Dark
Light

Ubah iPad dan Tablet Android Menjadi Robot Dengan PadBot

1 min read
August 4, 2014

Dengan bertambah canggih dan pesatnya perkembangan teknologi robot, para ahli dan akademisi terus mempelari serta membahas etika penggunaannya – dalam perspektif budaya, sosial, maupun legalitas. Walau begitu, robot telah membuktikan bahwa kehadiran mereka sangat membantu manusia, baik dalam bidang industri, ilmu pengetahuan dan juga hiburan.

Salah satu kegunaan praktis robot yang bisa dimanfaatkan sehari-hari adalah telepresence. Dengan fungsi ini, robot dapat mewakilkan seseorang saat ia berhalangan hadir dalam acara atau janji temu tertentu. Tapi seperti model sejenisnya, robot telepresence bukanlah produk yang terjangkau. Mungkin hanya individu tertentu, atau perusahaan multinasional raksasa saja yang dapat memilikinya.

Merasa tertantang dengan hal itu, sebuah solusi ditawarkan oleh Inbot Technology melalui PadBot. Hanya dengan memasangkan tablet di bagian kepala, PadBot mampu mentransformasi perangkat pintar Anda menjadi robot telepresence canggih. PadBot dibuat dengan desain menyerupai angsa putih, dengan leher yang panjang dan sistem pergerakan roda.

PadBot 02

Tablet tersebut berfungsi sebagai otak dari PadBot, dan Anda bisa mengontrolnya menggunakan perangkat pintar lain. Device ini terhubung ke tablet dengan koneksi wireless Bluetooth 4.0, sedangkan untuk tersambung ke smartphone pengontrol, Anda bisa menggunakan Wi-Fi ataupun 4G. Dengan tinggi sekitar 90 sentimeter, individu – tua atau muda – di sekitarnya tetap mudah dalam berinteraksi dengan PadBot.

 

Info menarik: Ilmuwan MIT Mengembangkan Sepasang Robot Jari Tambahan

 

Sistem PadBot memiliki dua bagian. Yang pertama adalah perangkat keras berupa robot, dan bagian kedua adalah sistem jaringan software. PadBot dibekali sistem session server untuk mengkoordinasi percakapan. Setelah koneksi tertata, data media dikirimkan melalui sambungan peer-to-peer. Hebatnya lagi, PadBot memiliki cloud server sendiri. Artinya, jumlah kapasitas data tidak dibatasi hardware yang ia miliki.

Menurut Inbot Technology, kehadiran PadBot dapat meningkatkan pengalaman komunikasi sesama manusia. “PadBot berperan sebagai wakil Anda saat berkomunikasi dari jarak jauh. Hal ini terlihat sederhana, namun memberikan fleksibilitas layaknya percakapan langsung,” ungkap tim developer. “Dibandingkan dengan panggilan telepon, PadBot adalah sebuah langkah revolusioner dalam komunikasi antar-manusia.”

PadBot 03

PadBot dapat membantu Anda di berbagai situasi. Contohnya saja untuk bisnis. Kita tahu perjalanan bisnis akan menghabiskan banyak waktu dan uang, dan video call biasanya bukanlah alternatif yang fleksibel. Perangkat robot tersebut bisa mewakilkan kehadiran Anda dalam rapat atau presentasi eksklusif tanpa melewatkan hal-hal penting.

 

Info menarik: Jibo Ialah Robot Pintar Pertama yang Dibuat Khusus Untuk Keluarga Anda

 

Ia juga bisa menjadi alat untuk selalu berhubungan dengan keluarga dan orang-orang terdekat – terutama jika Anda dipisahkan jarak yang sangat jauh. Bagi si buyung, PadBot dapat menjadi mainan yang sangat menyenangkan. Inbot menjelaskan bahwa skenario-skenario penggunaan PadBot hanya dibatasi oleh imajinasi Anda, karena komunikasi merupakan kebutuhan universal manusia.

Untuk saat ini, PadBot baru bisa dimiliki dengan memesannya langsung di Indie Gogo. Inbot Technology memiliki rencana untuk menawarkan versi retail PadBot seharga US$ 449.

Sebagai masukan pribadi: tidak ada salahnya jika developer menambahkan fitur deteksi wajah dan juga sinkronisasi sehingga PadBot secara otomatis mampu mengarahkan tablet ke lawan bicara, dan pengguna tidak perlu lagi melakukannya secara manual.

Sumber: Inde Gogo.

Previous Story

Riset aCommerce Temukan Perubahan Pola Perilaku Pebelanja Online Selama Bulan Ramadhan

Next Story

Freelancer Fast 50 Kuartal Kedua 2014 Tunjukkan Python Jadi Bahasa Pemrograman dengan Perkembangan Paling Pesat

Latest from Blog

Don't Miss

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,
Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia