Dark
Light

Update Google Maps Terbaru Membuatnya Lebih Interaktif dan Intuitif

1 min read
November 7, 2013

Menggunakan momentum pengumuman perangkat keras dan desain terbaru perangkat augmented reality mereka, Google juga melakukan update pada versi desktop Google Maps dengan integrasi Waze, kembalinya sang ‘Pegman’ dan juga fitur 3D Earth Tour. Apakah ini hanya sekedar kebetulan? Mungkin tidak.

Senjata utama dalam update Google Maps adalah fungsi baru yang mereka dapatkan dari mengintegrasikannya dengan kemampuan Waze. Kini dengan menggunakan Google Maps Anda bisa mencari tahu informasi apapun tentang pekerjaan jalanan, penutupan jalan hingga kecelakaan yang berpotensi menciptakan kemacetan. Di awal tahun 2013, Google telah membeli Waze dengan uang sebesar US$ 1,1 miliar. Hari ini kita akhirnya tahu tujuan Google mengakuisisi mereka. Sayangnya fitur ini masih terbatas pada kawasan tertentu saja.

Update baru ini juga menandakan kedatangan kembali Google Maps Pegman (ikon orang berwarna kuning) dimana Anda bisa ‘menyeret’-nya di jalanan untuk mengakses Street View. Dengan melakukan click-and-drag pada Pegman yang berada di pojok bawah layar, dan meletakkannya dimanapun di peta, Google akan mengajak Anda terbang dari ‘God’s eye-view‘ ke tempat itu dan memunculkan Street View – sangat interaktif dan intuitif.

maps

Google juga tidak lupa membubuhkan fitur baru di dalam Street View dimana pengguna disajikan gambar-gambar pemberhentian menarik yang mungkin Anda temui di jalan.

Yang terakhir, Google sedikit merombak fungsi ‘tour guide‘ dan menyajikannya di bawah nama baru: 3D Earth Tour. Fitur ini pada esensinya sama seperti Tour Guide dimana pengguna diajak ‘berjalan-jalan’ dalam tur virtual dengan tampilan 3D. Fungsi ini sudah langsung bisa Anda gunakan dengan mengakses app Google Maps versi mobile, namun untuk Anda yang ingin menggunakannya dari dekstop, pastikan browser Anda mendukung WebGL.

Banyak yang mengkritisi mengapa Google mengganti nama fitur ini padahal pada dasarnya mereka serupa. Asumsi saya adalah mereka juga telah menyiapkan sebuah sistem baru yang bersinergi dengan Google Glass dan juga program Explorers. Google pasti telah memikirkan strategi mereka beberapa langkah ke depan. Dan berita baiknya adalah update ini tersaji secara global dimana Anda juga bisa ‘menjelajahi’ jalan-jalan di ibukota dengan Google Maps baru.

Silakan nikmati Google Maps terbaru dengan mengklik link ini.

Via TechCrunch.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Dapatkan Investasi $37 Juta, Layanan Pencarian Restoran Zomato Beroperasi di Indonesia

Next Story

Konsultasi Kesehatan Bebas Antrian dengan Tipsdokter

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided