Esports Ecosystem

Total Donasi Turnamen Dota 2 WeSave! Capai Rp2,9 Miliar

25 Mar 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Semua uang yang didapatkan dari turnamen WeSave! akan didonasikan untuk menanggulangi pandemik virus Corona

Minggu lalu, salah satu penyelenggara turnamen Dota 2, WePlay! memutuskan untuk menyelengggarakan turnamen WeSave! dalam rangka menggalang dana demi melawan virus Corona (COVID-19). Pada awalnya, mereka menyediakan total hadiah sebesar US$120 ribu (sekitar Rp1,9 miliar), yang akan digunakan untuk menanggulangi pandemik virus Corona. Mereka juga menyediakan insentif bagi para penonton untuk memberikan donasi. Jika donasi yang terkumpul mencapai jumlah tertentu, maka WePlay! akan mengadakan pertandingan tambahan.

Misalnya, jika donasi mencapai US$150 ribu (sekitar Rp2,4 miliar), maka WePlay! akan mengadakan pertandingan antara tim yang menang di kawasan Uni Eropa dengan tim yang juara di kawasan CIS (Commonwealth of Independent States). Sementara jika donasi menembus US$160 ribu (sekitar Rp2,58 miliar), maka mereka akan mengadakan pertandingan 3v3 All-Stars dari kawasan Amerika Utara.

Menurut laporan Dot Esports, dua tim yang keluar sebagai pemenang di kawasan Uni Eropa adalah Team Liquid dan Nigma. Sementara dua tim yang menjadi juara di kawasan CIS adalah Natus Vincere dan HellRaiser. Sayangnya, untuk pertandingan 3v3 All-Stars, masih belum diketahui siapa saja pemain yang akan bertanding dalam pertandingan tersebut. Satu hal yang pasti, kawasan Amerika Utara tidak kekurangan pemain bertalenta. Sejumlah pemain ternama seperti Artour “Arteezy” Babaev dari Evil Geniuses dan Clinton “Fear” Loomis, kapten dari tim Business Associates telah ikut serta dalam turnamen WeSave! Tidak sulit bagi WePlay! untuk menentukan para pemain yang dapat menyajikan pertandingan yang memuaskan bagi penonton.

WeSave donasi
WeSave! telah kumpulkan sekitar Rp2,9 miliar. | Sumber: Dot Esports

Saat ini, donasi sudah mencapai lebih dari US$180 ribu (sekitar Rp2,9 miliar). Jika target ini tercapai, WePlay! akan mengadakan pertandingan final antara tim juara Uni Eropa melawan tim pemenang CIS format Best-of-5 dan bukannya Best-of-3. Selama ini, Bo5 memang menjadi format standar untuk turnamen Major Dota 2. Selain membuat pertandingan antara dua tim menjadi semakin panas, format Bo5 juga memungkinkan penonton untuk menonton lebih banyak konten.

Sampai sekarang, WePlay! masih membuka donasi. Masih ada satu target yang belum tercapai, yaitu US$200 ribu (sekitar Rp3,2 miliar). Jika total donasi mencapai target ini, maka semua orang yang memberikan donasi akan mendapatkan akses ke WePlay! Premium selama tiga bulan. Akun Premium ini memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan khusus dari WePlay, termasuk data tentang turnamen, total hadiah, dan lain sebagainya.

Semua uang yang didapatkan dari turnamen WeSave! ini akan didonasikan ke Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan GlobalGiving untuk melawan pandemik virus Corona.

Sumber header: situs resmi WeSave!