Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Daftar Turnamen Esports Terpopuler di Januari 2022

10 February 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Ada dua kompetisi League of Legends yang masuk dalam daftar turnamen esports terpopuler di Januari 2022.

Tahun 2022 diawali dengan diadakannya berbagai kompetisi esports bergengsi, mulai dari liga esports tingkat nasional sampai turnamen esports di level internasional. Dalam daftar turnamen esports terpopuler di Januari 2022, dua dari lima turnamen yang masuk ke daftar itu merupakan kompetisi League of Legends. Selain itu, daftar tersebut diisi oleh turnamen Counter-Strike: Global Offensive dan PUBG Mobile. Menariknya, pertandingan Minecraft juga berhasil menjadi salah satu kompetisi terpopuler pada bulan lalu.

Berikut lima turnamen esports terpopuler pada Januari 2022, berdasarkan data dari Esports Charts.

5. LEC Spring 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 527,6 ribu orang, League of Legends European Championship (LEC) Spring 2022 berhasil menduduki peringkat 5 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Januari 2022. Sepanjang LEC Spring 2022, pertandingan yang menarik paling banyak penonton adalah pertandingan antara G2 Esports dengan Excel Esports pada minggu pertama, hari pertama.

LEC Spring 2022 dimulai pada 14 Januari 2022 dan masih berlangung sampai sekarang. Total airtime dari kompetisi itu adalah 50 jam, dengan jumlah hours watched sebanyak 14,6 juta jam, dan total views sebanyak 18,3 juta views. Rata-rata, jumlah penonton dari LEC Spring 2022 mencapai 292,1 ribu orang.

Daftar pertandingan terpopuler di LEC Spring 2022 sejauh ini. | Sumber: Esports Charts

Di LEC Spring 2022, G2 Esports berhasil menjadi tim favorit, baik dari segi total hours watched maupun average viewers. Sementara itu, Fnatic ada di posisi ke-2 dan Vitality di posisi ke-3. Hingga saat ini, G2 Esports mendapatkan 3,74 juta hours watched, dengan jumlah average viewers sebanyak 365,1 ribu orang. Sementara Fnatic mendapatkan 3,3 juta hours watched dan 350,43 ribu average viewers.

Disiarkan di 13 channels Twitch, LEC Spring 2022 mendapatkan 12,6 juta views. Sementara di YouTube, kompetisi itu berhasil mendapatkan 5,6 juta views dan 68,5 ribu likes. Twitch masih menjadi platform favorit penonton LEC Spring 2022. Buktinya, jumlah peak viewers di Twitch mencapai 439,4 ribu orang. Sementara YouTube, yang merupakan platform terpopuler ke-2, hanya mendapatkan penonton sebanyak 87,5 ribu orang pada puncaknya.

4. BLAST Premier Spring 2022

Duduk di peringkat 4, BLAST Premier Spring 2022 berhasil menarik penonton sebanyak 542 ribu orang pada puncaknya. Kompetisi CS:GO itu diadakan pada 28 Januari 2022 sampai 6 Februari 2022. Secara total, durasi siaran dari turnamen tersebut mencapai 70 jam. Sementara total hours watched yang didapat dari BLAST Premier Spring 2022 adalah 18,4 juta jam, dengan jumlah views sebanyak 28,2 juta views.

Tim-tim terpopuler di BLAST Premier Spring 2022. | Sumber: Esports Charts

Pertandingan antara Natus Vincere (NAVI) dan Made In Brazil (MIBR) di group stage merupakan pertandingan terpopuler dari BLAST Premier Spring 2022. Mengadu tim-tim Eropa, BLAST Premier kali ini disiarkan dalam belasan bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers mencapai 217,5 ribu orang. Selain Bahasa Inggris, siaran dalam Bahasa Rusia dan Portugis juga cukup populer. Total peak viewers dari siaran dalam Bahasa Rusia mencapai 178,9 ribu orang dan Bahasa Portugis 121,1 ribu orang.

Di Twitch, BLAST Premier Spring 2022 ditayangkan di 22 channels. Turnamen itu mendapatkan 18,4 juta views, dengan peak viewers sebanyak 400,4 ribu orang. Sementara di YouTube, BLAST Premier Spring 2022 mendapatkan 9,7 juta views, 193,4 ribu likes, dan124,1 ribu peak viewers.

3. PUBG Mobile Global Championship 2021 Finals

Posisi ke-3 ditempati oleh PUBG Mobile Global Championship 2021 Finals, yang digelar pada 21-23 Januari 2022. Walau turnamen PUBG Mobile itu hanya memiliki airtime selama 16 jam, ia berhasil mendapatkan 5,9 juta hours watched dan 59,5 juta views. Pada puncaknya, ada 646,6 ribu orang yang menonton kompetisi tersebut. Peak viewers tersebut tercapai pada hari ke-3, ronde ke-18.

