Esports Ecosystem

Riot Ungkap Soal Ranked Mode VALORANT Untuk Update 1.02

24 Jun 2020 | Akbar Priono
Diperkirakan rilis pekan ini, Riot ungkap ranked mode di VALORANT update 1.02. Hadirkan perubahan ikon, nama, dan beberapa bagian sistem.

Setelah kurang lebih hampir satu bulan rilis ke pasaran, VALORANT akhirnya mendapatkan ranked mode. Hal ini diumumkan oleh Riot Games lewat sebuah rilis resmi, yang mereka terbitkan pada laman playvalorant.com. Sebelumnya Riot Games sudah sempat membahas soal ini sejak April 2020 kemarin, sebelum game ini akhirnya rilis tanggal 2 Juni 2020 kemarin.

Pada saat masih dalam status beta, Riot Games sebenarnya sudah sempat menyajikan fitur rank dalam waktu yang terbatas. Ketika itu disebutkan bahwa Anda membutuhkan 20 kali permainan mode unranked untuk membuka mode kompetitif. Rank terdiri dari 8 tingkat dengan 3 tier di setiap rank, dengan rank tertinggi diberi nama VALORANT. Anda bisa bermain dengan party berisikan 5 pemain, dengan maksimal beda 2 rank saja.

Sumber: playvalorant.com
Sumber: playvalorant.com

Setelah berbagai feedback yang diberikan oleh para pemain pada fase closed-beta dan juga setelah beberapa pekan perilisan ini, kini akhirnya mode rank akan rilis lewat patch 1.02. Ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan rank pada versi closed-beta. Salah satunya adalah perubahan pada ikon, yang kini dibuat jadi lebih berwarna. Selain itu, rank tertinggi diubah namanya menjadi RADIANT.

Selain dari hal tersebut, Riot juga menjelaskan beberapa hal lainnya. Pertama adalah soal pertandingan untuk placementrank. Satu yang menjadi perhatian Riot di sini adalah bagaimana agar Anda bisa bermain dengan kawan-kawan Anda untuk mendapatkan placementrank yang jelas. Jadi nantinya, meski masih dalam placement, Anda tetap bisa bermain mode rank bersama teman.

Selain soal itu Riot juga menjelaskan perhatiannya soal matchmaking antara pemain solo melawan 5-stack atau tim berisikan 5 orang. “Untuk pemain rank Immortal dan Radiant, kami melakukan beberapa perbaikan terhadap sistem matchmaking, namun kami sadar bahwa dalam tingkat tersebut, ada sedikit keuntungan ketika 5 orang dalam satu tim bertemu dengan pemain solo. Kami masih mencoba mencari cara terbaik untuk mengatasi hal ini, dan berencana untuk membagikan rencana kami nantinya.” tulis Ian Fielding, Senior Producer Riot Games dalam rilis.

Ian Fielding. Sumber: LinkedIn
Ian Fielding. Sumber: LinkedIn

Selain itu, mereka juga menjelaskan soal bagaimana perjuangan Anda mencapai rank akan dapat dilihat pada Match History Anda. Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan bahwa Riot sadar akan tingginya permintaan terhadap fitur seputar ekosistem kompetitif seperti turnamen in-game, leaderboards dan lain sebagainya. “Untuk sekarang, kami mengutamakan agar Competitive Matchmaking dapat dirilis secara global. Namun, kami tentu ingin dapat menyajikan kebutuhan tersebut kepada komunitas nantinya.”

Jika mengutip dari apa yang dikatakan pada twit Joe Ziegler sang Game Director Riot Games yang ia tulis pekan lalu, maka update VALORANT 1.02 seharusnya akan rilis pekan ini dalam waktu dekat. Sudahkah Anda mempersiapkan untuk bermain kompetitif?