Dark
Light

Twitch Plays Resmi Menjadi Kategori Khusus, Sajikan Pengalaman Video Interaktif kepada Penonton

1 min read
January 15, 2016

Pada bulan Februari 2014, Twitch berhasil menarik perhatian jutaan para gamer lewat program bernama Twitch Plays Pokemon. Dalam program tersebut, game pada dasarnya akan berjalan sendiri karena telah diprogram menggunakan AI. Kendati demikian, para penonton-lah yang bertanggung jawab memberikan perintah ke mana sang lakon akan bergerak dan apa yang harus ia lakukan. Semuanya disampaikan melalui sejumlah command khusus di kolom chat.

Dari situ konsep Twitch Plays yang dicetuskan oleh user anonim ini pun berkembang menuju ke gamegame lain. Yang paling ekstrem adalah Twitch Plays Dark Souls. Dark Souls sendiri dikenal oleh kalangan para gamer sebagai salah satu RPG tersulit. Jadi bayangkan saja apabila game tersebut dimainkan oleh AI yang mendapat instruksi dari ribuan bahkan jutaan orang.

Melihat popularitas Twitch Plays, Twitch akhirnya memutuskan untuk menciptakan kategori khusus buat konsep tersebut. Jadi sekarang pengguna bisa melihat semua game Twitch Plays dalam satu tempat yang tersusun rapi.

Twitch Plays Claw Machine

Channelchannel yang sudah cukup populer seperti Twitch Plays Robot, Dark Souls, Claw Machine maupun Punch Club bisa Anda jumpai di sini. Twitch bahkan berencana menghidupkan kembali Twitch Plays Pokemon pada hari Valentine mendatang, yang bakal melibatkan game Pokemon Crystal hasil modifikasi dan AI yang lebih canggih.

Di saat yang sama, Twitch juga telah menyiapkan sejumlah game baru yang bisa dinikmati pengguna dalam konsep Twitch Plays. Di antaranya adalah City Stream, Zombidle, Kid Mech, maupun Twitch Versus Zombies. Twitch pun membuka kesempatan bagi para game developer yang berminat berpartisipasi meramaikan kategori Twitch Plays ini.

Twitch Plays sangatlah unik. Anda harus mencobanya sendiri untuk bisa memahami keunikan apa yang ditawarkan, yang pada dasarnya merupakan pengalaman video interaktif dimana seluruh penonton memegang kontrol atas karakter dalam game hanya melalui sebuah kolom chat. Silakan kunjungi laman resmi kategori Twitch Plays untuk menjajalnya.

Sumber: Twitch Blog. Gambar header: Twitch via Shutterstock.

Previous Story

ESPN Luncurkan Portal Resmi Esport

Next Story

Samsung Galaxy J1 2016 Diam-diam Mejeng di Dubai

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Di Q1 2023, Jumlah Penonton dari Siaran Esports Naik

Viewership dari konten game dan esports memang sempat naik berkat
Kebijakan baru Twitch banjir reaksi negatif

Tambah Kebijakan Baru, Twitch Banjir Reaksi Negatif dari Pengguna

Salah satu platform live-streaming terbesar, Twitch, baru saja memperbarui aturan mereka. Banyak peraturan,