[Tutorial] Jelajah Sudut Kota-Kota Besar di Indonesia Dengan Google Street View

Hari Kamis kemarin Google baru saja meluncurkan layanan Google Street View di Indonesia, menghadirkan pemandangan 360 derajat di 4 kota besar seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Denpasar dalam gambar panorama yang memukau. Nah, bagi sobat Trenogoers yang penasaran seperti apa bentuknya tapi bingung bagaimana cara memulai, bisa mengikuti panduan berikut ini.

  • Yang harus sobat lakukan pertama adalah mengunjungi tautan ini: www.maps.google.co.id, tampilan awalnya akan seperti ini.

Info Menarik: Ini Perangkat Xiaomi yang Akan Dijual di Lazada

  • Berikutnya ketikkan salah satu kota yang ingin Anda jelajahi, misalnya DKI Jakarta. Anda akan menemukan beberapa saran, klik salah satu yang Anda inginkan.

  • Setelah itu Anda akan melihat tiga pilihan di bawah kotak pencarian, di mana salah satunya adalah Street View. Klik pilihan tersebut. Atau, Anda dapat juga menarik ikon/siluet berwarna kuning (berbentuk orang) ke lokasi yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan tanda panah merah di gambar berikut ini.

  • Letakkan ikon tersebut ke titik yang ingin Anda jelajahi.

Info Menarik: TokoBuku Ingin Jadi Partner Penerbit Lokal untuk Jangkau Pasar Digital

  • Halaman akan loading sebentar, tunggu sampai Anda menemukan tampilan foto sesuai dengan lokasi yang Anda tuju di langkah sebelumnya. Untuk merubah sudut pandang kamera, gunakan tombol kompas seperti yang sudah ditandai dalam gambar.

  • Di sebelah kiri bawah terdapat pula sebuah kotak yang akan membesar apabila kursor Anda arahkan ke bagian dalam. Di kotak ini Anda dapat memilih titik-titik lain. Klik saja lokasi yang Anda inginkan kemudian biarkan sistem bekerja dan menampilkan foto titik tersebut.

Sangat mudah dan memang menyenangkan. Selain menjelajahi daratan, layanan Google Street View kabarnya juga sudah mencakup pemandangan bawah laut taman nasional Komodo hasil dari riset Catlin Seaview Survey.

Sumber gambar header: Google Street View via Shutterstock.