Dark
Light

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

4 mins read
June 14, 2024

Hybrid bersama komunitas foto StreetMoment menggelar acara workshop dan photowalk beberapa waktu lalu. Acara ini diukung oleh Samsung dan menghadirkan mentor Riki Dior yang sudah berpengalaman dalam streetphotography. 

Dengan tema ‘warna’ para peserta diajak untuk berkeliling blok M untuk mencari angle yang sesuai tema yaitu warna. Selain membawa perangkat masing-masing, peserta juga dibekali dengan perangkat Samsung Galaxy A35 5G yang bisa digunakan selama acara. 

Streetphotography sendiri merupakan salah satu genre yang kini cukup populer. Genre ini punya berbagai elemen yang bisa dipilih atau digabungkan dalam satu kesatuan foto, salah satunya adalah warna. 

Kami berbincang dengan Sigit Zero dari StreetMoment dan juga Riki Dior tentang persiapan atau tips untuk bisa memfoto tema streetphotography dengan baik. 

Persiapan awal 

Sebagai awal, untuk persiapan Sigit mengatakan bahwa ia melakukan persiapan yang cukup standar, seperti melakukan cek atas perlengkapan yang mau di bawah seperti baterai harus penuh serta memori untuk menyimpan data foto juga kosong atau setidaknya punya sisa ruang penyimpanan yang cukup lega. 

Saat pertama kali sampai di lokasi tips yang bisa diberikan adalah observasi. Kita bisa melakukan pengamatan atas lokasi dan mulai membayangkan momen apa yang bisa hadir serta hasil foto apa yang sekiranya bisa didapatkan. Ini hanya untuk melakukan persiapan saja karena pada praktek ketika mulai mencari angle, kita bisa ditemukan dengan momen spontan saat bertemu momen atau subyek yang menarik. 

Riki Dior juga menambahkan, salah satu keunggulan dari perangkat smartphone atau hape adalah bentuknya yang relatif kecil dan sudah digunakan oleh hampir semua orang. Jadi ketika menggunakannya di street, orang lebih tidak merasa terganggu. 

Menemukan angle menarik

Lalu apa tipsnya untuk menemukan subjek atau angle yang menarik? Sigit mengatakan bahwa ketika kita melakukan observasi maka kita bisa memperkirakan momen yang akan didapat, dari gambaran momen ini kiga bisa mix dengan light dan shadow. Atau bisa juga kita gabungkan dengan warna dan elemen menarik yang tampak di sekitar.

Untuk angle sendiri biasanya disesuaikan dengan lokasi yang menjadi tempat foto, juga disesuaikan dengan subjek serta momen yang bisa dikombinasikan dan menghasilkan cerita ketika kita capture

Agar foto ter-capture dengan baik

Untuk tips bagaimana caranya agar foto bisa ter-capture dengan baik, Sigit memberikan tips agar kita (fotografer) memperhatikan momen dan komposisi. Selain itu juga bisa memperhatikan elemen yang ada disekitar subjek untuk bisa di-mix agar jadi lebih menarik. 

Tips foto dengan ponsel 

Memfoto dengan ponsel sudah menjadi hal umum, bagaimana caranya agar streetfotografi dengan ponsel bisa maksimal? Salah satu tips yaitu menggunakan pengaturan manual atau pro. Dengan memilih fitur ini pengguna bisa mengatur shutter yang tepat untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih tajam. 

Sebagai informasi, perangkat terbaru Samsung yaitu Galaxy A35 5G memiliki berbagai pengaturan untuk fotografi, salah satunya adalah mode pro. Dengan pengaturan ini di perangkat Galaxy A35 5G, pengguna bisa mengatur ISO, shutter speed, fokus dan juga white balance sesuai kebutuhan. Memberikan keleluasaan untuk menghasilkan foto terbaik. 

Tips lain dari Riki Dior adalah untuk belajar fitur yang ada di kamera ponsel. Fotografer harus paham ponsel yang digunakan, fiturnya apa saja tertama yang berhubungan dengan fotografi. Jadi ketika memotret, sudah paham fitur dan bisa mendapatkan hasil foto seperti yang diinginkan. 

Tips pengaturan ponsel untuk streetphotography

Bentuk dan desain ponsel juga bisa mempengarugi saat memfoto, apalagi kalau untuk streetphotography memang akan banyak bergerak. Smartphone yang nyaman dalam genggaman menjadi penting. Ukurannya pas dan bisa maksimal untuk menangkap momen dengan cepat. 

