16 August 2022

by Daniel Hamiaz

10 Tips untuk Pemula saat Bermain Tower of Fantasy

Dengan sejumlah tips Tower of Fantasy ini, diharapkan Anda bisa mendapatkan pengalaman bermain ToF secara maksimal.

Maksimalkan farming, grinding, dan pertempuran Anda dengan tips Tower of Fantasy lengkap berikut ini. Selamat mencoba!

Apakah Anda pernah mendengar Tower of Fantasy? Game dengan visual yang indah ala dunia Anime ini merupakan salah satu yang paling ditunggu kehadirannya.

Tower of Fantasy merupakan game yang dirilis pertama kali pada 16 Desember 2021. Saat itu game ini hanya dirilis untuk wilayah Tiongkok saja, sehingga para pemain yang ingin mencobanya, terpaksa harus bermain di server Tiongkok, atau hanya bisa menonton saja.

Namun, sekitar 7 bulan kemudian, versi global Tower of Fantasy dipastikan rilis, tepatnya pada tanggal 11 Agustus 2022. Banyak sekali orang yang tertarik karena penasaran atau hanya sekadar ingin mencoba. Saking besarnya antusiasme pemain, pra-registrasinya mampu menembus angka lebih dari 3 juta kali.

Banyak juga yang beranggapan bahwa Tower of Fantasy merupakan game yang akan menyaingi popularitas Genshin Impact, yang sudah terlebih dahulu sukses secara mendunia. Tak dapat dipungkiri, keduanya mengambil tema yang sama, walau dengan genre yang jauh berbeda.

Sebelum memulai petualangan di Tower of Fantasy, ada baiknya Anda perlu mengetahui sejumlah informasi dasar yang ada terdapat di game MMORPG ini, sehingga Anda tak perlu kebingungan nantinya.

1. Kustomisasi Karakter

Salah satu fitur andalan di Tower of Fantasy adalah kostumisasi karakter yang sangat beragam. Semua bentuk fisik dan penampilan karakter, bisa Anda atur sesuka hati. Saking banyaknya pilihan yang diberikan, mungkin saja Anda akan  menghabiskan waktu terlalu lama di menu kustomisasi.

Namun jika Anda tidak terlalu peduli dengan kostumisasi karakter atau tidak yakin dengan kemampuan merias Anda, Anda bisa memanfaatkan fitur Preset, yang berisikan beragam karakter siap pakai. Uniknya lagi, berbagai preset yang disediakan, didesain langsung oleh komunitasnya sendiri.

Untuk melihat koleksi Preset yang komunitas miliki, Anda cukup menekan tombol Lobby, lalu Anda akan diberikan beragam pilihan karakter Preset yang variatif.

Saat Anda sedang merancang karakter Anda, pastikan untuk tidak menekan tombol Random atau Reset, karena kedua tombol tersebut akan membuang karakter yang sudah Anda desain. Manfaatkan fitur Undo, jika Anda tidak sengaja menekan dua tombol tersebut.

2. Simulacra (Karakter)

Sama seperti game Gacha lainnya, Tower of Fantasy juga memiliki beragam karakter, yang bisa Anda dapatkan. Kalau begitu, untuk apa ada karakter lagi, jika pemain sudah susah payah mendesain karakter mereka?

Ternyata karakter, atau Simulacra, hanya bersifat sebagai skin saja di Tower of Fantasy. Saat pemain mendapatkan sebuah Simulacra, ia juga akan langsung mendapatkan senjatanya yang bersifat unik, dengan berbagai rarity,. Jadi, Anda bisa memakai Simulacra lengkap dengan senjatanya, atau ambil senjatanya saja, lalu menggunakannya dengan karakter hasil desain Anda sendiri.

Jika Anda ingin memakai Simulacra tertentu, perbedaannya hanya terletak di efek visual senjata akan lebih bagus, saat Simulacra tersebut memakai senjata SIgnature-nya.

Ada juga sistem Awaken, yang akan menambah efek pasif karakter. Untuk membuka efek pasif tersebut, Anda bisa memberikan hadiah kepada Simulacra tersebut. Setiap Simulacra memiliki preferensi Gift mereka masing-masing. Preferensi tersebut bisa Anda lihat di Awaken > Gift. Efek pasifnya bisa Anda lihat di menu Information.

3. Sistem senjata Tower of Fantasy

Setiap pemain bisa membawa 3 buah senjata sekaligus. Setiap senjata memiliki skillkit yang berbeda-beda, mulai dari serangan biasa, skill, hingga aerial attack. Di ToF, senjata dibagi menjadi 3 tipe, yaitu Defense, Support, dan DPS. Dari istilahnya saja, tipe senjata ini cukup mudah dipahami.

