18 December 2019

by Yudi Anggi

Tyler1 Championship Series dengan Modal Pribadi Suguhkan Total Hadiah US$50.000

Dari Tyler1 Untuk Komunitas League of Legends.

Turnamen Tyler1 Championship Series (TCS) yang diselenggarakan oleh Tyler "Tyler1" Steinkamp telah dimulai dan sudah berjalan hingga babak final. Tyler1 Championship Series pertama kali diadakan pada tahun 2017 dan, tahun ini, memasuki rangkaian ketiga turnamen. Babak final akan diadakan pada tanggal 21 Desember 2019 mendatang yang disiarkan langsung di channel twitch Tyler 1.

16 tim akan berpartisipasi dalam TCS, tim-tim ini dipilih oleh Tyler1 melalui pendaftaran yang dibuka melalui Discord milik Tyler1. Jalannya turnamen ini semua diatur oleh Tyler1 sendiri, baik pemilihan tim, menjadwalkan pertandingan turnamen dan menjadi caster.

Turnamen Dengan Biaya Sendiri Untuk Komunitas

Sumber: Riot Games

Menariknya, turnamen tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Tyler1 sendiri tanpa bantuan pihak sponsor manapun. Bahkan iklan yang ditayangkan ketika break antar pertandingan adalah buatan Tyler1 sendiri guna menghibur penontonnya. Dengan total hadiah mencapai 50.000 Dollar Amerika, seluruh hadiah tersebut hanya diberikan kepada juara pertama turnamen ini dan tidak ada hadiah untuk runner-up. Pemain yang sedang bermain di LCS (League of Legends Championship Series) tidak diperbolehkan untuk mengikuti turnamen ini. Jadi turnamen ini tertutup untuk professional player. Hal ini guna mengembangkan komunitas dan pemain amatir agar berlatih menjadi yang lebih baik lagi dengan exposure penonton yang besar.

Berdasarkan TwitchTracker, pada babak playoff di tanggal 14-15 Desember 2019. TCS berhasil meraih peak viewers sebanyak 89 ribu penonton. Angka fantastis juga diraih Tyler1 ketika menggelar TCS di tahun 2018 karena ia berhasil meraih peak viewers sebanyak 123 ribu penonton. Jika dibandingkan dengan acara dari Riot Games, League of Legends All-star 2019 meraih peak viewers sebanyak 293k penonton. Sebuah turnamen amatir yang diselenggarakan oleh satu orang bisa mencapai hampir setengah viewership event yang bertaraf all-star merupakan hal yang luar biasa.

Jika Anda memperkirakan sebuah turnamen semi-pro pasti tidak akan sukses. Tetapi TCS berhasil berjalan selama 3 tahun ini, apa yang membuat TCS berhasil? Selain Tyler1 memang adalah seorang streamer terkenal, bukti kecintaannya pada komunitas League of Legends lah yang menggerakan komunitas League of Legends juga berbalik mencintai Tyler1.

Banyak Caster dan Streamer Yang Menghibur

Jeremy "DisguisedToast" Wang dan William "scarra" Li | Sumber: Twitch Tyler1

Jumlah peak viewers yang banyak juga bukan tanpa alasan, banyaknya personality League of Legends yang turut menghibur ketika stream berjalan juga menjadi alasan utamanya. Nama-nama seperti Timothy "Trick2g" Foley, William "scarra" Li dan Jeremy "DisguisedToast" Wang turut ikut menghibur para penonton stream.