Ponsel yang handal dari sisi fitur foto, kecepatan proses dan tidak lelet jadi penting karena momen biasanya hadir dengan cepat, dibutuhkan ponsel yang gegas ketika ingin memotret. 

Fitur yang mudah digunakan juga tidak kalah penting. Seperti Riki Dior yang mengatakan bahwa kemudahan dalam pengoperasian menu di kamera, termasuk menu Pro penting untuk fotografer, sehingga dia bisa melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhannya. 

Samsung Galaxy A35 5G sudah punya keunggulan ini. Fitur aplikasi kamera bawaannya mudah untuk digunakan, telah tersedia fitur pro yang lebih leluasa untuk melakukan setting dan cocok untuk streetphotography. 

Tips kondisi terang atau temaram

Untuk cuaca atau kondisi cahaya salah satu tips yang bisa dijalankan adalah memperhatikan arah cahaya, bayangan serta warna. Kombinasikan elemen ini untuk menghasilkan foto yang menarik. 

Sedangkan untuk malam bisa mencari cahaya lampu atau background terang. Kombinasi bisa ditambahkan dengan mencari subjek yang tidak bergerak cepat. 

Kemampuan kamera smartphone untuk handal untuk memfoto malam menjadi penting. Karena banyak momen menarik yang hadir ketika cahaya matahari telah redup. Galaxy A35 5G adalah ponsel yang punya fitur dan kemampuan untuk menghasilkan foto malam yang baik. 

Nightography yang disematkan di ponsel ini cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang bisa menangkap detail dengan baik meski temaram. 

— 

Samsung Galaxy A35 5G adalah ponsel mid range yang punya keunggulan di sisi fotografi. Ponsel ini hadir dengan layar layar 6.6 inci FHD+ Super AMOLED dan Infinity O untuk notch. Refresh rate 120Hz dengan 1000 nits untuk brightness. Dengan prosesor Exynos 1380 dan perlindungan layar Gorilla Glass 5 untuk layar depan. 

Ponsel ini juga cocok untuk kegiatan fotografi karena sudah dilengkapi dengan 50MP wide angle camera, 8MP ultra wide camera, 5MP macro camera dan 13MP selfie camera. Fitur Nightography juga hadir sebagai pelengkap untuk menghasilkan foto yang baik di cahaya temaram. 

Bagi mereka yang ingin merekam video, Galaxy A35 5G juga sudah dilengkapi dengan Super HDR serta OIS dan VDIS untuk kestabilan saat mengambil video. Baterai dari perangkat ini adalah 5000 mAh dengan dukungan fast charging sampai 25 W.

Fitur kamera yang ada di dalamnya termasuk Nightography serta spesifikasi lensa kamera yang cukup baik. Antara lain 50MP wide angle camera, 8MP ultra wide camera, 5MP macro camera dan 13MP selfie camera. Fitur Nightography juga hadir sebagai pelengkap untuk menghasilkan foto yang baik di cahaya temaram. 

Untuk rekam video, Galaxy A35 5G juga sudah dilengkapi dengan Super HDR serta OIS dan VDIS untuk kestabilan saat mengambil video. Baterai dari perangkat ini adalah 5000 mAh dengan dukungan fast charging sampai 25 W.

Desain dari kamera ini juga baik dan nyaman digengggam. Antar muka yang mudah digunakan termasuk di aplikasi kamera. Mendukung kegiatan fotografi yang sering kali membutuhkan akses cepat untuk menangkap momen. 

Untuk mereka yang ingin mengulik lebih dalam pengaturan saat foto, Galaxy A35 5G sudah juga menghadirkan fitur mode Pro di aplikasi kamera bawaan. Dengan pengaturan ini pengguna bisa lebih leluasa dalam melakukan pengaturan ISO, shutter speed dan juga white balance dan fokus kamera. 

Previous Story

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Next Story

Samsung Rilis Galaxy Watch FE, Usung Teknologi Pemantauan Kesehatan Canggih

Latest from Blog

Don't Miss

Sasar Gen Z yang Suka Olahraga, Samsung Unggulkan Fitur Kamera Galaxy Z Flip6

Pasca peluncuran pre-order-nya beberapa waktu silam, Samsung Galaxy Z Flip6

Blibli Buka Pre-Order Samsung Galaxy Z Series dengan Berbagai Benefit Menarik!

Kehadiran Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 tentu menjadi salah