16 March 2022

by Glenn Kaonang

Tiny Tina's Wonderlands Bakal Dukung Fitur Cross-Play Sejak Hari Pertama

Di Tiny Tina's Wonderlands, Gearbox tidak ingin mengulangi kesalahannya dengan Borderlands 3 terkait fitur cross-play

Kabar gembira bagi yang telah bersabar menanti Tiny Tina's Wonderlands. Spinoff Borderlands tersebut akan resmi meluncur pada 25 Maret, dan bagian terbaiknya, ia bakal sepenuhnya mendukung fitur cross-play antar platform sejak hari pertama.

Ini berarti para pemain dapat bermain bersama-sama secara online tanpa terbatasi oleh perangkat yang mereka gunakan. Seperti diketahui, Tiny Tina's Wonderlands bakal tersedia di PC, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X/S, dan Xbox One. Fitur cross-play antar platform ini dimungkinkan berkat penggunaan layanan SHiFT Matchmaking besutan Gearbox sendiri.

Melihat popularitas game seperti Fortnite dan Apex Legends, cross-play tentu sudah terkesan cukup umum dewasa ini. Namun nyatanya tidak semua game modern mendukungnya. Ambil contoh Borderlands 3, game tersebut baru kedatangan fitur cross-play pada Juni 2021, alias hampir dua tahun semenjak peluncuran perdananya. Lebih mengecewakan lagi, dukungan fitur cross-play-nya pun tidak menyeluruh, sebab entah kenapa alasannya, fitur ini sama sekali tidak berlaku buat pengguna PS5 maupun PS4.

Beruntung kekurangan tersebut sudah dibenahi di Tiny Tina's Wonderlands. Berdasarkan pengalaman pribadi saya dengan Borderlands, seri game ini memang jauh lebih asyik jika dimainkan bersama setidaknya seorang teman (co-op) ketimbang sendirian. Sistemnya juga cukup pandai untuk membuat permainan jadi lebih menantang dalam mode multiplayer, salah satunya dengan menyajikan lebih banyak musuh. Sejak Borderlands 3, Gearbox juga sudah membebaskan pemain untuk memilih di antara dua opsi terkait mekanisme pembagian loot dan scaling musuh.

Selain online, Tiny Tina's Wonderlands tentu juga menawarkan local multiplayer dengan tampilan split-screen. Jumlah maksimum pemain yang dapat diakomodasi dalam satu sesi berbeda tergantung konsol yang digunakan: hingga 4 orang di konsol next-gen (PS5 dan Xbox Series X/S), tapi cuma dua orang saja di PS4 dan Xbox One (mungkin karena keterbatasan hardware). Kalau yang bermain hanya dua orang, mereka bisa memilih orientasi tampilan split-screen antara vertikal atau horizontal.

Buat yang ingin memainkan Tiny Tina's Wonderlands di PC, Gearbox telah mengumumkan persyaratan spesifikasi yang dibutuhkan untuk game ini. Secara keseluruhan, spesifikasi PC yang dituntut bisa dibilang tidak terlalu berat. Berikut detailnya.

Minimum:

  • CPU: AMD FX-8350 atau Intel Core i5-3570
  • GPU: AMD Radeon RX 470 atau Nvidia GeForce GTX 960 4 GB
  • RAM: 6 GB
  • Storage: 75 GB
  • OS: Windows 10

Recommended:

  • CPU: AMD Ryzen 5 2600 atau Intel Core i7-4770
  • GPU: AMD Radeon RX 590 8 GB atau Nvidia GeForce GTX 1060 6 GB
  • RAM: 16 GB
  • Storage: 75 GB
  • OS: Windows 10

Sumber: Gearbox via IGN.