Gaming News

Promosikan Politik Tanpa Polemik, Toge Productions Rilis Board Game Circus Politicus

25 Mar 2019 | Ayyub Mustofa
Anda akan bertemu parodi tokoh-tokoh politik seperti Jokowo, Prabowi, Donold Trump, dan Jim Kong Un.

Indonesia sedang dilanda kehangatan suasana politik jelang pemilihan presiden di tanggal 17 April nanti, dan Toge Productions sebagai salah satu developer/penerbit game lokal ternama tidak ketinggalan untuk turut meramaikan. Kali ini mereka menawarkan hiburan bukan dalam produk video game, melainkan board game dengan judul Circus Politicus. Ini adalah langkah pertama Toge Productions di dunia board game setelah mengembangkan video game selama sepuluh tahun.

Bisa ditebak dari judulnya, Circus Politicus adalah board game jenaka yang bertema parodi cerita-cerita politik baik di dalam maupun di luar negeri. Terinspirasi dari tokoh-tokoh serta berbagai kejadian penting di dunia nyata, Circus Polticus menempatkan kita dalam posisi manajer tim sukses pasangan kandidat politik. Pemain harus mengatur strategi, berkonspirasi, serta meraih suara lewat janji-janji demi memenangkan agenda politik calon yang mereka usung.

Circus Politicus - Characters
Karakter-karakter Circus Politicus | Sumber: Toge Productions

Anda akan bertemu dengan karakter-karakter kocak yang merupakan pelesetan dari tokoh politik sungguhan, seperti Jokowo, Prabowi, Theresa June, Donold Trump, Jim Kong Un, dan sebagainya. Tokoh-tokoh ini disuguhkan dalam wujud kartu dengan karikatur menarik karya ilustrator asal Jakarta, WD Willy. Toge Productions mengemas Circus Politicus sebagai board game dengan aturan main simpel, namun tetap memiliki strategi mendalam.

Circus Politicus - Back Cover
Circus Politicus bisa dimainkan oleh 2 – 4 pemain | Sumber: Toge Productions

Circus Politicus pada awalnya lahir dari acara Global Game Jam 2017, di mana para peserta ditantang untuk menciptakan game dalam waktu 48 jam saja. Menurut Kris Antoni, CEO Toge Productions, saat itulah mereka menciptakan prototipe Circus Politicus dan langsung melihat bahwa game ini memiliki potensi.

Circus Politicus - Cards
Gunakan berbagai manuver politik | Sumber: Toge Productions

“Sempat ada banyak diskusi tentang tema yang akan diangkat permainan ini, namun setelah melihat aturan bermain yang makin diperbaharui serta menyaksikan ramainya pembicaraan yang terjadi di dunia maya, kami putukan untuk menjadikan Circus Politicus sebuah game parodi bertema politik. Jadilah sebuah permainan politik tanpa polemik,” kata Kris dalam siaran pers.

Circus Politicus - Play Session
Play session Circus Politicus di Arcanum Hobbies, Kuningan City | Sumber: Toge Productions

Circus Politicus tersedia di pasaran mulai tanggal 25 Maret 2019 dengan harga banderol Rp200.000. Bagi para peminat, pemesanan sudah dapat dilakukan melalui halaman Tokopedia milik Toge Productions. Game ini juga akan tersedia secara offline di berbagai toko board game di Indonesia. Toge Productions berharap Circus Politicus bukan hanya menjadi hiburan, namun juga dapat menjadi sarana untuk mendamaikan masyarakat Indonesia yang bermusuhan akibat mendukung pasangan calon berbeda, sekaligus menyadarkan kita supaya tidak termakan strategi-strategi politik yang dapat memecah belah bangsa.