Esports Ecosystem

Turnamen Minecraft Bakal Diadakan Lebih Sering

18 Sep 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Untuk pertama kalinya, Noxcrew mengadakan 2 Minecraft Championship dalam sebulan

Noxcrew, komunitas kreator Minecraft, mulai mengadakan Minecraft Championship pada November 2019. Sejak saat itu, mereka secara rutin mengadakan turnamen Minecraft setiap bulannya. Namun, pada bulan ini, Noxcrew memutuskan untuk mengadakan MCC dua kali.

MCC 9 baru saja berakhir pada 12 September 2020 dan Noxcrew sudah mengumumkan bahwa MCC 10 akan dimulai pada 23 September 2020. Kali ini merupakan pertama kalinya Noxcrew mengadakan dua turnamen Minecraft sekaligus dalam satu bulan, menurut laporan Dot Esports.

Minecraft Championship biasanya diikuti oleh 10 tim yang berisi 4 orang. Tim-tim ini akan beradu kemampuan dalam berbagai mini-game, seperti Bingo But Fast, Ace Race, dan Skyblockle. Biasanya, tim-tim yang ikut merupakan tim undangan.

Meskipun begitu, pada MCC 10, para penonton juga bisa ikut serta. Dari 10 slot yang tersedia, 2 slot akan dibuka untuk para penonton. Para pemain Minecraft yang ingin ikut serta dalam MCC 10 harus membuat rekaman permainan bersama 3 teman satu timnya. Sayangnya, MCC 10 tidak menerima pendaftaran individu.

Tidak heran jika Noxcrew tertarik untuk mengadakan 2 turnamen Minecraft dalam sebulan. Konten Minecraft memang tengah diminati. Menurut Rod “Slasher” Breslau, yang mengaku sebagai esports dan gaming insider, siaran MCC 9 di Twitch dan YouTube mendapatkan 500 ribu penonton. Pada akhir kompetisi tersebut, jumlah penonton kategori Minecraft di Twitch mencapai lebih dari 300 ribu penonton, lapor Happy Gamer.

Saat ini, telah ada 3 tim yang dipastikan akan berlaga dalam MCC 10. Ketiga tim tersebut adalah:

1. Tim Red Rabbits, yang memiliki anggota:
Dream
GeorgeNotFound
SolidarityGaming
CptPuffy

2. Tim Orange Ocelots, yang memiliki anggota:
PetezAhhutt
SmallishBeans
FalseSymmetry
CubFan

3. Tim Yellow Yaks, yang memiliki anggota:
Krinios
Tapl
King_Burren
MichaelMcchill

Pandemi COVID-19 memaksa masyrakat untuk tetap di rumah selama beberapa bulan belakangan. Hal ini membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game atau menonton konten game. Buktinya, jumlah pengguna concurrent di Steam mencapai rekor baru. Selain itu, jumlah penonton di berbagai platform streaming game juga naik. Pada Q2 2020, total hours watched di Twitch mencapai 5 miliar jam, yang merupakan rekor tersendiri.

Belakangan, Minecraft juga kembali populer. Per Mei 2020, Minecraft telah terjual sebanyak 200 juta kopi. Sementara jumlah pemain aktif bulanannya mencapai 126 juta orang.