Dark
Light

Tips Membuat Kata Sandi Yang Aman

1 min read
November 13, 2014

Kata sandi itu ibarat kunci, gunanya untuk membuka pintu. Tanpa kunci yang benar jangankan masuk, mengintip dari celah pintu saja tidak bisa. Tapi mempunyai kunci saja tidak cukup, kuncinya juga haruslah yang kuat dan tidak mudah ditiru. Begitu juga dengan sandi, hendaknya dibuat dengan cara yang benar. Mau tahu cara membuat kata sandi yang aman? Begini caranya.

Buat Kata Sandi Minimal 8 Karakter

Tips membuat kata sandi yang pertama, sebaiknya minimal 8 karakter. Artinya semakin panjang semakin aman, tetapi kata sandi yang panjang jadi sulit untuk diingat.

Pilih nama sesuatu atau momen di hari istimewa yang terdiri dari 8 karakter atau lebih, dan hanya diketahui oleh Anda sendiri sehingga mudah untuk diingat tapi sebaliknya sulit ditebak orang lain.

Jangan Gunakan Nama, Tanggal Lahir, Domisili dan Nama Kantor

Menggunakan nama, tanggal lahir dan domisili memang merupakan cara termudah untuk membuat kata sandi, pun mengingatnya. Tetapi trik ini justru paling rentan akan serangan, apalagi jika pembobol sudah mengantongi identitas Anda. Jadi, hindari penggunaan nama, tanggal lahir, domisili dan nama kantor ya.

 

Info Menarik: Google Rilis Aplikasi SMS ‘Messenger’, Tampil Dengan Sentuhan Material Design

 

Hindari Kata Sandi Yang Merupakan Satu Kalimat Lengkap

Yang dimaksud dengan satu kalimat lengkap misalnya membuat kata sandi p455word. Jika diperhatikan kata sandi ini terlihat aman, menggunakan karakter yang berbeda tetapi merupakan satu kalimat lengkap sehingga mudah sekali untuk ditebak.

Gunakan Karakter dari Kategori yang Berbeda

Ada beberapa kategori karakter yang dapat kita temukan di keyboard komputer. Huruf kecil (a, b, c), huruf besar (A, B, C), kemudian angka (1, 2, 3) dan simbol ($, @, &). Penggabungan karakter antar kategori ini sangat direkomendasikan dalam pembuatan kata sandi. Namun bila urutannya asal tentu sulit untuk mengingatnya.

Untuk mengatasinya, asosiasikan setiap karakter dengan momen, hobi, kata pepatah atau layanan yang Anda ikuti. Contoh:

  • Ulang Tahun Anak Pertama, 12 November 2001: Utap1,12/nov,01
  • Saya Suka Bermain Bola Kaki: iluv-2-ply-elRealK4kI
  • Kata Sandi Untuk Facebook: KTS-4-M4rKfb

Susunan kata sandi di atas hanya contoh, Anda boleh saja mencoba susunan yang lain yang sekiranya paling tepat dan paling mudah diingat.

Tapi kemudian ada pertanyaan, bagaimana jika kita punya banyak layanan sehingga membutuhkan banyak kata sandi, kan sulit mengingat semuanya?

Untuk kasus seperti itu, ada beberapa saran yang bisa saya berikan. Pertama, gunakanlah aplikasi password manager atau layanan serupa yang banyak tersedia di Internet. RoboForm dan Lastpass adalah dua layanan kata sandi yang paling direkomendasikan saat ini.

 

Info Menarik: Ada Diskon Besar-Besaran dan Bagi-Bagi Game Gratis di GOG.com

 

Bagaimana jika menyimpan kata sandi di dalam file misalnya notepad di dalam komputer?

Boleh saja, tetapi upayakan melapisi file tersebut dengan fitur keamanan tambahan misalnya dengan memasang kata sandi. Banyak kok aplikasi yang bisa melakukan hal seperti itu. Sehingga hanya Anda seorang yang bisa membuka file tersebut. Upayakan pula untuk memberi nama file dengan nama yang tidak berasosiasi dengan sandi.

Itu dia beberapa tips membuat kata sandi yang aman, semoga bisa diterapkan sehingga kita semua aman dari tindakan orang-orang tak bertanggung jawab.

Sumber Gambar header: Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Stiker Pippo The Roly Poly Penguin Buatan Arsanesia Telah Hadir di Line

Next Story

XL Axiata Ungkap Dominasi WhatsApp Di Indonesia

Latest from Blog