Dark
Light

Tokopedia Bantah Adanya Kebocoran Data oleh Pihak Ketiga

1 min read
February 22, 2019
Data yang beredar disebut sebagai data penjual Tokopedia yang dipublikasikan secara bebas

Kemarin beredar informasi adanya penjualan data yang diklaim sebagai data konsumen Tokopedia. Data tersebut disebut sebagai data empat juta konsumen Tokopedia yang berupa nama, nomor telepon, alamat email, dan alamat pengiriman. Pihak Tokopedia membantah adanya kebocoran data oleh pihak ketiga tersebut.

Kepada DailySocial, VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengklarifikasi, “Tokopedia tidak menemukan adanya kebocoran atau pembobolan data oleh pihak ketiga terhadap data rahasia pengguna kami.”

“Data yang ditampilkan di situs terkait adalah data penjual yang memang mempublikasikan email, nomor ponsel, dan alamat di laman tokonya untuk lebih mudah berkomunikasi dengan calon pembeli. Informasi publik tersebut untuk sementara dinonaktifkan demi mencegah penyalahgunaan data,” lanjutnya.

Berdasarkan penelusuran DailySocial terhadap data-data yang diinfokan di tiga tautan tersebut, tidak ada konfirmasi apakah data tersebut memang diambil “secara paksa” dari basisdata Tokopedia. Satu tautan tidak bisa diakses, sementara satu tautan yang mencantumkan sejumlah alamat email menunjukkan kebanyakan adalah alamat email lapak-lapak online.

Pihak Tokopedia mengklaim kerahasiaan dan keamanan data pribadi pengguna menjadi salah satu prioritas utama dalam bisnisnya.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Dampingi Galaxy S10, Smartwatch Samsung Galaxy Watch Active Ikut Diresmikan

Next Story

Ricoh GR III Resmi Dipasarkan Bulan Maret Seharga $899

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia
TikTok Shop

TikTok Shop Tingkatkan Fitur dan Fasilitas Menjelang Tahun Ketiganya di Indonesia

TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi saat