Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Upgrade Windows 11 Gratis dari Windows 10

25 June 2021Yabes Elia

Hal ini dikonfirmasi oleh Microsoft beserta minimum requirement yang dibutuhkan untuk Windows 11.

Windows 10 adalah sistem operasi Windows yang ditawarkan sebagai upgrade gratis dari Microsoft. Para pengguna Windows 7 dan Windows 8 dapat mengupgrade sistem operasi mereka tanpa tambahan biaya meski memang ada batasan waktu dari tawaran upgrade gratis tadi.

Kali ini, Microsoft kembali mengumumkan hal yang serupa dengan Windows 11. Para pengguna Windows 10 bisa upgrade Windows 11 gratis yang rencananya akan dirilis resmi dalam beberapa bulan ke depan. Sayangnya para pengguna Windows 7 dan Windows 8 tidak akan mendapatkan kesempatan upgrade gratis ke Windows 11.

Dalam kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan spesifikasi PC yang dibutuhkan jika Anda ingin upgrade ke Windows 11. Berikut ini adalah spesifikasi resminya:

  • Prosesor dual-core 64-bit
  • Storage 64GB
  • RAM 4GB
  • UEFI dengan dukungan Secure Boot
  • Trusted Platform Mobile (TPM) 2.0
  • Grafis dengan dukungan DirectX 12

Setelah sebelumnya muncul bocorannya, Microsoft juga akhirnya mengumumkan resmi sejumlah fitur baru untuk Windows 11. Beberapa hal yang menjadi fokus dari sistem operasi terbaru ini adalah user interface yang lebih sederhana namun elegan, Windows store yang baru, dan peningkatan performa serta multitasking.

Seperti yang muncul di versi bocorannya, Windows 11 akan memiliki tombol dan Start menu yang berada di tengah layar — tidak lagi berada di sisi kiri layar. Tampilan UI-nya sangat mirip dengan yang sebelumnya terlihat di Windows 10X — proyek yang sebelumnya direncanakan untuk perangkat dua layar yang dibatalkan oleh Microsoft. Banyak elemen UI yang ada di Windows 10X muncul Windows 11.

Selain soal tampilannya, performa juga jadi salah satu peningkatan yang dijanjikan oleh Windows 11. Salah satu fitur yang akan mendukung peningkatan performa adalah fitur DirectStorage — fitur yang sebelumnya dikenalkan di Xbox Series S/X. Untuk menikmati fitur DirectStorage, Anda harus menggunakan drive NVMe untuk mempercepat waktu loading game di Windows 11 dan game developer dapat memanfaatkan teknologi untuk mempercepatnya lebih jauh lagi.

Xbox Game Pass juga akan terintegrasi dengan Windows 11, yang berarti xCloud juga akan terintegrasi dalam Xbox app — yang memungkinkan Anda streaming game dari server cloud milik Microsoft.

Selain itu, satu fitur yang paling menarik adalah Microsoft akhirnya akan mengizinkan Anda menjalankan aplikasi Android di Windows. Sebelum ini, jika Anda ingin menjalankan aplikasi Android di Windows, Anda harus menggunakan emulator Android. Namun di Windows 11 nanti, Anda bisa menjalankannya tanpa emulator (native). Kami akan menuliskan fitur ini lebih lengkap di artikel yang berbeda.

Tentunya, tidak hanya itu saja fitur-fitur baru yang akan diusung oleh Windows 11. Anda bisa menonton sendiri event Windows 11 di video yang sudah saya sematkan di atas. Anda juga bisa mengunjungi laman resmi perkenalan Windows 11 dari Microsoft di tautan ini.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV