Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

The Outlanders Update Dota 2: Tambah Level Hero dan Beri Item dari Creep

27 November 2019Akbar Priono

The Outlanders Update Dota 2 seperti siklus di tahun-tahun sebelumnya. Banyak perubahan drastis yang membuat Dota 2 layaknya game baru.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, The Outlanders Update Dota 2 versi 7.23 yang lama ditunggu akhirnya datang juga. Sudah menjadi siklus tahunan, update pasca-TI memang selalu berhasil membuat dahi Anda mengkerut, atau mungkin kesal karena perubahan yang terlalu signifikan.

Saya bisa bilang bahwa The Outlanders Update Dota 2 versi 7.23 ini merupakan salah satu yang paling lucu sepanjang perjalanan si pionir MOBA ini menemani kita selama kurang lebih 10 tahun. Jika menurut Anda penambahan Talent di update sudah membuat Dota 2 jadi aneh, maka tidak akan sama anehnya dengan meningkatnya batas maksimal level hero jadi 30 dan Neutral Creep yang kini menjatuhkan item.

Dua Hero baru

Satu bagian dari keluarga Spirit muncul ke permukaan dan turut bergabung di War of the Ancients. Dia adalah Inai the Void Spirit. Mengandalkan keahliannya menggunakan tombak bermata dua, serta punya kekuatan untuk berpindah dimensi membuat Void Spirit jadi salah satu Hero yang punya mobilitas yang tinggi.

Valve memasukkan Inai ke dalam kelompok, Melee, Carry, Escape, Nuker, dan Disabler. Dia punya kemampuan disable lewat skill Aether Remnant, lincah bergerak sembari melumpuhkan musuh dengan Dissimilate, kuat bertahan di dalam pertarungan dengan Resonant Pulse, dan bisa menebas banyak musuh dengan satu kali terjangan Astral Step.

Sumber: Valve
Sumber: Valve

Hadir menemani Void Spirit ada Beatrix Snapfire dan tunggangannya yang setia, Mortimer. Seperti kebanyakan ras Keen Folk, Beatrix Snapfire mengandalkan senjata api, teknologi canggih, dan dalam kasus Snapfire adalah kemampuan Mortimer yang bisa mengeluarkan ludah api.

Snapfire dapat melukai banyak musuh sekaligus dengan tembakan Scatterblast dari pistolnya. Dia punya Firesnap Cookie, kue racikan yang bisa membuat Mortimer ataupun musuh yang ditarget jadi melompat secara tiba-tiba. Hati-hati jika bergerak terlalu dekat dengan Snapfire karena di bawah pelananya ada Lil’ Shredder, senjata mematikan yang siap mengoyak baju zirah Anda. Jika Anda jauh dari jangkauan dari berbagai peralatan tempur Snapfire, Mortimer Kisses juga siap membuat Anda kehabisan ruang gerak karena ludah api tersebut akan membakar area yang ditarget.

Perubahan ekonomi awal game

Kesal support lupa beli atau upgrade kurir? Atau kesal karena berebut kurir? Sekarang tak perlu khawatir, karena masing-masing pemain mendapat kurir secara gratis. Observer Ward juga bisa didapatkan secara gratis, namun Anda masih harus mengambilnya dari Shop. Setiap pemain juga akan mendapatkan 3 Town Portal Scrolls secara gratis di awal permainan.

Kembali bicara soal kurir, ada sedikit penyesuaian pada mekanik penggunaannya. Kurir kini memiliki level yang akan mengikuti level dari Hero yang Anda mainkan. Pada level tertentu, kurir akan mendapat penambahan skill. Level 5 kurir mendapatkan Flying Movement, level 10 mendapat skill Speed Burst, level 15 kurir bisa digunakan untuk meletakkan Wards, level 20 kurir mendapat ability Shield, level 25 kurir bisa menggunakan item aktif.

Hero level 30 dan berbagai macam rework

Seperti updatelevel cap game RPG, batas maksimal Hero Dota 2 kini meningkat dari 25 jadi 30. Jika sudah mencapai level 30, Anda dapat membuka semua Talent Tree. Walau demikian, kerugian berupa XP Bounty yang diterima musuh dan Respawn Time yang Anda dapat akan tetap sama seperti saat level 25.

