Dark
Light

Tiga Risiko Kegiatan Pemasaran Berbayar

1 min read
January 3, 2018
Pro kontra melakukan kegiatan pemasaran berbayar / Pexels
Pro kontra melakukan kegiatan pemasaran berbayar / Pexels

Saat ini ketika semua kegiatan promosi difokuskan kepada mobile marketing, menjadikan platform tersebut terlalu crowded dan cenderung dilupakan oleh target pasar jika tidak memiliki tampilan yang unik dan stand out. Salah satu cara paling cepat untuk melakukan kegiatan promosi yang bisa mendatangkan jumlah pelanggan dan pada akhirnya profit adalah melalui kegiatan pemasaran berbayar atau paid acquisition.

Meskipun terbilang cepat mendatangkan jumlah pelanggan dengan penyaringan yang bisa disesuaikan, cara seperti ini ternyata juga memiliki efek yang tidak baik ke depannya. Artikel berikut akan membahas 4 hal negatif yang terjadi jika melakukan kegiatan paid acquisition.

Tidak bertahan lama

Meskipun budget untuk kegiatan paid acquisition bisa disesuaikan, namun pada akhirnya kegiatan pemasaran seperti ini tidak akan bertahan lama. Meskipun rewards telah diberikan kepada target pelanggan, namun jika kegiatan ini tidak didukung dengan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan atau fungsi menarik lainnya, tidak akan mampu merangkul jumlah pelanggan yang loyal.

Bersifat sementara

Selain media sosial sudah banyak brand yang memanfaatkan influencer di Instagram hingga Youtube untuk mempromosikan produk mereka. Selain membutuhkan budget yang lumayan besar, cara seperti ini juga tidak mampu mendatangkan pelanggan yang tepat, karena sifatnya yang sementara. Untuk sesaat dalam timeline yang telah ditentukan, pelanggan baru bisa saja bertambah, namun jika budget Anda habis atau tidak cukup, kegiatan ini akan berakhir tanpa ada impact yang berkelanjutan.

Budget yang besar

Melakukan kegiatan paid acquisition artinya perusahaan harus memiliki budget extra untuk melancarkan kegiatan tersebut, terutama ketika proses tersebut perlahan mulai menurun dan tidak mengalami peningkatan yang positif. Jika hal ini terjadi, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah untuk mengurangi Customer Acquisition Costs (CAC), selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat siapa pelanggan yang secara organik masih memanfaatkan produk atau layanan Anda. Secara otomatis kegiatan ini juga akan memperlihatkan penurunan pelanggan yang kurang “aktif” menggunakan produk.

Previous Story

VR Headset Pico Goblin Bisa Beroperasi Tanpa Bantuan Smartphone atau PC

guide-pharsa-mobile-legends
Next Story

[Guide] Pharsa, Hero Mage Mobile Legends dengan Serangan Bertubi-tubi

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang