Featured Article

4 Tips FUT 20 untuk Membangun Tim Impian dan Meraih Keuntungan

22 May 2020 | Yabes Elia
Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pendapatan dan pengeluaran ada di FUT20?

Jika beberapa waktu yang lalu kami sudah memberikan 6 tips gameplay untuk FIFA 20, kali ini kita akan membahas yang lebih spesifik yaitu tips FUT 20. Sebenarnya, membangun tim impian di FUT 20 sangat mudah dilakukan jika Anda punya uang banyak yang bisa digunakan untuk membuka banyak pack. Jadi, selamat bekerja keras dan menabung untuk mengumpulkan banyak uang! Sekian tips dari kami… Wkwkwkwk

Di sisi lain, jika Anda tak punya banyak modal atau tak ingin merogoh kocek dalam-dalam, Anda bisa memaksimalkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Berikut ini adalah tips dari kami dan juga tambahan tips dari Achmad Fadh. Jika Anda sudah cukup lama bermain FIFA, Anda tentunya sudah tidak asing dengan nama Fadhkarim. Ia adalah salah satu pemain FIFA paling senior dari Indonesia yang berhasil mencetak pemain-pemain baru berkualitas di skena esports FIFA Indonesia seperti Kenny Prasetyo, Ega Rahmaditya, Pugu Mujahid Mantang, Abdul Rozak, dan kawan-kawannya. Saat ini ia adalah General Manager sekaligus Coach untuk Raja Esports.

Tanpa basa-basi lagi, inilah tips FUT 20.

Tips Memulai FUT 20

Sumber: EA Official Media
Sumber: EA Official Media

FIFA 20 mungkin memang sudah dirilis bulan September 2019 silam. Namun demikian, mungkin ada dari Anda yang masih ragu untuk mencoba fitur FUT 20 nya. Buat para pemain pemula, ada satu rating bernama Chemistry yang wajib Anda perhatikan. Pasalnya, rating ini akan sangat berpengaruh saat memulai FUT karena Anda belum memiliki banyak pemain hebat. Chemistry dapat meningkatkan stats kartu pemain jika nilainya tinggi namun juga bisa menurunkan stats jika terlalu rendah.

Chemistry akan diberikan jika Anda memiliki pemain dari asal negara, liga, tim, dan posisi yang tepat. Anda juga akan mendapatkan 1 bonus poin Chemistry untuk setiap pemain yang berasal dari negara yang sama dengan manager yang Anda gunakan. Anda bisa mulai mencari-cari perhitungan Chemistry tadi dan menerapkannya untuk mendapatkan advantage lebih saat baru mulai bermain. Jika Anda belum terlalu paham soal Chemistry tadi, ada penjelasan yang cukup baik yang bisa Anda baca di artikel dari Gfinity ini.

Achmad Fadh juga memberikan beberapa tipsnya buat para pemain baru. “Manfaatkan kartu-kartu yang ada dengan benar. Mulailah mencari coin dari Squad Battle. Pilih level yang bisa Anda menangkan dengan mudah dengan kartu seadanya.”

Fadh pun menambahkan, “Setelah mendapatkan reward dari Squad Battle di hari senin, mulai bangun tim Anda. Awalnya, Anda harus rajin mencari kartu pemain Gold yang bagus tapi harganya murah. Setelah memiliki tim, Anda bisa mulai mencari lawan di divisi 10 / divisi Rivals.”

Kartu Pemain META FUT 20

Layaknya para atlet sepak bola yang sesungguhnya, memang ada pemain-pemain yang nilainya lebih tinggi dan lebih berguna ketimbang pemain-pemain lainnya. Ada juga beberapa pemain yang bahkan lebih efektif dari yang terlihat di stats-nya, misalnya seperti Marcus Rashford dan Davidson Sanchez di FIFA 19.

