20 April 2023

by Daniel Hamiaz

DLC Xenoblade Chronicles 3: Future Redeemed Bawa Kejutan dari Seri Sebelumnya

DLC keempat sekaligus yang terakhir untuk Xenoblade Chronicles 3 ini bakal dirilis menjelang akhir bulan April 2023

Nintendo baru saja merilis video trailer mengenai DLC keempat sekaligus terakhir untuk Xenoblade Chronicles 3 yang berjudul Xenoblade Chronicles 3: Future Redeemed. Banyak detail menarik yang mereka tunjukkan melalui video dengan durasi yang tak sampai 4 menit tersebut.

Cerita DLC terbaru ini akan mengambil periode waktu sebelum terjadinya cerita Xenoblade Chronicles 3 dimulai. Dengan kata lain, Future Redeemed akan menjadi prekuel dari cerita Xenoblade Chronicles 3.

Dan yang lebih unik lagi, di dalam trailer-nya tampak dua karakter protagonis dari seri Xenoblade Chronicles sebelumnya yang tentu sudah tidak asing lagi. Mereka adalah Shulk dan Rex, yang terlihat beraksi bersama dalam satu frame untuk melawan Alvis. Selain itu, ada juga karakter misterius yang dikenal dengan nama Matthew.

Seri Xenoblade selalu berhasil menghadirkan "Wow Factor" dalam setiap game-nya. Dan pada DLC Xenoblade Chronicles 3: Future Redeemed ini, mereka memperkenalkan mekanik battle yang baru, seperti Unity Combo yang memampukan dua karakter untuk menyerang secara bersama-sama.

Xenoblade Chronicles 3 merupakan salah satu RPG andalan dari Nintendo, selain Zelda: Breath of the Wild. Dirilis pada tahun 2022, game ini berhasil terjual sebanyak 1,81 juta kopi dari seluruh dunia per Desember 2022.

Bahkan game ini sempat menjadi game terlaris di antara game Nintendo lainnya, meski pada akhirnya rekor game ini dikalahkan oleh Pokemon Scarlet and Violet yang dirilis pada tahun yang sama.

Game yang dikembangkan oleh Monolith Soft ini juga pernah masuk ke dalam nominasi Game of the Year 2022 bersama Elden Ring, God of War Ragnarök, A Plague Tale: Requiem, Horizon Forbidden West, dan Stray.

Meski DLC dari Xenoblade Chronicles 3 ini sudah lama diketahui, namun pengumuman Nintendo kali ini memberikan kejutan tersendiri bagi penggemar. Bagaimana tidak, mereka mengemas sebuah video trailer yang padat beserta tanggal rilisnya yang tak berselang jauh dari waktu video tersebut diunggah.

Jika melihat seri-seri Xenoblade Chronicles sebelumnya, tampaknya Nintendo sudah mengambil ancang-ancang untuk mempersiapkan game Xenoblade Chronicles selanjutnya.

Xenoblade Chronicles 3: Future Redeemed akan dirilis untuk Nintendo Switch pada 25 April 2023.