Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan finansial yang terintegrasi dan mudah diakses, modernisasi teknologi menjadi keharusan strategis bagi industri perbankan. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menegaskan komitmennya dalam memperkuat ekosistem digital banking melalui peremajaan infrastruktur teknologi dan pengembangan lanjutan pada aplikasi mobile banking andalannya, M2U ID App.
Direktur Teknologi Informasi dan Digital Maybank Indonesia, Bambang Irawan, menyatakan inisiatif ini sejalan dengan misi bank. “Modernisasi teknologi secara berkelanjutan bukan hanya sebuah keharusan yang strategis, tetapi tentang menghadirkan pengalaman perbankan yang benar-benar relevan dan berdampak bagi kehidupan nasabah melalui penggunaan teknologi baru. Hal ini kami lakukan terhadap M2U ID App untuk menjadi platform digital yang lebih personal dan memudahkan nasabah kami, sejalan dengan misi Maybank Indonesia, ‘Humanising Financial Services’,” ujarnya dalam acara Maybank Indonesia Media Update–Shaping the Future of Digital Banking pada 4 Desember 2025.
Selama tiga tahun terakhir, Maybank Indonesia telah meningkatkan kapabilitas infrastruktur teknologinya, meliputi peremajaan core banking system, penguatan ketahanan siber berstandar internasional, optimalisasi performa backend, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi.
M2U ID App sebagai Solusi Komprehensif
M2U ID App dikembangkan untuk menjadi solusi komprehensif, mengintegrasikan layanan pengelolaan keuangan harian yang terstruktur, hingga layanan wealth dan financing management yang lebih menyeluruh.
Head Digital Banking Maybank Indonesia, Charles Budiman, menjelaskan bahwa arah pengembangan aplikasi berangkat dari kebutuhan nyata pengguna. “Nasabah ingin layanan yang sederhana, terhubung, dan personal. Itulah yang kami bangun, karena M2U ID App dirancang untuk menjadi partner yang selalu hadir dalam financial journey yang membantu nasabah membuat keputusan keuangan yang lebih baik,” jelas Charles.
Ia menambahkan bahwa tahun 2026 akan menjadi momentum penting bagi Maybank Indonesia untuk mendorong M2U ID App ke tahap pengembangan berikutnya dengan mengoptimalkan kapabilitas data dan teknologi yang semakin matang.
Visi Masa Depan Berbasis AI dan Data
Ke depannya, Maybank Indonesia berencana memperluas layanan digital banking menjadi ekosistem layanan finansial yang lebih lengkap. Strategi ini menempatkan teknologi, seperti Generative AI, data analytics, dan automasi, sebagai pendorong utama peningkatan relevansi layanan yang berorientasi pada human-centric digitalization. Seluruh strategi ini bertujuan memperkuat inklusi keuangan, memastikan semakin banyak orang dapat terhubung dengan solusi keuangan yang relevan, aman, dan nyaman.
Disclosure: Artikel ini disusun dengan bantuan AI dan dalam pengawasan editor.