8 July 2019

by Bambang Winarso

Tips Pengaturan Grup Facebook Agar Makin Nyaman, Rapi dan Teratur

Pengaturan yang kerap kali dilewatkan admin grup

Ada banyak ragam grup yang dibuat di Facebook, mayoritas mereka berisikan orang-orang dengan ketertarikan yang sama, berasal dari sekolah yang sama, kampus yang sama dan bahkan nama yang sama.

Tetapi berinteraksi dalam sebuah grup tidak semulus yang dibayangkan. Dalam situasi tertentu, konflik sering terjadi yang biasanya dipicu karena konten yang dibagikan menyinggung, bermuatan politik, sara, ras dan agama. Terkada bahkan tak jarang berisi konten-konten tak senonoh.

Nah, untuk memastikan grup bersih dari segala bentuk gangguan semacam itu, admin grup perlu melakukan pengaturan tambahan. Beberapa di antaranya.

Menyaring Anggota Baru

Menyaring anggota baru bisa dilakukan secara manual - kalau Anda punya banyak waktu, tapi kalau pekerjaan di kantor sudah sangat menyita waktu, Facebook sudah menyediakan fitur bantuannya untuk anda, yaitu berupa pertanyaan yang ditujukan kepada calon anggota baru yang meminta bergabung.

  • Buka grup Facebook Anda, kemudian klik tanda bintang atau medali bintang di kanan paling atas tepat di sebelah tombol pencarian.

  • Selanjutnya akan muncul sebuah popup seperti ini, Anda tap saja menu Membership Questions.

  • Lanjut, akan muncul layar seperti ini. Karena saya sebelumnya sudah membuat pertanyaan untuk grup ini, maka sudah ada beberapa pertanyaan. Di layar Anda semestinya masih dalam kondisi kosong. Untuk membuat pertanyaan, tap tombol Add Question.
  • Lalu buatlah pertanyaan spesifik yang kemungkinan besar hanya bisa dijawab dengan benar oleh calon anggota yang ingin bergabung. Jenis jawaban bisa diset berupa pilihan ganda, teks dan cek box. Terserah Anda mau yang pakai yang mana. Jika sudah selesai, tap Save.

  • Setelah pertanyaan tersimpan, maka ia akan otomatis muncul di daftar pertanyaan.

Mengatur Persetujuan Postingan

  • Pengaturan lain yang bisa digunakan agar grup makin nyaman adalah dengan memoderasi setiap postingan baru yang dikirimkan oleh anggota. Caranya, tap Group Settings atau Pengaturan Grup masih dari tombol medali bintang di awal tadi.
  • Kemudian temukan opsi Post Approval, tap dan ubah dari Off ke On.

Membatasi Stories

  • Selanjutnya, Anda juga bisa mencegah berbagai macam stori yang berseliweran di grup dengan cara membatasi level member yang boleh membuat stori.
  • Cara masih dari Group Settings, lalu klik Who Can Create Groups Story, dan ubah pengaturannya ke Only Admins.

Membatasi Siapa yang Bisa Membuat Chat Grup

  • Grup chat juga sering jadi sumber kegaduhan. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa menentukan siapa yang bisa membuat grup chat, misalnya hanya Admin.
  • Caranya masih dari Group Settings, kemudian tap Who Can Create Group Chats, ubah ke posisi Only Admins.

Dengan langkah-langkah antisipasi di atas, grup yang Anda kelola akan jauh lebih rapi, nyaman bagi semua orang dan yang terpenting terbebas dari konflik. Selamat mencoba!

Sumber gambar header Cityspidey.