PMGC 2021 Finals disiarkan di 5 platform streaming game dan dalam lebih dari 20 bahasa. YouTube menjadi platform siaran paling populer. Di YouTube, PMGC 2021 Finals berhasil mendapatkan 46,4 juta views, 3,6 juta likes, dan 632,9 ribu peak viewers. Sementara di Facebook Gaming — yang merupakan platform streaming terpopuler ke-2 — total peak viewers dari kompetisi itu hanya mencapai 29,5 ribu orang.

Viewership dari PMGC 2021 Finals. | Sumber: Esports Charts

Tayangan dalam Bahasa Hindi dari PMGC 2021 Finals menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 408,8 ribu orang. Sementara itu, bahasa terpopuler ke-2 adalah Bahasa Melayu — dengan jumlah peak viewers sebanyak 70,3 ribu orang — diikuti oleh Bahasa Indonesia, dengan jumlah peak viewers sebanyak 35,6 ribu orang.

2. LCK Spring 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 759,5 ribu orang, League of Legends Champions Korea (LCK) Spring 2022 berhasil menjadi turnamen esports terpopuler ke-2 di Januari 2022. Kompetisi nasional League of Legends itu mulai diadakan pada 12 Januari 2022 dan akan berlangsung hingga 20 Maret 2022 mendatang. Sejauh ini, total durasi siaran dari LCK Spring 2022 adalah 92 jam. Sementara jumlah hours watched yang kompetisi itu dapatkan mencapai 23,5 juta jam, dengan jumlah views sebanyak 16,8 juta views.

Lima tim terpopuler sepanjang LCK Spring 2022. | Sumber: Esports Charts

Pertandingan antara T1 dan DAMWON KIA pada minggu ke-3, hari ke-5 menjadi pertandingan paling populer sepanjang LCK Spring 2022. Tidak heran, mengingat kedua tim itu memang merupakan tim terpopuler di LCK saat ini. Dari segi hours watched, T1 berhasil memiliki 7,84 juta jam, sementara DAMWON KIA mendapatkan 6,27 juta jam. Sementara dari segi jumlah penonton rata-rata, T1 memiliki 398,7 ribu orang dan DAMWON KIA 351,4 ribu orang.

Mengingat LCK Spring 2022 adalah liga nasional untuk tim-tim Korea Selatan, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran paling populer, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Inggris dan Vietnam.

LCK Spring 2022 disiarkan di empat platform streaming game. Twitch menjadi platform streaming paling populer, diikuti oleh Afreeca TV, YouTube, dan terakhir, Facebook. Di Twitch, LCK Spring 2022 disiarkan di 21 channels dan berhasil mendapatkan 15 juta views dan 119,5 ribu followers baru. Pada puncaknya, LCK Spring 2022 ditonton oleh 503 ribu orang di Twitch. Sementara di YouTube, LCK Spring 2022 berhasil mengumpulkan 1,6 juta views, 13 ribu likes, dan jumlah peak viewers sebanyak 123,8 ribu orang.

1. Twitch Rivals Squidcraft Games ft. Komanche

Gelar turnamen esports terpopuler pada Januari 2022 jatuh pada Twitch Rivals Squidcraft Games ft. Komanche. Twitch Rivals merupakan kompetisi yang Twitch gelar untuk mengadu para streamers dan mantan pemain profesional dalam game tertentu. Kali ini, game yang terpilih adalah Minecraft.

Diadakan pada 19-24 Januari 2022, Twitch Rivals Squidcraft Games memiliki total waktu siaran selama 18 jam. Dari sana, kompetisi tersebut berhasil mendapatkan 17,8 juta hours watched dan 47,2 juta views. Pada puncaknya, ada 2,3 juta orang yang menonton babak final dari kompetisi tersebut. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi Minecraft tersebut adalah 1 juta orang.

Lima streamers terpopuler di Twitch Rivals Squidcraft Games ft. Komanche. | Sumber: Esports Charts

Twitch Rivals Squidcraft Games memang diadakan khusus untuk para streamers berbahasa Spanyol. Jadi, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Spanyol menjadi siaran yang paling populer. Jumlah peak viewers siaran dalam Bahasa Spanyol mencapai 2,3 juta orang. Sementara siaran dalam Bahasa Inggris — yang merupakan bahasa terpopuler ke-2 — hanya mendapatkan peak viewers sebanyak 7,6 ribu orang.

Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV