Dark
Light

Untuk Pertama Kalinya, Spotify Sukses Catatkan Laba Operasional

1 min read
February 7, 2019

Kuartal keempat tahun 2018 tampaknya menjadi kuartal terbaik bagi Spotify. Pasalnya, dalam laporan resmi yang dipublikasikan baru-baru ini, layanan streaming musik asal Swedia itu akhirnya berhasil membukukan laba operasional untuk pertama kalinya setelah 13 tahun berkiprah. Prestasi ini dibarengi dengan tambahan 9 juta pelanggan premium selama empat bulan terakhir, 16 juta tambahan pengguna aktif dan perluasan pasar ke 13 negara baru yang menempatkan dirinya sebagai penguasa industri streaming musik.

Dalam laporan tersebut Spotify mengumumkan pencapaian 207 juta pengguna aktif di mana 96 juta di antaranya merogoh kocek untuk menjadi pelanggan berbayar. Peningkatan 9 juta pelanggan premium ini turut menentukan neraca laba operasional perusahaan yang akhirnya menunjukkan angka positif sebesar €94 juta ($107 juta). Tentu saja pergerakan saham menjadi salah satu faktor yang cukup berperan dalam pencapaian menggembirakan ini.

Spotify_EarningsReport_1920x1080_DataGraph-1100x1238

Pertumbuhan positif pengguna Spotify sebesar 8% dari 191 juta di kuartal ketiga juga terbantu oleh naiknya tingkat retensi dan meluasnya ekspansi layanan ke wilayah Amerika Latin dan negara-negara berkembang lainnya. Jumlah pengguna berbayar Spotify sendiri naik sebesar 11% dari 87 juta pengguna di kuartal sebelumnya. Kini, dengan 78 negara yang berhasil dijangkau, Spotify tengah menjejaki jalan mulus dan masa depan yang cerah.

Secara keseluruhan, pencapaian Spotify di kuartal keempat 2018 adalah yang terbaik yang pernah mereka bukukan. Semua indikator menunjukkan pergerakan positif. Selain jumlah pengguna aktif dan berbayar, Spotify juga meraup pundi-pundi uang dari iklan yang mencapai $199 juta, naik 34% dibandingkan kuartal ketiga lalu. Iklan format audio dan video tumbuh lebih dari 40 persen pada Q4 setelah adanya perubahan kebijakan harga yang mereka terapkan.

Statistik lain yang juga cukup menarik adalah jumlah artis dan kreator yang tergabung dalam Spotify for Artist telah menyentuh angka 300 ribu yang diyakini akan terus bertambah. Spotify for Artist adalah platform baru yang memudahkan artis mengelola dan memantau analitik pendengar dan lagu kreasi mereka. Masih berlabel beta, Spotify for Artist akan menjadi salah satu prioritas perusahaan di tahun 2019 ini.

Tapi ada hal lain yang tak kalah menarik di sela-sela laporan di atas. Spotify menunjukkan keseriusannya menggarap industri podcast dengan mengumumkan akuisisi baru terhadap dua startup podcast, Gimlet dan Achor dengan nilai $400 dan $500 juta.

Ke depan, Spotify diproyeksikan bakal memperoleh 100 juta pelanggan berbayar pada kuartal Maret dan menyentuh angka 127 juta hingga penghujung tahun 2019.

Sumber berita Spotify.

The acquisition is yet to happen
Previous Story

Not Yet, Passpod Hasn’t Acquired Singapore’s Trip Planning Startup Packdat

Apex Legends
Next Story

Respawn Gelar Turnamen Apex Legends Khusus Streamer Twitch, Hadiah $200.000

Latest from Blog

Don't Miss

The Beatles pakai AI untuk rilis lagu baru

Berkat AI, The Beatles Siap Rilis Lagu Baru dengan Vokal John Lennon

Haruskah penggunaan AI dilarang di industri musik? Jawabannya sudah pasti

Tren Co-Streaming di Industri Esports

Beberapa tahun belakangan, popularitas esports memang meningkat pesat. Jumlah fans