Dark
Light

Upload Foto Dengan Punypng

1 min read
November 1, 2009

Open source adalah salah satu anugerah terbaik yang pernah ada di dunia ini, setidaknya bagi saya, terlepas dari segala kritikan dan berbagai hal disekitarnya, program-program open source yang gratis sangat membantu saya untuk memahami lebih bagaimana caranya memaksimalkan bekerja dalam dunia web 2.0, termasuk dalam hal foto.

Bagi banyak orang foto adalah bagian terpenting dari aktivitas online.  Aktvitas-aktivitas yang berhubungan dengan jejaring pertemanan di dunia maya, para blogger, bahkan bagi para profesional pun, foto mengambil peranan yang penting dalam men-support pekerjaan mereka.

Namun masalah paling utama untuk foto dengan hasil yang baik, biasanya membutuhkan ukuran file yang cukup besar, meskipun kini banyak fasilitas untuk merubah ukuran file, tapi ada satu yang menarik. Sebuah aplikasi gratisan (like always) bernama Punypng. Aplikasi gratis ini berfungsi untuk mengurangi size foto tanpa menghilangkan kualitas.

Pada blog penciptanya Conrad dijelaskan bahwa proyek ini berawal dari kebutuhan para designer akan sebuah aplikasi yang memang melayani kebutuhan mereka dalam bekerja terutama untuk mengkompres atau mengecilkan file foto. Selain Punypng memang ada beberapa lagi fasilitas setipe, tapi Punypng mengklaim, dengan memberikan data grafik di situs mereka, bahwa proses kompresi mereka bisa mengurangi file dengan persentase lebih baik.

Punypng menggunakan berbagai teknik-teknik pengoptimalisasian web untuk mengurangi size foto dan memberikan saran tentang file foto yang akan dipajang di internet. Aplikasi ini akan secara automatis mengkonversikan file foto untuk mendapatkan hasil yang baik. Beberapa file JPEG lebih baik di koneversikan ke file berekstensi PNG, dan beberapa file JPEG bisa tetap pada file berekstensi JPEG.

Meskipun tidak ditujukan bagi semua calon pengguna, Punypng yang merupakan program besutan Gracepoint After Five memang lebih mengkhususkan pada para pangguna yang berprofesi sebagai desainer, tapi Punypng layak untuk dicoba, terutama untuk file foto dibawah 350KB.

Saya telah mencobanya, untuk file dibawah 350KB, aplikasi ini sangat baik, tapi kekurangannya, untuk file di atas itu, anda harus bekerja dua kali, merubah dulu ukuran foto 350KB atau dibawahnya, kemudian menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan kembali ukuran file.

Penasaran, silahkan coba langsung dengan Punypng dan jangan lupa tuliskan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Keren Untuk Nge-blog

Next Story

Event : Bloggers Meet Yahoo!

Latest from Blog