10 February 2017

by Glenn Kaonang

Twitch Luncurkan Communities, Mudahkan Pencarian Konten yang Sesuai Minat

Sortir konten berdasarkan topik atau aktivitas, seperti misalnya cosplay, painting, retro games atau speedrunning

Seperti yang kita tahu, Twitch tidak lagi terbatas untuk gamer saja. Jumlah kontennya pun kini jadi semakin melimpah dan mencakup berbagai macam topik. Sebagai penonton, kita bisa jadi sedikit kesulitan mencari konten yang sesuai dengan minat masing-masing, dan para broadcaster pun juga kesusahan menarget audiens yang tepat.

Beruntung Twitch sudah punya solusinya, yakni Communities. Communities pada dasarnya merupakan sebuah directory baru yang berisikan berbagai macam konten yang disortir berdasarkan topik atau aktivitas tertentu, misalnya cosplay, painting, retro games atau speedrunning.

Semisal Anda suka menonton para gamer yang melakukan speedrunning, Anda sekarang punya wadah khusus untuk menikmati hanya konten-konten seputar aktivitas ini. Namun yang lebih menarik lagi, Anda dapat menciptakan kategori sendiri di dalam Communities jika mau.

Berkat Communities, penonton bisa lebih mudah menemukan konten yang sesuai minatnya, sedangkan broadcaster dapat menarget audiens yang tepat / Twitch

Di dalam setiap Communities akan ditunjuk seorang pemimpin yang bertugas untuk memoderasi dan memastikan tidak ada yang melanggar aturan. Sejauh ini Communities mungkin terdengar mirip seperti Reddit, namun pada dasarnya cara kerjanya memang tidak jauh berbeda.

Buat para broadcaster, Communities akan sangat membantu mereka mencari audiens yang tepat untuk jenis konten yang mereka siarkan. Seandainya ia merupakan seorang gamer yang tiba-tiba ingin memamerkan keahlian memasaknya, ia bisa langsung bergabung ke komunitas "cooking", dan kemungkinan besar malah kedapatan follower-follower baru dari sana.

Twitch Communities untuk sementara masih berstatus beta, akan tetapi sudah bisa diakses oleh semua viewer maupun broadcaster di web – fitur ini belum tersedia di mobile, tapi Twitch sudah berencana untuk mengerjakannya.

Sumber: Twitch Blog dan TechCrunch.