Esports Ecosystem

Twitch Adakan Turnamen Uno Berhadiah Rp275 Juta

10 Jan 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Turnamen Uno ini diikuti oleh 16 streamer populer

Game esports yang populer biasanya mengadu dua tim atau dua orang, seperti Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2, atau Player Unknown’s Battleground. Namun, Twitch, yang masih menjadi layanan streaming nomor satu, justru memutuskan untuk mengadakan turnamen Uno. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang mereka siapkan mencapai US$20 ribu (sekitar Rp275 juta). Turnamen ini diikuti oleh 16 streamer populer di Twitch, seperti Turner “Tfue” Tenney yang biasa bermain Fortnite, veteran esportsKat Gunn, pemain Hearthstone Jeffrey “TrumpSC” Shih, dan pemain profesional Magic the Gthering Jim Davis.

Enam belas peserta dari turnamen ini akan dibagi ke dalam dua grup. Pemain yang keluar sebagai juara dari grupnya mendapatkan US$2 ribu (sekitar Rp27,5 juta) sementara pemain yang berhasil menjuarai turnamen ini akan mendapatkan US$4 ribu (sekitar Rp45 juta).

Memang, Uno adalah game kartu yang sangat dipengaruhi oleh keberuntungan para pemainnya. Namun, sama seperti Poker, Uno juga memiliki strategi yang bisa pemain gunakan. Dalam turnamen yang diadakan oleh Twitch, para pemain juga saling mengobrol melalui Discord, sehingga mereka bisa mencoba untuk membaca kartu pemain lain. Mengingat hadiah yang ditawarkan cukup besar, maka permainan Uno antara para streamer ini menjadi cukup intens, lapor Polygon.

Uno juga memiliki strategi tersendiri. | Sumber: HypeBeast
Uno juga memiliki strategi tersendiri. | Sumber: HypeBeast

Pertandingan Uno antara para streamer ini merupakan bagian dari Twitch Rivals. Perusahaan penyedia layanan streaming milik Amazon ini menyebutkan bahwa Twitch Rivals merupakan sekumpulan pertandingan yang ditujukan untuk para streamer dan penonton Twitch. Tahun ini, mereka berencana untuk membuat berbagai turnamen dengan hadiah mencapai “jutaan dollar”.

Keputusan Twitch untuk memilih Uno sebagai game yang akan diadu bukannya tak beralasan. Tahun lalu, untuk beberapa waktu, Uno sempat lebih populer daripada Fortnite di Twitch. Alasannya karena patch terbaru yang diluncurkan oleh Epic Games menyebabkan perubahan drastis pada Fortntie. Ini membuat para pemain profesional kesulitan untuk berlatih. Sebagai bentuk protes, mereka memutuskan untuk bermain game lain. Tyler “Ninja” Blevins adalah salah satu streamer yang memutuskan untuk bermain UNO. Inilah alasan mengapa Uno bisa menjadi lebih populer dari Fortnite untuk beberapa waktu, menurut laporan Esports Junkie.