Dark
Light

Twitter Hadirkan Gambar dan Video Langsung di Tampilan Utama

2 mins read
October 30, 2013

Hari ini Twitter menghadirkan sejumlah pembaruan pada fitur dan fungsi yang ditampilkan pada setiap home feed penggunanya. Kali ini, pengguna kini dapat menyaksikan video secara langsung pada tampilan home feed serta dapat melihat preview foto maupun gambar secara lebih interaktif pada aplikasi smartphone berbasis iOS, Android, dan tak ketinggalan pula di situsnya langsung.

Pembaruan fitur yang dihadirkan Twitter kali ini menurut saya pribadi cukup mengasyikkan, mengapa? Karena pasalnya, tampilan Twitter kini jauh lebih atraktif dari sebelumnya. Dalam versi yang lalu, tentu ketika kita ingin melihat foto maupun video yang dibagikan dari reman, yang tertampil adalah link atau tautan menuju gambar atau video yang dimaksud. Namun kini berbeda, baik itu foto maupun video pendek dari Vine kini dapat dilihat langsung dari laman home feed Twitter Anda, dan itu tentu menjadi hal yang mengasyikkan dalam menelusuri kicauan teman-teman.

Bagi yang tidak menginginkan tampilan gambar dan video dihadirkan langsung di setiap tweet, aplikasi resmi Twitter terbaru di Android dan iPhone memiliki pilihan di bagian Settings untuk mematikan fitur baru ini. Sayangnya pilihan ini tidak tersedia pada situs Twitter baik yang mobile maupun yang biasa, dan juga belum tersedia untuk aplikasi Twitter di BlackBerry dan Windows Phone. Selain itu, seakan terlupakan, aplikasi Twitter untuk iOS jika dibuka di iPad belum menampilkan fitur-fitur baru ini.

Sebelum menelusuri lebih jauh, fitur terbaru dari Twitter ini “sayangnya” hanya berlaku bagi foto dan gambar yang diunggah langsung dari Twitter, hal yang sama juga berlaku pada fitur preview video pendek yang ditampilkan hanya dari unggahan layanan video pendek miliknya sendiri, Vine. Untuk hal ini belum ada informasi lebih lanjut apakah layanan ini akan dikembangkan untuk sumber gambar lain, namun yang jelas, pembaruan Twitter kali ini tentu akan membawa pengalaman yang benar-benar baru bagi pengguna setianya.

Untuk mempermudah penyebaran konten, Twitter juga menyertakan berbagai fungsi pelengkap yang sudah barang tentu dikenal oleh banyak pengguna seperti fungsi “Favorite”, “Re-Tweet”, dan juga “Reply”, namun kali ini dihadirkan langsung di bawah setiap tweet tanpa harus membuka detail tweet satu per satu. Dari sekian fungsi tersebut, dalam menelusuri fitur terbaru Twitter tentu akan membuat aktifitas berbagi kepada sesama pengguna menjadi jauh lebih atraktif.

Ada beberapa poin yang dapat dibahas mengenai langkah Twitter yang kini sedang ”mempercantik diri” dan terus menyempurnakan layanannya sebelum perusahaan tersebut mulai menjual sahamnya di bursa New York tidak lama lagi. Pertama-tama, tampilan Twitter dalam fitur baru ini terlihat lebih ber-estetika dan user friendly dengan konten-konten yang disajikan secara langsung dan apik dibanding dengan barisan-barisan link maupun URL yang membingungkan bagi sebagian pengguna terlebih bagi pengguna baru.

Poin kedua, pembaruan fitur ini sepertinya mengarah ke ranah bisnis. Dengan menghadirkan gambar dan video yang ditampilkan langsung dari server Twitter sendiri, para pengiklan akan jauh lebih puas karena iklan mereka yang disebarkan melalui program promoted tweet akan dapat terlihat secara langsung tanpa harus ada aktivitas pengguna.

Update terbaru yang tersedia di beberapa platform ini diyakini akan semakin menyempurnakan layanan Twitter yang tentu dari sisi pengguna biasa akan terlihat jauh lebih mmenarik dan dari sisi pengiklan juga  akan jauh lebih menguntungkan dan tepat sasaran ketika menyampaikan campaign-nya lewat platform Twitter. Langkah Twitter kali ini juga tampaknya sengaja dihadirkan sebelum debut penjualan sahamnya yang diperkirakan akan dimulai bulan November, sebagai sebuah usaha untuk mendatangkan “nilai penawaran” yang lebih tinggi.

 

[ilustrasi gambar]

Previous Story

Sekuel Sid Meier’s Ace Patrol, Pacific Sky, Dikembangkan Untuk iOS dan PC

Next Story

Panduan Lengkap Cara Mengakses Lebih dari Satu Email Via Akun Gmail

Latest from Blog

Don't Miss

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,
Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia