Daftar Turnamen Esports Terpopuler di Mei 2022

Ada dua kompetisi esports di SEA Games yang masuk dalam daftar

Ada banyak kompetisi esports besar yang digelar pada bulan lalu, mulai dari kompetisi Major untuk Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2 sampai SEA Games ke-31, yang mengadu 10 game esports sekaligus. Menariknya, dua kompetisi esports di SEA Games berhasil masuk dalam daftar turnamen esports terpopuler pada Mei 2022.

Berikut daftar kompetisi esports yang berhasil menarik paling banyak menonton pada Mei 2022, menurut data dari Esports Charts.

5. SEA Games PUBG Mobile

Kompetisi PUBG Mobile di SEA Games diselenggarakan pada 16-22 Mei 2022. Total airtime dari kompetisi itu mencapai 35 jam 40 menit. Dari sana, turnamen tersebut mendapatkan total views sebanyak 51,9 juta views. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi tersebut mencapai 205,5 ribu orang.

Pada puncaknya, jumlah penonton dari kompetisi PUBG Mobile di SEA Games mencapai 903 ribu orang. Angka ini tercapai pada Ronde 15 dari babak finals. Sementara Ronde ke-14 menjadi pertandingan terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 732,2 ribu orang.

Viewership dari kompetisi PUBG Mobile di SEA Games ke-31. | Sumber: Esports Charts

Kompetisi PUBG Mobile di SEA Games ke-31 disiarkan di tiga platform: YouTube, Facebook, dan TikTok. Dengan jumlah peak viewers sebanyak 658,8 ribu orang, YouTube menjadi platform favorit untuk menonton turnamen tersebut, diikuti oleh Facebook, dengan peak viewers sebanyak 166,9 ribu orang. Sementara TikTok memiliki jumlah peak viewers sebanyak 82,6 ribu orang. Di YouTube, jumlah views yang didapatkan oleh kompetisi PUBG Mobile ini mencapai 32,6 juta views, dengan jumlah likes sebanyak 507,9 ribu likes.

Mengingat SEA Games adalah ajang olahraga multinegara, tidak heran jika siaran kompetisi PUBG ditayangkan dalam beberapa bahasa. Siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran yang paling banyak ditonton, dengan jumlah peak viewers mencapai 719,9 ribu orang. Angka ini jauh lebih tinggi daripada siaran dalam Bahasa Malaysia, yang merupakan siaran terpopuler ke-2. Jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Malaysia hanya mencapai 86 ribu orang.

Platform dan bahasa terpopuler untuk siaran kompetisi PUBG Mobile di SEA Games 2021. | Sumber: Esports Charts

Bukan hal yang aneh jika kompetisi PUBG Mobile di SEA Games ke-31 ditonton oleh banyak fans esports di Indonesia. Pasalnya, tim nasional PUBG Mobile  Indonesia memang tampil cemerlang di kompetisi tersebut. Buktinya, mereka berhasil menyabet medali emas.

4. Free Fire World Series 2022 Sentosa

Peringkat empat dalam daftar turnamen esports terpopuler di Mei 2022 diisi oleh Free Fire World Series 2022 Sentosa. Dengan total durasi siaran selama 8 jam 15 menit, turnamen itu berhasil mendapatkan 39,5 juta views dan 4,9 juta jam hours watched. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada 14-21 Mei 2022, dengan total hadiah sebesar US$2 juta.

Rata-rata, jumlah penonton dari FFWS 2022 mencapai 592,6 ribu orang, sementara jumlah peak viewers dari kompetisi tersebut adalah 1,5 juta orang. Ronde pertama dari Final Day menjadi pertandingan paling populer, diikuti oleh Ronde ke-2, yang mendapatkan jumlah peak viewers sebanyak 1,3 juta orang.

Viewership dari FFWS 2022 Sentosa. | Sumber: Esports Charts

YouTube menjadi platform favorit bagi fans untuk menonton FFWS 2022. Di platform tersebut, FFWS 2022 mendapatkan 37,8 juta views, 2,1 juta likes, dan 1,4 juta peak viewers. Sementara platform terpopuler ke-2 adalah aplikasi Booyah, diikuti oleh Facebook. Namun, jumlah peak viewers dari kedua platform tu jauh lebih rendah dari YouTube. Aplikasi Booyah hanya mendapatkan 51,4 ribu peak viewers dan Facebook 28 ribu orang peak viewers.

FFWS 2022 disiarkan dalam belasan bahasa. Tiga bahasa terpopuler untuk menonton turnamen itu adalah bahasa Hindi, dengan jumlah peak viewers sebanyak 399,3 ribu orang, Bahasa Indonesia, peak viewers sebanyak 311,4 ribu orang, dan Bahasa Portugis, yang memiliki peak viewers sebanyak 284,8 ribu orang.

3. PGL Major Antwerp 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 2,1 juta orang, PGL Major Antwerp 2022 berhasil duduk di peringkat 3 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Mei 2022. Turnamen Major dari CS:GO itu diadakan secara offline pada 9-22 Mei 2022, dengan total hadiah sebesar US$1 juta.

PGL Major Antwerp memiliki durasi siaran selama 116 jam 10 menit, dengan total views sebanyak 16,9 juta views dan jumlah hours watched sebanyak 68,1 juta jam. Sementara itu, jumlah rata-rata penonton dari kompetisi ini mencapai 586,2 ribu orang.

Data viewership dari PGL Major Antwerp 2022. | Sumber: Esports Charts

Pertandingan antara FaZe Clan dan Natus Vincere (NAVI) di grand final menjadi pertandingan yang menarik paling banyak penonton. Selain itu, pertandingan lain yang menarik banyak penonton adalah pertandingan antara ENCE dengan NAVI dan pertandingan antara Heroic dengan NAVI. Baik dari segi hours watched maupun average viewers, NAVI sukses menjadi tim esports paling populer di PGL Major Antwerp. Tim itu berhasil mendapatkan 14,78 juta jam hours watched dan 829 ribu average viewers. Posisi ke-2 ditempati oleh FaZe, yang memiliki 12,56 juta jam hours watched dan 707 ribu average viewers.

PGL Major Antwerp 2022 disiarkan di 92 channels Twitch. Pada puncaknya, ada 1,7 juta orang yang menonton kompetisi CS:GO itu di platform streaming tersebut. Hal ini menjadikan platform milik Amazon itu sebagai platform favorit bagi para audiens PGL Major Antwerp. Sementara platform terpopuler ke-2 adalah YouTube, dengan jumlah peak viewers sebanyak 254,7 ribu orang. Di YouTube, PGL Major Antwerp juga mendapatkan 16 juta views dan337,9 ribu likes.

Platform dan bahasa favorit untuk siaran dari PGL Major Antwerp 2022. | Sumber: Esports Charts

Walau ada di peringkat 3 secara keseluruhan, PGL Major Antwerp merupakan kompetisi paling populer di kalangan fans esports yang berbahasa Inggris. Jumlah peak viewers dari siaran Bahasa Inggris PGL Major Antwerp mencapai 1 juta orang. Selain itu, siaran Antwerp juga digemari oleh orang-orang yang menggunakan Bahasa Portugis dan Rusia. Siaran dalam Bahasa Portugis memiliki jumlah peak viewers sebanyak 734,9 ribu orang, sementara jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Rusia mencapai 544,1 ribu orang.

2. Mid-Season Invitation 2022

Mid-Season Invitational (MSI) 2022 menjadi runner-up dalam perebutan gelar kompetisi esports terpopuler di Mei 2022. Kompetisi League of Legends itu disiarkan selama 81 jam 55 menit. Secara total, ia mendapatkan 47,7 juta views dan 48,2 juta jam hours watched. Sementara itu, jumlah penonton rata-rata dari kompetisi tersebut mencapai 588,2 ribu orang.

