10 Turnamen Esports dengan Jumlah Penonton Terbanyak di Tahun 2021

Popularitas game mobile masih memimpin jajaran turnamen terpopuler di tahun 2021.

Perkembangan ranah esports terus menunjukkan peningkatan, tidak terkecuali turnamen esports di tahun 2021. Kali ini, Esports Charts menunjukkan data mengenai 10 turnamen esports yang paling banyak ditonton di tahun 2021.

Dari berbagai judul game baik level regional hingga dunia menghiasi jajaran 10 turnamen esports kali ini. Apa saja turnamen esports tersebut? Mari simak informasi selengkapnya.

10. Mid-Season Invitational 2021 

Di peringkat ke-10 datang dari game League of Legends. Turnamen bertajuk Mid-Season Invitational berhasil meraih total penonton 1,83 juta dan rata-rata angka views di angka 711.465.

Popularitas ditunjang dengan pertandingan antara DWG KIA vs RNG. Memang tim DWG KIA paling memikat banyak penonton dengan total torehan 924.130 views.

9. MLBB Southeast Asia Cup 2021

Mobile Legends: Bang Bang menorehkan salah satu turnamennya yaitu MSC 2021. Tercatat menurut Esports Chart, MSC 2021 menghasilkan total 2,28 juta peak viewers.

Turnamen ini didominasi oleh penonton asal Filipina, apalagi saat Execration bertanding. Tim tersebut menorehkan rata-rata views sebesar 514.617. Angka ini juga membawa peningkatan dibanding seri MSC 2019 yang hanya menorehkan total 276.579 peakviewers.

8. MPL ID Season 8

Sumber: MPL ID

Lagi-lagi turnamen dari game Mobile Legends: Bang Bang. Memang turnamen dari game ini sangat populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia dengan MPL ID Season 8.

Turnamen ini menorehkan total 2,39 juta peak views, menjadi turnamen esports paling populer di bulan Agustus dan September mengalahkan LCK, LEC, hingga ESL Pro League.

MPL ID Season 8 mengumpulkan lebih dari 500.000 peak views dibandingkan seri sebelumnya (MPL ID Season 7).

7. The International 10

Sumber: Red Bull Esports

Turnamen Dota 2 paling populer yaitu The International 10 jadi yang paling berkesan sepanjang sejarahnya karena kemenangan Team Spirit. TI10 sendiri menorehkan 2,74 juta peakviews dan total lebih dari 107 juta jam ditonton oleh seluruh penonton.

Saat dibedah melalui jumlah penonton dari tim yang bertanding, rupanya Team Spirit menjadi tim yang paling banyak ditonton, diikuti oleh PSG.LGD, Team Secret, dan OG.

Meski demikian, The International 10 belum mampu melampaui turnamen esports sang pesaing yaitu League of Legends World Championships.

6. PGL Major Stockholm 2021

Sumber: PGL

Belum mati ditelan zaman, turnamen CS:GO masuk di urutan ke-6 dengan turnamen PGL Major Stockholm 2021.

Turnamen CS:GO satu ini mencatat 2,74 juta penonton atau peak views. Angka penonton untuk turnamen CS:GO terbesar, bahkan Esports Charts memberikan data turnamen major paling banyak ditonton selain PGL Major Stockholm.

ELEAGUE Major 2017 mencatat 1,33 juta, 52% lebih rendah dibandingkan PGL Major Stockholm.

5. M2 World Championship

Sumber: Moonton

Turnamen ketiga juga muncul lagi dari Mobile Legends: Bang Bang yaitu M2 World Championship. Pada turnamen kali ini, M2 menorehkan angka 3,08 juta peakviews.

Karena torehan penontonnya, M2 World Championship dicatat sebagai turnamen esports dunia dengan penonton terbanyak ketujuh. Dari sisi jumlah penonton dari tim yang bertanding, BREN Esports sang juara memimpin lalu diikuti RRQ Hoshi di urutan kedua.

4. M3 World Championship

Sumber: Moonton Indonesia

Turnamen yang dimenangkan oleh Blacklist International, M3 World Championship mampu mencatat 3,19 juta peak views. Meski baru usai, Esports Charts sudah mencatat pencapaian penonton dari turnamen satu ini.

Dari segi angka, memang M3 World Championship sangat populer dengan angka 602.588 penonton dalam waktu 62 jam siaran. Secara efisiensi waktu, angka penonton yang dikumpulkan memang sangat tinggi.

3. PUBG Mobile Global Championship Season 0

Sumber: Tencent

PUBG Mobile tidak ketinggalan menghadirkan turnamen terpopuler di tahun 2021 dengan PUBG Mobile Global Championship Season 0 (Zero). Digelar pada tahun 2020 dan selesai di bulan Januari 2021, ajang ini mencatat 3,80 juta peak views.

Turnamen satu ini juga mencatat rata-rata penonton di angka 528.000 selama 122 jam waktu siaran. Penonton dari Indonesia memimpin dengan angka tertinggi, diikuti oleh Arab Saudi dan Rusia.

2. League of Legends 2021 World Championship

Sumber: Riot Games

Di urutan kedua datang dari League of Legends 2021 World Championship. Turnamen besutan Riot Games ini meraih 4,01 juta peak views bahkan tidak termasuk angka penonton dari regional Tiongkok.

Pencapaian Worlds 2021, memang memukau sebagai game esports PC pertama yang meraih penonton di atas 4 juta. Bahkan, turnamen ini juga menorehkan rekor turnamen esports paling lama ditonton yaitu total 175 juta jam.

Babak Grand Final sendiri menorehkan angka 73 juta peakviews saat EDward Gaming dan DWG KIA bertanding.

Dengan angka yang tidak termasuk penonton dari Tiongkok, tentu rasanya sah menyebut League of Legends World 2021 Championship sebagai turnamen esports PC terpopuler.

1. Free Fire World Series 2021 Singapore

Sumber: Garena

Rupanya game esports dari platformmobile mengisi urutan pertama. Dengan tajuk Free Fire World Series 2021 Singapore, turnamen ini dinobatkan sebagai turnamen esports paling banyak ditonton tahun 2021 versi Esports Charts.

Turnamen ini menorehkan angka 5,41 juta peak views dengan dominasi penonton dari India, Indonesia, lalu Brasil. Uniknya, penonton juga datang dari broadcast negara yang kurang populer yaitu Portugal (1,06 juta peak views) dan Spanyol (890.000 peak views).

Dengan hasil ini, maka Free Fire sah mengalahkan popularitas turnamen esports baik dari sang kompetitor PUBG Mobile maupun level game mobile seperti Mobile Legends: Bang Bang.