Dark
Light

Twitter Perkenalkan ‘Lists’

1 min read
November 3, 2009

twitterlists

Akhir bulan lalu Twitter ngumumin bahwa fitur Lists yang sudah ditunggu-tunggu udah hadir. Tujuannya sebenernya simpel: ngasih cara buat pengguna Twitter untuk ngumpulin orang-orang yang dia follow dalam satu kelompok.

Penting ngga sih? Well, mari kita coba liat.

Contoh gampangnya sih misalnya lo mau bedain antara tweet temen-temen lo dan tweet berita-berita. Tinggal bikin list “temen” dan masukin temen-temen lo, terus bikin list “berita” dan masukin account-account berita. Setelah elo bikin list-list yang elo pengen, di page Twitter lo bakal ada, er, list dari list-list yang dibikin. Tinggal klik di salah satu list, dan elo bakal ngeliat tweet dari orang-orang di list itu doang.

Satu orang/account bisa masuk ke beberapa kelompok, jadi misalnya @rampok suka ngetweet berita internet dan juga suka ngetweet yang lucu-lucu, nah bisa elo taro di list “berita” dan “lucu”. Serunya lagi, lo bisa ngeliat-liat list yang dibikin sama orang-orang lain. Jadi misalnya mau liat, si @wikupedia itu dapet berita social media dari mana aja sih? Tinggal liat aja list yang dia bikin. Kalo lo suka dengan orang-orang di list itu, tinggal klik tombol “follow this list” dan otomatis lo langsung nge-follow semua orang di list itu.

Sayangnya sampai saat ini belum banyak aplikasi yang mendukung list resmi dari Twitter ini, walau udah banyak yang punya fitur serupa untuk masing-masing aplikasi. Yang baru saja mengumumkan dukungannya adalah Seesmic. Gue yakin sebagian besar pengguna Twitter pasti bukanya dari aplikasi dan bukan dari website, jadi mari kita tunggu bareng sampai aplikasi kesayangan kita masing-masing ngeluarin fitur ini juga ya.

6 Comments

  1. Dan behavior pengguna Twitter pun bergeser, dari “Follow gw dong!” jadi “Masukin gw di list dong!” 🙂
    Oh Seesmic juga sudah mendukung toh? Meski masih beta. Sebelumnya ada Dabr, masalah nya siapa yg pake Dabr? hehe
    *tetap setia menunggu diimplementasikan pada TweetDeck ataupun Tweetie

  2. sebenernya belom terlalu keliatan pergeserannya, baru sebentar toh. Paling nggak dalam beberapa minggu akan terlihat pergeseran budaya pengguna twitter dengan adanya fitur baru ini.

    Yang pasti sekarang Tweetie udah lagi develop, Tweetdeck juga udah, Seemic udah, TweetGrid udah jadi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Baru: Firefox 3.6 Beta 1

Next Story

Kolaborasi Kerja di OfficeMedium

Latest from Blog