Pertandingan paling populer dari MSI 2022 adalah babak final, yang mempertemukan T1 dengan Royal Never Give Up (RNG). Pertemuan antara tim Korea Selatan dan tim Tiongkok itu berhasil menarik perhatian dari 2,2 juta orang. Sementara pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara T1 dengan G2 Esports, diikuti oleh pertandingan antara T1 dengan RNG di Rumble Stage. Memang, baik dari segi hours watched maupun average viewers, T1, RNG, dan G2 merupakan tiga tim terpopuler di MSI 2022.

LIma tim terpopuler di MSI 2022. | Sumber: Esports Charts

MSI 2022 ditayangkan di 21 channels di Twitch. Dari sana, kompetisi itu mendapatkan 196,7 ribu followers baru dan 1,3 juta peak viewers. Dengan ini, Twitch menjadi platform favorit fans League of Legends untuk menonton MSI 2022. Sementara itu, YouTube menghasilkan 47 juta views dan 502 ribu likes. Di YouTube, MSI 2022 mendapatkan 714 ribu average viewers.

Siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran terpopuler untuk MSI, dengan total peak viewers sebanyak 684,9 ribu orang. Siaran terpopuler ke-2 adalah siaran Bahasa Inggris, dengan jumlah peak viewers sebanyak 567 ribu orang.

1. SEA Games Mobile Legends

Kompetisi yang berhasil duduk di peringkat pertama dalam daftar turnamen esports terpopuler di Mei 2022 adalah SEA Games, cabang Mobile Legends. Seperti yang disebutkan oleh Esports Charts, turnamen esports Mobile Legends selalu menjadi turnamen paling populer dalam beberapa bulan belakangan, untuk lebih tepatnya, sejak Februari 2022.

Dengan waktu siaran selama 29 jam 10 menit, SEA Games Mobile Legends bisa mendapatkan 95,3 juta views dan 17,9 juta jam hours watched. Sementara itu, rata-rata, jumlah penonton dari turnamen itu mencapai 612,1 ribu orang. Pada puncaknya, jumlah penonton mencapai 2,2 juta orang.

Pertandingan paling populer di SEA Games Mobile Legends adalah babak final, yang mengadu timnas Indonesia dengan Filipina. Selain itu, pertandingan terpopuler ke-2 adalah pertandingan antara timnas Indonesia dengan Malaysia, dengan jumlah peak viewers mencapai 1,7 juta orang. Dan pertandingan antara Indonesia dengan Vietnam di Group Stage menjadi pertandingan terpopuler ke-3, dengan jumlah peak viewers mencapai 1,6 juta orang.

Viewership dari kompetisi Mobile Legends di SEA Games. | Sumber: Esports Charts

Walau tim Indonesia hanya bisa menyabet medali perak, mereka dapat meraih gelar sebagai tim terpopuler. Total hours watched yang didapatkan oleh  tim Indonesia mencapai 11,3 juta jam, dengan jumlah average viewers sebanyak 1,2 juta orang. Sementara tim Filipina, yang menjadi juara, menjadi tim terpopuler ke-2. Jumlah hours watched yang didapat oleh timnas Filipina mencapai 9,9 juta jam, dengan jumlah average viewers sebanyak 777 ribu orang.

Mengingat popularitas timnas Indonesia, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran paling populer. Jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Indonesia mencapai 1,3 juta orang. Sementara itu, siaran dalam Bahasa Tagalog menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 497 ribu orang. Dengan jumlah peak viewers sebanyak 390,3 ribu orang, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-3.

Bahasa dan platform terpopuler di SEA Games Mobile Legends. | Sumber: Esports Charts

Kebanyakan penonton dari kompetisi Mobile Legends di SEA Games menonton kompetis itu di YouTube. Secara total, turnamen tersebut mendapatkan 72,3 juta views dan 714,5 ribu likes di platform milik Google tersebut. Sementara jumlah peak viewers di YouTube mencapai 1,6 juta orang. Sebagai perbandingan, jumlah peak viewers di Facebook mencapai 422,3 ribu orang dan di TikTok 248,2 ribu orang.

Sumber header: ONE Esports