Anda bisa mengunjungi FIFA 20 di Reddit untuk informasi-informasi pemain-pemain bagus tadi. Di sana Anda juga bisa bertanya-tanya soal rekomendasi squad building. Jika Anda lebih suka dengan komunitas lokal, grup Facebook FIFA 20 Indonesia adalah komunitas yang cukup aktif untuk berbagi informasi.

Sedangkan tips dari Fadh, ia menyarankan melihat stats Pace untuk setiap pemain yang ingin Anda gunakan. “Pemain META adalah pemain dengan Pace yang bagus. Pace minimal yang bagus untuk pemain sayap adalah 90 sedangkan untuk pemain CB (Center Back) adalah 80.” Ujarnya.

Tips Belanja dan Rewards untuk FUT 20

eMLS Tournament Special
Sumber: Electronic Arts

Tentu saja, salah satu aspek yang paling menarik dari FUT 20 adalah soal jual beli kartu pemain antar pemain FUT 20 di seluruh dunia. Namun, hal tersebut akan kita bahas di bagian terakhir tips kali ini. Sebelum itu, kita akan membahas terlebih dulu soal memaksimalkan anggaran belanja Anda dan rewards yang bisa Anda dapatkan.

FIFA 20 SBC (Squad Building Challenge) adalah bagian yang tak terpisahkan dari FUT jika Anda ingin mendapatkan kartu-kartu pemain bagus. Sama seperti namanya, tugas Anda dengan SBC adalah membangun tim yang terdiri dari pemain-pemain dengan sejumlah kriteria tertentu. Dengan menyelesaikan SBC, Anda bisa mendapatkan pack kartu senilai 50 ribu coin, versi buffed dari kartu-kartu pemain, ataupun membangun tim raksasa. Untuk melacak challenge yang aktif, Anda bisa mengunjungi FUTBin.

Lalu bagaimana soal belanja pack untuk FUT20? Jika Anda punya anggaran yang terbatas, jangan membeli Gold Pack. Silver (2500 coin) dan Bronze Pack (400 coin) standar adalah pertaruhan yang lebih aman jika Anda ingin belanja. Kenapa bisa begitu? Karena ada SBC tadi. Kartu-kartu dari Silver dan Bronze Pack bisa Anda gunakan untuk SBC tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak coin. Sedangkan untuk pack Gold Premium yang seharga 7500 coin, kemungkinan besarnya akan kesulitan untuk balik modal — bahkan setengahnya dari nilai tadi.

Jual Beli Kartu di FUT 20

Sama seperti semua pasar, hukum permintaan dan penawaran juga berlaku bagi Anda yang ingin meraup lebih banyak keuntungan dari jual beli kartu di FUT 20. Spesifiknya, inilah tips jual beli yang disarankan oleh Fadh.

“Jual kartu saat barangnya langka. Misalnya, jual kartu saat semuanya mau melakukan FUT Champions (Jumat pagi). Sedangkan tips beli kartu yang paling efisien adalah saat hari Kamis sore (jam 4) karena banyak orang yang buka pack reward dari FUT Champions alias saat banyak suplai barang.” Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan cepat dengan membeli Fitness card di hari Senin lalu jual kembali di Jumat pagi. Menurut Fadh, cara ini efektif karena banyak pemain mencari Fitness card untuk memulai FUT Champions.

Terakhir, SBC juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari keuntungan dari pasar jual beli kartu. FUTBin tadi bisa Anda gunakan untuk mencari tahu pemain-pemain SBC yang sedang dicari banyak orang. “Kartu-kartu rating tinggi (84 ke atas) akan naik harganya saat ada SBC baru yang membutuhkan kartu tersebut.” Tutup Fadh mengakhiri perbincangan kami.

Penutup

Itu tadi beberapa tips FUT 20 yang bisa Anda coba untuk membangun tim impian Anda sekaligus meraih keuntungan. Semoga berguna dan selamat mencoba!

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Electronic Arts