Dark
Light

Update Google Drive untuk Android Permudah Pengguna Mengedit File lewat Fitur Shortcut ke Aplikasi Lain

1 min read
March 24, 2016

Aplikasi Google Drive di Android selama ini sudah cukup membantu pengguna dalam memanajemen beragam file yang tersimpan dalan layanan cloud storage tersebut. Dari aplikasi yang sama, kita juga bisa melihat preview dari suatu file. Sayangnya, ketika hendak mengeditnya, kita harus keluar dari Google Drive dan membukanya di aplikasi editor yang terhubung dengan Drive, seperti misalnya Google Photos atau Google Docs.

Beruntung dalam versi terbaru Google Drive untuk Android, telah hadir pembaruan sederhana yang bisa mengatasi ketidaknyamanan seperti di atas. Update ini menghadirkan sebuah shortcut pada mode preview, dimana pengguna bisa langsung mengedit file yang bersangkutan di aplikasi lain hanya dengan menyentuh satu tombol saja.

Google Drive editor shortcut

Jadi semisal Anda membuka suatu dokumen di Google Drive, Anda bisa menyentuh tombol edit berwarna biru yang terletak di sudut kanan bawah, lalu Anda akan otomatis dipindahkan ke aplikasi Google Docs untuk merevisi dokumen tersebut. Sama halnya untuk foto, dimana shortcut tersebut akan membawa Anda ke aplikasi Google Photos.

Google tidak menyebutkan secara merinci aplikasi apa saja yang didukung oleh shortcut milik Google Drive ini. Namun berdasarkan pengujian Engadget, bahkan aplikasi edit foto bawaan Moto X Style pun juga termasuk salah satunya, yang berarti pengguna bebas memilih hendak menyunting foto terkait di Google Photos atau di aplikasi bawaan tersebut.

Pembaruan yang dihadirkan update kali ini memang terbilang sangat simpel, namun paling tidak sekarang pengguna Android bisa lebih mudah memanajemen sekaligus menyunting beragam file yang tersimpan di Google Drive.

Sumber: Engadget dan Google Apps Updates.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Microsoft Ciptakan Chatbot dengan Gaya Bicara Seperti Seorang Remaja

Next Story

Coworking Space Comma Akhirnya Ditutup

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi