24 March 2023

by Daniel Hamiaz

Valve Umumkan Counter-Strike 2

Game sekuel dari CS:GO ini mengubah mekanik, fitur, dan grafik menjadi lebih memukau lebih memukau

Setelah banyak rumor yang berseliweran di dunia maya, Valve akhirnya secara resmi mengumumkan Counter-Strike 2. Mereka memamerkan banyak sekali fitur dan perubahan terhadap Counter-Strike: Global Offense atau CS:GO, yang menjadi salah satu game andalan mereka.

Valve menyebutkan bahwa Counter-Strike 2 menjadi sebuah lompatan teknis terbesar yang pernah ada sepanjang sejarah Counter-Strike. Terdapat setidaknya 3 update terkait peningkatan fitur, mekanik, hingga grafis di dalam Counter-Strike 2, yaitu Responsive Smoke, Tick Rate, dan World Level.

Granat merupakan senjata taktis yang penting untuk mengontrol sebuah area atau menghalangi pandangan pemain. Dalam Counter-Strike 2, Valve memperbarui cara kerja granat agar bisa berinteraksi dengan objek dan lingkungan sekitar.

Contoh interaksi yang diberikan adalah asap yang dihasilkan Smoke Grenade akan bersifat memenuhi ruang, ketimbang hanya meledak dan menutupi area tersebut. Selain itu, Asap yang dihasilkan juga bisa menghilang sementara jika ditembak maupun ledakan granat yang mengenainya.

Kedua hal tersebut sudah cukup mengguncang cara bermain dan strategi yang selama ini biasa pemain CS gunakan.

Selain gameplay, Valve juga meningkatkan cara kerja, perubahan struktur, dan interaksi antara client-server dari Counter-Strike. Dengan apa yang disebut dengan "Sub-Tick", server akan mengingat lebih banyak aksi yang dilakukan pemain, seperti waktu menembak hingga melemparkan granat. Tujuannya, agar tembakan dan pergerakan lebih konsisten dan presisi.

CS:GO memiliki beragam map unik yang menjadi tempat untuk beradu tembak. Bahkan sejumlah peta sudah berumur 1 dekade, seperti Dust 2, Mirage, Train, dan lainnya. Counter-Strike 2 akan memoles kembali setiap peta yang ada, dengan grafik yang lebih bersih, terang, dan memanjakan mata.

Selain itu, mereka juga melakukan peningkatan terhadap grafis dari senjata-senjata yang dipakai hingga molotov serta efek kobaran api di tanah. Semuanya sangat menggugah pemain untuk segera mencoba game ini.

Selain poin-poin perubahan di atas, Valve masih berjanji akan menambahkan peningkatan lain untuk Counter-Strike 2. Sebuah limited test juga telah dibuka bagi pemain terpilih untuk mencobanya langsung. Dari hasil testing tersebut, Valve akan mengevaluasi apa saja yang perlu ditambahkan atau diperbaiki ke dalam game-nya.

Counter-Strike 2 akan direncanakan rilis sekitar musim panas 2023 (sekitar bulan Juni hingga September) dan akan menjadi game free-to-play. Untuk informasi lebih detailnya, Anda bisa cek di sini.