompleks dan mampu 'menyampaikan cerita' tanpa memanfaatkan elemen sinematik.

Dark Souls pertama kali dirilis untuk sistem PlayStation 3 dan Xbox 360, kemudian di-port ke PC setelah publisher Bandai Namco melihat banyaknya konsumen yang mengharapkan game ini hadir di Windows. Versi PC-nya (diberi judul Prepare To Die Edition) menyimpan banyak kendala teknis, tapi dapat dimaklumi karena sebelumnya produser Takeshi Miyazoe sudah mengingatkan bahwa timnya tidak terlalu berpengalaman dalam menggarap game PC.

Kemarin, terdengar sebuah kabar gembira bagi fans yang bermimpi untuk menikmati Dark Souls pertama dengan memanaatkan segala kecanggihan platform game modern. Dalam presentasi Nintendo Direct di tanggal 11 Januari, Bandai Namco mengumumkan rencana buat menghadirkan versi remaster permainan itu ke Nintendo Switch, PC, PlayStation 4, dan Xbox One.

Tentu saja, fokus FromSoftware dan Bandai Namco adalah upgrade pada faktor grafis. Dark Souls versi Switch kabarnya akan menyuguhkan resolusi 1920x1080p 30fps di mode TV, dan 1280×720p 30fps di mode handheld. Lalu pemilik Xbox One dan PlayStation 4 dapat menikmati permainan ini di resolusi 1080p dengan 60-frame rate per detik. Di Xbox One X atau PS4 Pro, resolusi permainan di-upscale ke 4K dan menghidangkan 60fps.

Versi PC sendiri mendapatkan sentuhan istimewa. Di platform ini, Dark Souls siap menyajikan resolusi 4K native dengan tekstur objek 2K, dijalankan di 60-frame rate per detik.

Mungkin Anda yang sempat dikecewakan oleh Prepare To Die Edition melihat upaya porting kedua ini dengan penuh waspada. Namun jangan terlalu cemas. Kemampuan FromSoftware dalam meramu versi PC dari game mereka semakin baik. Dilihat dari sisi teknis, Dark Souls II di PC lebih baik dibanding pendahulunya. Lalu Dark Souls III terasa jauh lebih sempurna dan optimal.

Selain uprade visual, versi remaster Dark Souls juga dibundel bersama beragam add-on yang dahulu dihadirkan via DLC. Akan ada bos Black Dragon, Sanctuary Guardian, dan Artorias of the Abyss; disertai area-area, NPC, musuh, dan berbagai persenjataan serta set baju zirah baru.

Dark Souls 'Remaster' rencananya akan meluncur di seluruh platform game current-gen pada tanggal 25 Mei 2018.

Via Polygon.