Fungsi dari tipe senjata ini adalah untuk mengaktifkan sebuah buff yang disebut Weapon Resonance, dengan menggunakan kombinasi tipe dari ketiga senjata yang sedang dipakai. Ada 4 jenis Weapon Resonance di dalam Tower of Fantasy, yakni:

Selain tipe, senjata juga memiliki sistem elemen. Jika tipe senjata akan memberkan buff kepada pemain, maka elemen akan memberikan debuff kepada musuh. Ada 4 jenis elemen yang ada di Tower of Fantasy, yaitu Grievous, Volt, Flame, dan Ice. Angka dan durasi dari efek yang diberikan akan bervariasi, dan cenderung bergantung dengan rarity dari senjata tersebut.

Sebenarnya ada juga Element Resonance, namun Resonance tipe ini hanya terletak di karakter-karakter limited, dan setiap karakter limited juga memiliki efek Resonance yang berbeda, walau nama Resonance-nya yang sama. Cara mengaktifkan Element Resonance ini adalah dengan menggunakan 2 senjata dengan elemen yang sama.

4. Eksplorasi

Mengusung tema Open World, Tower of Fantasy menawarkan pengalaman eksplorasi map yang cukup memuaskan. Apalagi, pemain ditawarkan Nucleus yang sangat banyak, yang tersebar di seluruh map Tower of Fantasy. Sebagai pemula, disarankan untuk mengumpulkan Nucleus tersebut sebanyak yang Anda bisa, terutama Gold Nucleus.

Setiap 1 Gold Nucleus bisa digunakan untuk 1 kali Gacha di banner standar. Jadi, semakin banyak gacha yang Anda lakukan, maka semakin banyak pula SSR yang bisa Anda dapatkan. Biasanya, Nuclues terkunci di balik berbagai macam Puzzle. Ada 2 jenis Nucleus yang tersebar di peta secara gratis, yaitu Black Nucleus dan Gold Nucleus. Keduanya ditandai dengan titik putih di peta.

Jika Anda kesulitan untuk memecahkan sebuah Puzzle, sebagian besar cara memecahkannya adalah dengan membukanya dengan elemen tertentu,  menggunakan Relic atau Gadget tertentu, atau serangan tertentu, seperti Plunge Attack.

Hal penting yang akan membantu eksplorasi secara sigfnifkan adalah Mount dan Endurance. Mount akan diberikan di awal game, berupa motor secara gratis. Manfaatkan Mount sesering mungkin, apalagi saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Endurance merupakan sistem stamina yang akan digunakan karakter saat melakukan sejumlah aktivitas, seperti memanjat, terbang, dan berenang. Endurance bisa ditambah dengan memakan jamur, yang akan didapatkan saat menyelesaikan eksplorasi.

Ada sebuah trik yang sangat bermanfaat saat Anda sedang memanjat. Gunakan Lctrl > Double Jump > dan W [untuk PC] secara cepat untuk memanjat tanpa memakai Endurance.

5. Gacha

Ada 3 jenis banner karakter/Simulacra yang ada di Tower of Fantasy, yaitu 2 banner standar dan 1 banner limited. 

 

2 Banner standar ini dibedakan dengan kurs yang dipakai, yaitu dengan Black Nucleus dan Gold Nucleus. Untuk banner yang menggunakan Black Nucleus, tidak ada Pity yang tersedia di banner ini. Jadi kemungkinan untuk mendapatkan senjata SSR sangatlah kecil di banner ini.

Untuk banner standar yang kedua membutuhkan Gold Nucleus. Banner ini memiliki sistem Pity di angka 80 untuk SSR dan 10 untuk SR. Namun, saat 30x gacha pertama Anda di banner ini, Anda akan dijamin untuk mendapatkan 1 SSR. Setelah itu, Pity akan berjalan seperti semula di Angka 80. Pity ke-30 hanya bisa aktif 1x saja untuk 1 akun.

Bannerlimited membutuhkan Red Nucleus. Sistem Pity di banner ini sama dengan banner standar Gold Nucleus. Cara mendapatkan Red Nucleus, hanyalah melalui event atau dengan mengkonversikan Dark Crystal. Akan ada 1 karakter Rate-up yang akan hadir di setiap versi Tower of Fantasy.

Kelebihan sistem Pity di Tower of Fantasy adalah jika Anda mendapatkan SSR sebelum menyentuh Pity, maka Pity tidak akan di-reset. Namun sayangnya, untuk banner limited, tidak ada Guaranted Pity untuk karakter limited.

Namun jangan khawatir, garansi yang Tower of Fantasy berikan terletak di toko limited. Setiap kali Anda melakukan Gacha, Anda akan mendapatkan Flame Gold, yang bisa ditukarkan dengan senjata di banner tersebut. Namun, jika Flame Gold tidak digunakan hingga durasi banner berakhir, maka pada banner selanjutnya, Flame Gold akan dikonversi menjadi Black Gold.

Selain karakter, ada juga 2 banner lagi khusus untuk Matrice, yaitu standar dan limited. Kurs yang digunakan tidak akan menggunakan Nucleus, namun dengan Proof of Purchase untuk banner standar dan Special Purchase untuk banner limited. Untuk sistem Pity-nya sendiri, Guaranted SSR di Pity 40 dan SR di Pity 10.

6. Matrice (Chip)

Lalu apa itu Matrice? Matrice merupakan sebuah sistem equipment, yang akan meningkatkan kekuatan senjata. Matrice dapat diperkuat dengan memberi EXP dan juga memiliki bonus set, jika dipasangkan dengan Matrice yang sama. 1 Senjata bisa dipasang hingga 4 Matrice.

Matrice bisa dilepas pasang ke semua senjata berbeda, sehingga meningkatkan Matrice merupakan langkah yang disarankan untuk memulai game. Jika Anda pernah bermain Genshin Impact, Matrice mirip dengan sistem Artifact di game tersebut.

7. Relics (Gadget)

Selain senjata, pemain akan diberi sejumlah gadget yang bisa digunakan, baik untuk pertempuran maupun eksplorasi. Setiap pemain sebenarnya akan diberi sejumlah Relics secara gratis sembari mengerjakan cerita utama, namun entah mengapa, Tower of Fantasy tidak terlalu detail menjelaskan cara memakai beberapa Relics secara bersamaan.

Sebenarnya, pemain bisa membawa 3 pasang Relic secara bersamaan, namun hanya 1 pasang saja yang bisa dipakai dalam satu waktu. Untuk mengganti pasangan Relic, Anda cukup menekan tombol G (untuk PC). Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengganti terus Relic yang sedang digunakan.

Relics juga bisa ditingkatkan kekuatannya dengan menggunakan Relics Shard. Shard jenis ini bisa pemain dapatkan saat menjalani cerita atau dengan menyelesaikan tantangan tertentu. Semakin tinggi Advance Relics, maka semakin kuat atau banyak efek yang dimiliki Relics tersebut.

8. Armor di Tower of Fantasy

Armor juga merupakan sistem equipment yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan pemain. Namun yang membedakannya dengan Matrice adalah, Armor tidak bergantung kepada senjata yang sedang dipakai.

Ada 2 jenis peningkatan Armor yang disediakan di Tower of Fantasy, yaitu Enhancement dan Advancement. Enhance akan memperkuat Armor dengan memakai Booster Module, sedangkan Advance akan memperkuat Armor dengan memberi duplikat Armor dengan jenis serupa.

Untuk level Enhancement, tidak akan hilang walau diganti dengan Armor lain, sedangkan untuk Advancement, akan melekat di Armor yang telah di Advance. Jadi, perhatikan benar-benar saat akan melakukan Advance kepada Armor tertentu, terutama rarity-nya.

9. Vitality

Vitality adalah sistem stamina di Tower of Fantasy, mirip Resin jika di Genshin Impact. Jumlah Vitality maksimal yang bisa pemain tampung adalah 180. Vitality bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mencari Armor, Matrice, Material, hingga Gold.

10. PVP

Secara sederhana, PVP di Tower of Fantasy dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Ranked dan Unranked.

Ranked PVP merupakan mode PVP dengan sistem berimbang, dan akan memberikan bermacam-macam hadiah. Sedangkan untuk unranked, tidak ada hadiah yang didapatkan dan tidak adanya sistem penyeimbangan.

Apex League merupakan jenis PVP yang disediakan untuk bersaing memperebutkan leaderboard. Di mode ini, pemain akan bertarung di arena yang disediakan dengan senjata yang telah diatur oleh sistem. Setiap pemain akan menerima Advancement maksimal di mode ini, dengan Matrice yang sama.

Sedangkan untuk Unranked PVP, Anda bisa melakukannya di Open World, dengan melakukan Request kepada pemain yang ingin ditantang. Senjata yang digunakan akan benar-benar sesuai dengan stat yang dimiliki. Mode ini murni untuk fitur tambahan saja, karena tidak adanya hadiah di mode PVP ini.

===

Itulah tadi 10 tips pemula Tower of Fantasy. Semoga bermanfaat.