Lakukan Cheat, Tim MSC Arcane Dikenakan Banned Permanen Oleh PUBG Mobile

Keputusan ini dipandang serius oleh PUBG Mobile untuk membuat efek jera bagi para cheater.

Setelah selesai fase play-ins, rupanya turnamen DGWIB PUBG Mobile masih menyisakan kabar mengejutkan. Salah satu pemain baru saja dikenakan sanksi banned permanen dari seluruh turnamen PUBG Mobile.

Keputusan ini datang setelah investigasi internal oleh pihak PUBG Mobile Indonesia.

Langkah ini juga dilakukan setelah adanya beberapa aduan para peserta. Keputusan ini selesai ditentukan oleh internal tim tepat sebelum digelarnya DGWIB Grand Final yang diselenggarakan pada 12-13 Februari 2022.

Dari 16 tim yang terkumpul, 8 di antaranya berasal dari komunitas. Kualifikasi ini dilakukan agar ada penantang untuk tim-tim profesional.

Namun dari seluruh tim yang bertanding dari kualifikasi ada satu tim yang tertangkap menggunakan cheat. Benar, satu tim ini terdeteksi melakukan cheat melalui sistem Anti-Cheat PUBG Mobile yang dilakukan langsung di turnamen.

Sanksi MSC Arcane, Dilarang Bermain di Seluruh Turnamen PUBG Mobile

Sumber: Dunia Games

Langsung dari akun Instagram PUBG Mobile Esports Indonesia, diumumkan bahwa pemain dengan nickname MSCzeinfysARC  dari tim MSC Arcane terdeteksi menggunakan cheat.

Meski tidak dijelaskan cheat yang digunakan, namun tindakan ini jelas menyalahi peraturan turnamen DGWIB dan syarat dan kondisi permainan PUBG Mobile.

Tanpa ada kompromi lebih lanjut, pihak PUBG Mobile resmi menerapkan banned permanen. Selain sang pemain MSCzeinfysARC, tim MSC Arcane juga akan menerima investigasi lebih lanjut.

Dengan kehilangan satu pemain, maka MSC Arcane juga harus terkena imbasnya. Melalui pengumuman tersebut juga tim MSC Arcane akan menerima banned permanen dari PUBG Mobile.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa tim tersebut juga terkena banned permanen. Namun bila sudah melalui investigasi, kemungkinan besar pihak tim juga sadar dan memperbolehkan tindakan cheat yang dilakukan MSCzeinfysARC untuk DGWIB.

Komunitas PUBG Mobile pun mengapresiasi hal yang dilakukan untuk memberikan efek jera kepada cheater. Selain itu, banned permanen MSC Arcane seakan menjadi peringatan keras bagi tim yang ingin mencoba melakukan hal serupa.

Masih belum diumumkan tim mana yang akan menggantikan MSC Arcane pada gelaran grand final DGWIB PUBG Mobile mendatang. Tapi kemungkinan besar akan diambil dari tim dengan poin terbesar setelah MSC Arcane pada fase play-ins.