Dark
Light

Tumblr: 1.5 Miliar Pageviews Serta Top 50 Site di U.S.

1 min read
July 20, 2010

Tumblr kini mencapai prestasi terbaru, masuk daftar 50 situs yang paling dikunjungi di U.S. serta mencapai jumlah pengguna sekitar 6 juta orang serta 1.5 miliar pageviews sebulannya.

Seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, pertumbuhan Tumblr sejak Juli 2009 tumbuh pesat, pada bulan Juli 2009 Tumblr memiliki 255 juta pageviews, sedangkan November tahun lalu sekitar 420 juta, dan sekarang mereka mencapai lompatan baru yaitu 1.5 miliar pageviews perbulannya.

Layanan blogging, simpleblog serta microblog menjadi penting di Indonesia, beberapa hari yang lalu saya mengikuti diskusi ringan yang berkaitan dengan living in social media, dari sana saya melihat bahwa selain social network, blog menjadi bagian penting dari kehidupan social media di Indonesia.

Salah satu kasus yang cukup berpengaruh pada pengguna blog di Indonesia adalah perubahan konsep Multiply ke marketplace atau lebih menekankan unsur jualan. Bagi mereka yang menggunakan Multiply sebagai sarana blog (non-jualan) seperti salah satu peserta diskusi itu juga merasakan sedikit kebingungan, antara setia pada layanan yang telah dia gunakan sejak lama atau berpindah ke layanan lain atau malah membuat situs sendiri.

Ini juga dipengaruhi oleh kemunculan Tumblr yang memberikan pengaruh bagi pengguna social media di sini dan memberikan tambahan alternatif baru untuk layanan blog/simpleblog. Kalau melihat dari screenshot berikut yang saya ambil dari Tumblr, bisa dilihat penyebaran pengguna Tumblr termasuk dot yang ada di Indonesia.

Selain layout serta kemudahan penggunaannya Tumblr, seperti juga layanan social media lain, tren penggunaan Tumblr yang mulai dimiliki oleh banyak pengguna disini, ikut mempopulerkan layanan ini.

Masih seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, sebagian dari pengguna Tumblr ternyata berasal dari luar U.S. dan ini sepertinya yang membuat mereka kini meluncurkan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk switch semua dari featured dan premium themes yang tersedia di Tumblr ke berbagai bahasa, antara lain bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Perancis, dan Italia. Faslitas ini bisa ditemukan di Language menu yang terdapat di menu Customize –> Advanced.

Belum tersedia untuk bahasa Indonesia memang dan menurut data Alexa pengguna kita juga masih sekitar 1,3%, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan melihat perilaku pengguna internet kita yang responsif,  jika Tumblr juga akan memperhatikan pengguna di sini dengan menyediakan layanan bahasa Indonesia. Ada pendapat tentang Tumblr dan pengguna Tumblr di Indonesia, mari share pada kolom komentar?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

7 Comments

  1. Kalo diliat dari trend micro-blogging Twitter yg bisa nge-boom-ing dengan cepat,
    trend Tumblr mungkin tinggal tunggu waktu beberapa bulan lagi.
    Secara mnurut saya user Indonesia di Twitter suka banget yg namanya ngeretweet,
    “hobby” kayak gitu juga pasti akan kebawa di microblogging lainnya(Tumblr) dan secara gak langsung bakal dngan cepat menular lewat fitur “also share on Twitter and Facebook”.
    Kita tinggal lihat apa Tumblr juga akan “masuk lebih dekat” dengan pengguna Indonesia yang gila banget online di mobile.

  2. “hobby” kayak gitu juga pasti akan kebawa di microblogging lainnya(Tumblr) dan secara gak langsung bakal dngan cepat menular lewat fitur “also share on Twitter and Facebook”.

  3. Secara mnurut saya user Indonesia di Twitter suka banget yg namanya ngeretweet,
    “hobby” kayak gitu juga pasti akan kebawa di microblogging lainnya(Tumblr) dan secara gak langsung bakal dngan cepat menular lewat fitur “also share on Twitter and Facebook”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Peluang Bagi Pengembang Aplikasi Bertambah Dengan Telkomsel AppZone

Next Story

NulisBuku Invites Everyone To Become An Author

Latest from Blog

Don't Miss

Alasan Meta Rilis Threads, Pesaing Twitter

Elon Musk resmi membeli Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober
Threads himpun 30 juta pengguna kurang dari sehari

Threads Berhasil Himpun Lebih dari 30 Juta Pengguna Kurang dari Sehari

Twitter merupakan sebuah media sosial yang tergolong masih ramai digunakan.