1. Startup

TouchTen Kembangkan Bisnis Game Publishing, Terbitkan Dua Permainan Buatan Tinker Games

Salah satu pembuat permainan mobile terdepan di Indonesia, TouchTen, mulai merambah bisnis penerbitan permainan (game publishing) dengan menggandeng Tinker Games. Dua permainan yang diterbitkan adalah Paws! Cat Attack dan Soccer Girl Adventure, di mana kedua permainan tersebut terdaftar di iTunes atas nama TouchTen. Tinker Games adalah pengembang permainan mobile yang berbasis di Bandung dan telah mendapatkan pendanaan dari Systec Group.

Penerbitan permainan-permainan buatan Tinker Games merupakan klien perdana bisnis baru TouchTen ini. Di luar negeri, bisnis "perantara" seperti ini sudah jamak dilakukan. Dua contoh terkenal adalah ketika Angry Birds dan Cut The Rope menggunakan jasa Chillingo untuk penerbitan permainannya. Saat keduanya masih belum sepopuler sekarang.

Permainan Paws merupakan permainan casual action yang menyenangkan di mana kita bermain sebagai dewa kucing laut yang menghancurkan segala sesuatu yang mengapung di lautan. Sementara Soccer Girl Adventure, sebagaimana judulnya, mengajak kita mengontrol seorang anak perempuan yang suka bermain sepakbola dan ingin membuktikan kepada teman-temannya bahwa dia mampu bermain tak kalah baik dibanding teman laki-lakinya.

Panji Prakoso, Chief Executive Officer Tinker Games, dalam rilis persnya berkomentar:

Tinker chose TouchTen, because TouchTen is a local game development company that aims to propel Indonesia's gaming industry to a global level. We know that Touchten already successfully launched a bunch of games for iOS, Android, and also web. Touchten also created solid distribution channels for the mobile gaming industry, which will be a huge advantage for our games to be published by TouchTen. We can see that Touchten is one of most experienced game company in Indonesia, this fact assured us that choosing TouchTen as our publisher is the best choice.

Sementara Anton Soeharyo, CEO TouchTen, menyebutkan tentang kerjasama dan hasil kerja penerbitan permainan yang dilakukan oleh perusahaannya:

We are very proud to have Tinker Games to trust us with their game. For every game developer, their game is like their baby, therefore we will strive hard to ensure that they will get only the best service. Our goal is to help Indonesian developers to receive the exposure and revenue that they deserve, and we hope that this pioneer partnership will give us even more knowledge and experience to be the best in Indonesia. We thank Tinker for choosing us, and will do whatever it takes to succeed together.

TouchTen sendiri sebelumnya dikenal dengan membuat sejumlah permainan mobile yang populer hingga ke mancanegara, misalnya Sushi Chain yang telah memperoleh dua juta unduhan. Dengan peluncuran dua titel permainan ini, TouchTen resmi membuka lini bisnis baru dan menerima kerja sama dengan para pengembang yang berminat dengan model bisnis game publishing.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again