11 January 2022

by Galih

Riot Games Akhirnya Ungkap Detail Patch 4.0 VALORANT

Banyak perubahan baru yang hadir pada update ini.

Menjelang updateVALORANT datang, Riot Games seperti biasa merilis patch notes untuk memberi gambaran kepada para pemain apa saja yang akan tiba dalam episode baru ini.

Yang pertama tentu adalah kehadiran agent terbaru mereka, NEON. Karakter baru ini membawa style permainan baru yang lebih dinamis dan cepat daripada sebelumnya.

Karakter dengan role duelist ini akan menarik karena memiliki kemampuan yang cukup komplet mulai dari perlindungan, pergerakan cepat, hingga melumpuhkan lawan. Untuk lebih detailnya, Anda bisa melihatnya dalam artikel ini.

image credit: Riot Games

Selain NEON, patch 4.0 juga akan memberikan update untuk serangan dan senjata dalam game-nya. Seperti untuk serangan melee yang kini menjadi lebih efektif lewat hitbox yang lebih besar. Serangan dengan menggunakan pisau ke dinding juga akan memberikan feedback instan.

Beberapa senjata dalam VALORANT juga mendapatkan update di patch ini. Beberapa mendapatkan peningkatan dan beberapa juga mendapatkan pengurangan. Berikut detailnya:

  •  Spectre mendapat nerf untuk akurasi jarak jauhnya serta recoil yang bertambah kuat. Hal ini dilakukan agar pemain akan lebih sulit membunuh musuh saat menembak dari jauh.

image credit: Riot Games

  • Ares mendapat improvisasi dengan dengan menghilangkan spin-up. Ditambah dengan peningkatan firing rate dari 10 menjadi 13.
  • Guardian juga mendapat buff dengan penghapusan penalti fire rate saat menggunakan ADS (aim down sights). Recoil recovery curve-nya juga telah diimprovisasi agar pemain bisa mendapatkan ekstra tembakan.
  • Bulldog kelihatannya akan menjadi pilihan saat eco karena hip-fire rate-nya ditingkatkan dari 9.5 ke 10. Penggunaan ADS juga mendapatkan improvisasi dari 0,4 ke 0,35.

image credit: Riot Games

VALORANT juga memberikan perbaikan pada map Breeze dan Bind untuk membuat mapnya lebih berimbang dan mengurangi eksploitasi yang bisa dilakukan oleh salah satu pihak.

Breeze mendapatkan perubahan di sekitar mapnya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kedua tim. Seperti jalanan main entrance ke site A kini diperlebar untuk mempermudah penyerang masuk.

Beberapa peti kayu juga diletakkan di berbagai lokasi untuk memberikan tempat untuk berlindung sekaligus bermanuver untuk kedua tim. Pintu di site A juga diperbaiki agar tidak dapat ditutup/dibuka sebelum animasi sebelumnya selesai.

image credit: Riot Games

Bind juga kurang lebih mendapatkan update yang sama dengan beberapa peti kayu baru di beberapa titik untuk memberikan tempat berlindung.

Tumpukan peti kayu dekat A-short kini digantikan dengan kotak yang lebih rendah karena sebelumnya titik tersebut digunakan sebagai lokasi bom asap satu arah yang membuat tim penyerang kesulitan untuk masuk.

Terakhir, Competitive playlist juga mendapatkan update yang kini mengharuskan pemain untuk mencapai level 20 terlebih dahulu sebelum masuk ke ranah kompetitif. Namun bagi mereka yang sebelumnya telah main secara kompetitif meskipun belum mencapai level 20 masih dapat bermain secara kompetitif.

Patch 4.0 ini akan segera diimplementasikan bersamaan dengan datangnya Episode 4: Disruption yang akan segera dirilis.