Dark
Light

Tumblr Buka Fitur Komentar

1 min read
February 19, 2010

Setelah meluncurkan dua fitur baru, Tumblr kini meluncurkan satu fitur yang merupakan kelanjutan dari program photo replies yang dijalankan sebagai fitur percobaan yang hanya dilakukan selama 48 jam.

Fitur baru ini adalah fitur replies. Bagi sebagian orang reply menjadi salah satu fitur yang ditunggu dan dicari, terutama untuk aplilasi blogging seperti Tumblr, dan seperti yang ditulis VentureBeat, respons positif hadir ketika Tumblr  mencoba fitur reply lewat foto beberapa hari yang lalu, sehingga kini pecinta Tumblr bisa menambahkan fitur reply pada akun mereka.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan masuk ke halaman dashboard, kemudian pilih customize, kemudian advanced dan cari pilihan enable replies, kini anda bisa mendapatkan komentar atas post anda. Fitur ini masih dalam tahap very beta dan komentar hanya bisa dilakukan oleh orang yang ada follow, untuk sementara hanya bisa dilakukan di halaman dashboard dan hanya bisa untuk primary blog.

Komentar hanya bisa dilakukan oleh orang yang anda follow, ini bisa jadi kelemahan tapi bisa juda jadi kelebihan dari fasilitas baru ini, masih seperti yang ditulis VentureBeat, fitur ini bisa mengurangi komentar-komentar aneh terutama dari user yang tidak jelas, spamers atau mendapatkan komentar yang terlalu banyak, mengingat Tumbrl berfokus pada post yang pendek serta banyak juga foto, maka komentar yang banyak tentu akan cukup menggangu.

Reply ala Tumblr ini justru memudahkan user untuk tidak mendapatkan komentar yang aneh-aneh, jika ada akun yang komentarnya tidak anda sukai atau tidak relevan anda tingal unfollow orang tersebut, maka mereka tidak akan bisa memberikan komentar.

Untuk saat ini Tumblr memang sudah menggunakan Disqus sebagai fitur comment mereka Tumblr belum menyediakan fitur comment secara default, Tumblr memberikan pilihan pada user untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyediakan fitur comment, salah satunya adalah Disqus, tapi dengan terbukanya fitur komentar, maka anda bisa tidak tergantung pada aplikasi Disqus.

Meski saya telah mengaktifkan fitur replies ini, saya belum mendapatkan komentar pada post saya, mungkin pembaca DailySocial sudah, anda bisa share di kolom komentar. Dan apakah fasilitas ini bisa meningkatkan percakapan di Tumblr yang ujung-ujungnya penambahan user? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. “Untuk saat ini Tumblr memang sudah menggunakan Disqus sebagai fitur comment mereka,”

    Belom kok. Itu mesti ditambahin secara manual dari custom template theme.

  2. terima kasih koreksinya mas Zul, sudah diperbaiki, sepertinya saya kurang lengkap menjelaskan tentang fitur Disqus di Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twiterus Luncurkan Situs Mobile

Next Story

Event Review: FOWAB -Forum Web Anak Bandung-

Latest from Blog

Don't Miss

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang
Kominfo has normalized 8 DNS related to Tumblr

Tumblr Is No Longer Prohibited, Kominfo to Normalize 8 DNS

Since Monday (24/12) afternoon, Kominfo has unblocked Tumblr. They normalized