Dark
Light

Tips: Mengisi Ulang Batere Lumia yang Sempat Lama Mati

1 min read
January 15, 2013

Salah satu problem yang bisa dihadapi oleh pengguna Nokia Lumia (dalam hal ini Lumia 800) adalah sulitnya mengisi ulang kembali batere Lumia yang sempat lama dibiarkan mati. Saya cukup terkejut ketika batere Lumia ternyata sama sekali tidak mengisi dan layar tidak dapat dinyalakan ketika batere Lumia 800 sudah lama dibiarkan habis. Kondisi ini terjadi baik ketika diisi ulang melalui PC atau bahkan ke soket listrik sekalipun. Ternyata berdasarkan pencarian informasi di sejumlah situs, kejadian ini bukanlah hal yang aneh.

Saya tidak tahu seperti apa teknologi apa yang digunakan oleh Nokia untuk sumber tenaga ponsel Lumia-nya ini tetapi hal seperti ini tentu saja sangat merepotkan bagi penggunanya. Yang frustasi (dengan kondisi ini) bahkan ada yang sampai menyerah sambil menyatakan penyesalannya. Tentunya Nokia tidak ingin kehilangan konsumennya di masa susah seperti ini bukan?

Lalu bagaimana solusinya jika berhadapan dengan kondisi serupa? Ada sejumlah cara yang ditawarkan, tapi cara yang berhasil saya gunakan adalah dengan trik seperti “jump start” di mesin mobil. Langkahnya dengan mengkoneksikan Lumia dengan komputer lalu buka Zune. Usahakan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan ponsel, misalnya mengklik tombol Sync. Jika belum ada respon coba ulangi beberapa kali (cabut ponsel dan dikoneksikan lagi ke PC).

Yang saya alami adalah setelah dua kali cabut ponsel, mulai ada getaran yang membangkitkan Lumia dari status mati suri. Di getaran yang kedua mulai muncul logo batere yang sedang isinya, artinya kondisinya sudah kembali normal. Setelah itu batere ponsel mengisi seperti biasa hingga penuh.

Semoga berhasil.

0 Comments

  1. nokia lumia saya tidak mau menyala padahal telah di isi daya selama 20 menit dan saya mencoba saran dari nokia yaitu menekan tombol volume (bawah) dan power tapi tidak berhasil. karena nokia lumia 620 sudah agak lama tidak saya gunakan dan baterai tidak mau mengisi bahkan untuk menyala!!!
    apa yang harus saya lakukan?????

  2. sudah coba beberapa kali? saya coba beberapa kali sampai benar-benar memberikan indikasi, termasuk dengan usaha memancing sync ke komputer

  3. sudah coba cara yang saya sarankan? sudah coba dikoneksikan dengan komputer dan dipancing untuk sync menggunakan aplikasi Zune?

  4. kok ga ada getar sama sekali, padahal lumia 525 aku udah dicolok ke pc puluhan kali tapi ga terdeteksi di pc maupun di zune, layar juga ga hidup apa lagi indikatornya setelah baterai aku udah di cash pake charger kodok penuh, gimana solusinya mas?

    apa musti di flash? padahal di pc terdetek juga ndak

  5. hp sy L520, kasusnya sama, dari pagi sampe sore di cobain ttp ga bs, pake batre baru jg ga bs, d colokin k PC cm ada geter sekali udah gitu ttp matot, sy udah ikutin cara mas jg ttp ga bs, kenapa ya mas? apakah lumia emang kyk gitu? atau gmn ya? mohon bantuannya mas.

  6. hp saya lumia 800 tidak mau nyala,sudah dicoba dengan cara diatas sampai satu hari belum berhasil.Besoknya,alhamdulillah bisa nyala.Thanks mas

  7. punya tetap ga mau nyala, ada getar dan muncul logo baterai merah tp tetap berulang ulang seperti itu dan ga bsa nyala. gimana ya? sdh 2 hari ga bisa nyala

  8. Batrenya diCes pake dekstop charger ( ces kodok ), kalau uda penuh masukin ke hp, kalo dihidupin hp keluar logo terus mati coba hardreset, kalo masih tetep, coba cek konektor batre, perna dpt lumia 510 dgn permasalahan yg sama, ternyata konektor batre yg unsolder

  9. aku udah ikutin cara yang diatas, tp tetap gak nyala .. pas di coba kadang muncul logo baterai sama tulisan nokia. tapi tetap aja gak nyala udh bbrapa kali di coba, gimana yaa? thx

  10. saya coba bantu ya.. kalo pengen ngerjain petunjuk diatas, usahakan hape di cas atau dicolok kekomputer agak lama sampai muncul indikator baterai nyala.. kalo sudah kepancing gitu, baru cas pakai cas aslinya sampai penuh.. ane work 2 kali malahan pertama 920 kedua 620..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rumor: Produsen Komputer Personal Dell Akan Dijual?

Next Story

BiblioTech, Perpustakaan Umum Pertama di Dunia yang Tidak Memiliki Buku Cetak

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang