Dark
Light

Sambut Dirgahayu Kemerdekaan, Twitter Indonesia Kampanyekan Gerakan “Nyalakan Indonesia #RI70”

1 min read
August 12, 2015

Sambut Dirgahayu Indonesia yang ke 70, Twitter ajak masyarakat dan komunitas untuk unggah konten menarik tentang Indonesia melalui kampanye #RI70 / DailySocial

Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia sudah di depan mata. Beragam cara dilakukan oleh berbagai pihak untuk merayakan salah satu hari besar nusantara ini, Twitter Indonesia termasuk salah satunya. Untuk menyambut dirgahayu Indonesia yang ke-70, Twitter Indonesia menggelar gerakan dengan tajuk “Nyalakan Indonesia #RI70”.

Twitter Indonesia tidak sendirian dalam menginisiasi gerakan yang bertujuan untuk mempersatukan masyarakat Indonesia saat merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70. Sejumlah komunitas digandeng oleh Twitter dan dua di antaranya adalah Indonesia Mengajar dan Fun Cican.

Partnerships Manager Twitter Indonesia Teguh Wicaksono mengatakan, “Nyalakan Indonesia #RI70 merupakan bentuk apresiasi Twitter kepada Indonesia. Kami ingin menggunakan momentum hari kemerdekaan untuk mengajak masyarakat Indonesia berbagi konten (video, foto, dan beragam cerita) membanggakan yang dapat menyatukan pengguna dari seluruh penjuru Nusantara di Twitter. Ini merupakan sebuah gerakan kolaboratif dari berbagai komunitas di Indonesia untuk Indonesia.”

Founder Fun Cican Wahyu Aditya menambahkan, “Sebagai orang Indonesia, merupakan tanggung jawab kita untuk menunjukan kepada dunia mengenai kehebatan yang dimiliki negara kita. Keberadaan media sosial membuat hal ini menjadi semakin mudah dan efektif. Kami berharap gerakan kolaboratif ini dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berbagi hal-hal baik tentang Indonesia.”

Wajah 70 tahun Indonesia di mata Twitter

RI70

Bersamaan dengan digelarnya gerakan kampanye “Nyalakan Indonesia #RI70 ini, Twitter Indonesia meluncurkan sebuah situs yang diberi nama nyalakanindonesia.com. Situs tersebut akan mengkurasi dan menampilkan 70 tweet pengguna Twitter Indonesia tentang kemerdekaan Indonesia yang menggunakan tagar #RI70.

Teguh menjelaskan, bahwa dalam situs tersebut terdapat gapura yang akan semakin bersinar jika jumlah pengguna yang memakai tagar #RI70 semakin banyak. Selain itu, konten tweet juga akan dikumpulkan di dalam sebuah video yang kemudian akan dibagikan kepada pengguna di akhir gerakan ini. Situs ini sendiri nantinya akan menjadi wajah 70 tahun Indonesia di mata Twitter ketika kampanye berakhir.

Executive Director Indonesia Mengajar Hikmat Hardono mengatakan, “Kemerdekaan ini harus disikapi dengan mensyukuri dan menghormatinya. […] Kami berharap gerakan Nyalakan Indonesia #RI70 dapat menginsipirasi masyarakat untuk terus ikut terlibat mengambil peran dalam kerja panjang pembangunan gerakan pendidikan Indonesia di manapun mereka berada.”

“Dengan mengangkat tema Nyalakan Indonesia, kami ingin mematik semangat positif masyarakat Indonesia tentang kemerdekaan dan Twitter akan menjadi wadah untuk mengalami experience tersebut,” tutup Teguh.

Sebagai informasi, Twitter juga menyediakan emoji khusus untuk tagar #RI70 dan #Indonesia yang digunakan dalam kampanye ini. Jika menggunakan tagar #RI70 pengguna akan melihat emoji angka 70 dengan bentuk menyerupai Garuda di angka 7.  Sedangkan jika menggunakan tagar #Indonesia, emoji yang akan tampil berupa bendera Indonesia.

Previous Story

[Trenologi TV] Video Tutorial Membuat Kuesioner di Layanan Google Forms

Next Story

Layanan Pembelajaran Bahasa Bahaso Gandeng FIB Universitas Indonesia untuk Perkuat Kekayaan Konten

Latest from Blog

Don't Miss

Sejumlah startup teknologi Indonesia menceritakan pengalamannya menjalankan "Work From Home" selama lebih dari dua bulan

Pilihan “Work From Home” Seterusnya Jadi Opsi Menarik Sejumlah Startup Pasca Pandemi

Sebagai salah satu jenis perusahaan yang telah terbiasa menerapkan skema remote

Aplikasi Studio Mobile Musical.ly dan Tik Tok Segera Melebur Jadi Aplikasi Baru

Musical.ly, aplikasi studio mobile asal Amerika Serikat, akan melebur dengan