21 December 2021

by Glenn Kaonang

Realme Pamerkan Tiga Terobosan Baru yang Diusung oleh Realme GT 2 Pro

Realme GT 2 Pro mengunggulkan desain minimalis dengan bahan bio-polimer, kamera ultra-wide 150°, serta teknologi switching antena dan NFC 360°

Menjelang pergantian tahun, Realme mulai membeberkan lebih banyak detail mengenai smartphone flagship-nya untuk tahun 2022, yakni Realme GT 2 Pro. Kita sudah tahu bahwa ponsel tersebut bakal menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dan kini, melalui sebuah acara virtual, Realme menyingkap tiga terobosan baru lain yang bakal dihadirkan oleh GT 2 Pro.

Yang pertama berkaitan dengan desainnya. Dirancang oleh desainer Jepang terkemuka, Naoto Fukasawa, Realme GT 2 Pro hadir membawa rancangan minimalis dan berfokus pada keberlanjutan yang terinspirasi dari kertas. Istilah kerennya "Paper Tech Master Design", dan Realme pun tidak segan mengklaim GT 2 Pro sebagai smartphone pertama di dunia yang didesain dengan bahan dasar bio.

Klaim tersebut merujuk pada penutup belakang Realme GT 2 Pro yang terbuat dari bahan bio-polimer, yang merupakan alternatif lebih ramah lingkungan dibanding bahan baku fosil yang berdampak terhadap pemanasan global. Menurut Realme, bahan berbasis bio SABIC ini telah lulus uji International Carbon and Sustainability Certification (ISCC), serta berbagai standar peraturan lingkungan lain seperti REACH, RoHS, dan EPEAT. Lebih lanjut, Realme juga mengimplementasikan desain kemasan baru dengan rasio plastik keseluruhan yang turun drastis dari 21,7% menjadi 0,3% saja.

Terobosan yang kedua adalah kamera ultra-wide dengan sudut pandang seluas 150°. Ini jauh lebih luas daripada milik kebanyakan smartphone, yang umumnya berada di kisaran 120°. Kalau dibandingkan dengan kamera utamanya, kamera ultra-wide ini bisa memperluas bidang pandang hingga sebesar 278%. Daripada pusing menghitung, Anda bisa mengamati gambar di atas yang diambil menggunakan kamera ultra-wide milik Realme GT 2 Pro.

Dari sisi software, Realme GT 2 Pro juga akan dilengkapi dengan mode pemotretan fisheye. Ketimbang mode ultra-wide biasa, mode fisheye bisa menghasilkan bidang pandang yang lebih luas lagi, lengkap dengan efek visual yang memikat.

Terakhir, Realme GT 2 Pro turut mengunggulkan terobosan di bidang komunikasi berkat penerapan tiga teknologi berikut: teknologi switching antena pita ultra lebar (HyperSmart), Wi-Fi Enhancer, dan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC) 360°.

Pada praktiknya, teknologi HyperSmart melibatkan 12 antena melingkar yang menutupi semua sisi smartphone dan mendukung pita arus utama di hampir semua arah, seluruhnya dengan kekuatan sinyal yang sama. Ini memungkinkan Realme GT 2 Pro untuk secara cerdas mengevaluasi kekuatan sinyal seluruh antena, dan secara otomatis memilih antena dengan sinyal terbaik.

Lalu ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi, antena Wi-Fi milik GT 2 Pro dirancang secara simetris guna memastikan kekuatan sinyal yang lebih seimbang di sekitar smartphone. Berdasarkan pengujian internal yang dilakukan Realme, desain semacam ini terbukti mampu meningkatkan stabilitas sinyal hingga sebesar 20% jika dibandingkan dengan desain antena Wi-Fi yang tidak simetris.

Perihal NFC, Realme telah mengintegrasikan dua antena seluler teratas dengan fungsi transceiver sinyal NFC, meningkatkan area penginderaan sebesar 500%, sekaligus jarak penginderaan sebesar 20%. Seluruh bagian atas GT 2 Pro sanggup mendeteksi sinyal NFC di kedua arah, memfasilitasi penggunaan NFC untuk penggesekan kartu atau smartphone.