Business
for SEO
Business

Tidak Lagi Gunakan Sistem Undangan, Google Inbox Kini Bisa Digunakan Oleh Semua Orang

1 June 2015Oki Rosgani

Bulan Oktober tahun lalu, Google telah mengumumkan keberadaan layanan Inbox yang berguna untuk memudahkan dalam mengakses kotak surat digital mereka di Gmail. Aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi lain terkait isi e-mail tersebut.

Sebelumnya, para pengguna yang ingin mengakses dan memiliki aplikasi Inbox harus menunggu untuk mendapatkan undangan dengan mengajukan request melalui e-mail yang dikirim ke inbox@gmail.com, namun kini proses undangan tidak lagi berlaku karena semua pemilik akun Gmail dapat langsung menggunakan layanan Inbox. Caranya tinggal mengunduh dan mengintegrasikan aplikasi Inbox di layanan Gmail mereka.

Info Menarik:  Fitur Baru Google Keep Ini Makin Memudahkan Penggunanya

Selain bisa didapat tanpa melalui sistem undangan, aplikasi Inbox juga kini telah mendapatkan sejumlah pembaharuan.

Beberapa contoh dari fitur baru ini misalnya; saat pengguna menerima e-mail setelah melakukan reservasi tiket pesawat maka akan ada informasi lain terkait hal tersebut, seperti informasi jadwal penerbangan serta reservasi hotel beserta tempat-tempat lain yang mungkin akan kita kunjungi. Fitur yang diberi nama Trip Bundles ini akan memudahkan pengguna yang akan melakukan perjalanan.

GMail Inbox Demo | Photo: Gmail Blog

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah kemampuan untuk membatalkan atau menarik kembali e-mail yang telah dikirimkan (Undo Send). Dengan fitur ini Anda bisa membatalkan proses pengiriman e-mail sesaat setelah anda menekan tombol Send.

Fitur serupa seperti ini pernah nongol pada aplikasi Outlook namun hanya bisa dinikmati oleh mereka yang telah tersambung ke sistem e-mail korporat, nah di Inbox Gmail, fitur ini bisa dinikmati oleh semua orang, menarik bukan?

Pengguna juga bisa menghapus e-mail yang ada dengan melakukan gerakan swipe pada layar tepat pada e-mail yang ingin dihapus, selain itu aplikasi Inbox juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan sendiri Custom Signature (tanda tangan) yang ingin ditampilkan pada akhir setiap e-mail yang mereka kirimkan.

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Google Keep, dan membuat jadwal reminder (pengingat) pada aplikasi tersebut, maka jadwal tersebut akan tampil di Inbox. Begitu juga ketika ada seseorang yang telah mengirimkan jadwal ToDo maka secara otomatis Inbox akan memberikan opsi apakah e-mail tersebut akan dimasukkan sebagai reminders.

Info Menarik: Uber Kini Layani Kota Bandung

Untuk pengguna di luar sana, bahkan mereka bisa langsung melakukan reservasi hotel atau restoran (seperti HotelTonight dan Eat24) untuk memesan kamar atau makanan langsung dari aplikasi Inbox yang terinstal pada perangkat smartphone. Apakah fitur ini juga akan bisa digunakan untuk pengguna di Indonesia? Semoga.

GMail Inbox Demo | Picture: GMail Blog

Seperti yang disebutkan di atas, aplikasi Inbox sudah bisa digunakan oleh semua orang tanpa harus melalui sistem undangan. Anda bisa langsung mengunduh dan menginstalnya pada perangkat Android atau iOS.

Selain ditujukan untuk perangkat bergerak, seperti smartphone dan tablet, layanan Inbox dari Gmail juga dapat diakses melalui PC dengan mengarahkan peramban Anda ke halaman http://www.google.com/inbox.

Sumber: GMail Blog | Gambar Header: Google Inbox.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV