Turnamen Dota 2 ESL One Birmingham 2019 Akan Digelar di Bulan Mei

Sayangnya region PNM (CIS) dan Amerika Selatan tidak kebagian jatah slot kualifikasi

ESL One Hamburg 2018 telah berakhir, dan ESL baru-baru ini mengumumkan di mana kompetisi berikutnya akan digelar. Kompetisi pertama di tahun 2019 segera menyambangi Polandia dengan nama ESL One Katowice 2019 pada bulan Februari. Kemudian, mengikuti tingginya permintaan penggemar, ESL One akan kembali ke Inggris, tepatnya di kota Birmingham, pada bulan Mei 2019 mendatang.

Ini adalah kedua kalinya ESL One digelar di Birmingham. Sebelumnya, ESL One juga hadir di kota yang sama pada bulan Mei 2018. Acara tersebut sangat sukses, bahkan menurut ESL, ESL One Birmingham 2018 adalah event Dota 2 buatan ESL yang tiketnya paling cepat laku terjual. Setelah itu setiap kali mereka menulis post di media sosial, selalu ada para penggemar yang meminta agar ESL One Birmingham diadakan kembali.

Virtus.pro saat menjuarai ESL One Birmingham 2018 | Sumber: ESL

“Selama dua bulan terakhir, satu permintaan telah menekan meta permainan media sosial kami. Tiap kali kami mem-post tentang salah satu event lain, misalnya tentang ESL One Katowice di bulan Februari, atau bahkan tentang game lain, selalu muncul tanggapan-tanggapan yang isinya kurang lebih: pls cnfrm doto back 2 uk 2019,” demikian keterangan ESL yang cukup jenaka dalam situs resminya.

ESL One Birmingham 2019 mempertandingkan 12 tim ternama dari seluruh dunia, 6 di antaranya adalah undangan langsung sementara 6 sisanya datang dari kualifikasi terbuka. Babak kualifikasi sendiri nantinya dibuka untuk tim-tim dari Eropa, Amerika Utara, Tiongkok, serta Asia Tenggara mulai bulan Maret 2019. Cukup mengejutkan, kali ini Amerika Selatan dan PNM (CIS) tidak mendapat jatah tampil, setidaknya tidak lewat kualifikasi.

Dari 12 tim partisipan akan dibentuk dua grup, masing-masing bertanding dalam format round robin best-of-two. Dua tim teratas tiap grup akan menduduki Upper Bracket, peringkat 3 dan 4 masuk ke Lower Bracket, sementara sisanya langsung tereliminasi, sehingga menyisakan 8 tim. Setelah itu barulah mereka menjalankan playoff dengan format double elimination best-of-three, dan diakhiri dengan Grand Final best-of-five. Format playoff seperti ini sudah lama diterima sebagai standar populer di dunia kompetisi Dota 2.

Sesuai tradisi ESL One, kompetisi ini juga akan memiliki kontes cosplay sebagai salah satu agendanya. Para pemenang lomba cosplay akan berkesempatan tampil di atas panggung untuk memeriahkan seremoni penyerahan piala juara ESL One Birmingham 2019. Untuk informasi lebih lanjut seputar ESL One Birmingham, Anda dapat mengakses situs resmi ESL One, atau mengikuti ESL di Instagram, Facebook, dan Twitter.

Sumber: ESL