29 January 2016

by Glenn Kaonang

Utamakan Aspek Kolaborasi, Google Perbarui Fitur Komentar di Docs, Sheets dan Slides

Aplikasi versi Android dan iOS-nya kini turut membawa dukungan fitur komentar serta Instant Mention

Kehadiran layanan macam Google Docs tentunya sangat membantu kita tetap produktif di mana saja dan kapan saja. Mau di kantor menggunakan komputer atau di taksi menggunakan smartphone, kita tetap dapat berkolaborasi dengan rekan dalam menggarap suatu dokumen secara bersamaan.

Kolaborasi merupakan faktor penting yang akhirnya menjadi fitur utama di deretan produk Google Docs, Sheets dan Slides. Maka dari itu Google cukup rajin mengirim update guna menyempurnakan pengalaman kolaborasi yang pengguna rasakan setiap harinya.

Dalam update versi terbaru, aplikasi Google Docs, Sheets dan Slides di Android dan iOS kini sudah membawa dukungan fitur komentar. Hal ini tentunya akan memaksimalkan komunikasi di antara para pengguna yang tengah bersama-sama mengerjakan suatu dokumen. Untuk berpindah dari satu komentar ke yang lain, pengguna tinggal menerapkan gestureswipe – di Android sebelumnya sudah bisa, tapi baru untuk iOS.

Selain fitur komentar, versi anyar Google Docs, Sheets dan Slides untuk mobile ini juga membawa fitur Instant Mention, dimana pengguna dapat mengirim notifikasi email ke pengguna lain dengan cepat. Cukup ketikkan nama atau alamat email di kolom komentar, maka daftar kontak yang relevan akan muncul dan pengguna tinggal memilih mana yang hendak di-mention – tidak perlu mengetikkan "+" atau "@" terlebih dulu.

Meski sepintas terkesan berfokus pada versi mobile, Google tidak melupakan versi web-nya. Terhitung mulai tanggal 10 Februari nanti, Google Docs, Sheets dan Slides versi web juga akan kedapatan fitur Instant Mention.

Namun yang lebih menarik lagi, khusus Google Docs versi web, nantinya pengguna juga bisa menikmati fitur Instant Comment. Dengan fitur ini, tombol untuk menambahkan komentar akan muncul setiap kali pengguna menyeleksi teks atau mengarahkan kursor mouse pada sisi halaman.

Sumber: Google Apps Updates.