Bukan hanya naik level, banyak skill hero yang kini jadi berubah. Cara kerjanya mungkin masih mirip, tapi dengan beberapa penambahan-penambahan yang bisa bikin mengernyitkan dahi. Salah satu contohnya bisa Anda lihat di bawah ini, Kunkka sekarang bisa membuat area peperangan jadi seperti taman air mancur.

Tapi tenang, skill tersebut bukan bagian dari talent, melainkan rework Aghanim Upgrade Kunkka. Selain dari Kunkka masih ada sekitar 25 hero yang kelimpahan rework Aghanim Upgrade dan 21 hero lain yang mendapatkan Ability Rework. Jadi siapkan waktu dan tenaga untuk mempelajari 47++ hero yang telah mengalami perubahan tersebut.

Neutral Creep menjatuhkan Item dan Outpost

Elemen RPG pada The Outlanders Update bukan hanya pada peningkatan “level cap” saja, tapi juga penambahan mekanik berupa drop item pada Neutral Creep yang Anda bunuh. Walau mekanik ini terlihat janggal, namun Icefrog sepertinya terinspirasi dari cara kerja neutral creep pada RTS besutan Blizzard, Warcraft III.

Sumber: Wykrhm Reddy
Sumber: Wykrhm Reddy

Item dari Neutral Creep punya tingkatan sampai dengan 5. Kemungkinan drop item dari Neutral berubah sesuai dengan durasi permainan. Menit 5 – 15 item tier 1 punya 10% drop chance, menit 15 – 25 item tier 2punya 10% drop chance, menit 25 – 35 item tier 3 punya 10% drop chance, menit 35 – 45 item tier 3 dan 4 punya 5% drop chance, menit 45 – 70 item tier 4 punya 10% drop chance, dan pada menit 70+ giliran item tier 5punya 10% drop chance.

Masing-masing tier item dari Neutral punya daftarnya tersendiri, yang tentunya akan terlalu panjang jika saya jabarkan semuanya di sini. Tapi beberapa di antaranya punya mekanik yang menarik. Contohnya ada Trusty Shovel, yang menambah HP dan memungkinkan kamu “menggali harta karun” yang bisa mendapatkan entah Bounty Rune, Flask, TP Scroll 2 charged, atau mungkin seekor Kobold. Ada juga Fallen Sky, resep yang drop pada tier 5 untuk menggabungkan Blink Dagger dengan Meteor Hammer. Efeknya seperti Blink Dagger, tapi bedanya kamu akan datang dalam bentuk meteor yang memberi efek stun serta damage.

Sumber: Wykrhm Reddy
Sumber: Wykrhm Reddy

Tambahan lainnya adalah bangunan netral bernama Outpost. Bangunan ini menggantikan peran Side Shops yang dahulu biasa digunakan untuk membeli TP atau melengkapi item-item kecil. Outpost bisa Anda ambil alih dengan cara klik bangunannya dan channel selama 6 detik. Outpost yang sudah dimiliki akan memberi XP dan berfungsi sebagai watch tower setelahnya. Outpost memberi truesight vision sebesar 500 AoE, bonus XP setiap 5 menit sekali, dan bisa digunakan sebagai tempat TP.

Kata pro player dan analis tentang update ini

Tak lengkap rasanya jika bicara update tanpa mendiskusikannya dengan para ahli Dota. Untuk itu, saya bertanya kepada ex-Pro Player Dota 2 Farand “Koala” Kowara, dan shoutcaster Dimas “Dejet” Surya Rizki. Dejet menganggap peningkatan level jadi 30 dan mekanik item drop jadi dua hal yang akan mengubah cara main Dota. “Itu sama saja dengan dapat item secara gratis tanpa harus keluarkan gold satu peserpun. Satu lagi adalah masing-masing orang punya kurir, jadi nggak ada lagi deh salah-salahan soal kurir kalau main pub atau bareng kawan….hahaha.” ucapnya seraya sedikit berkelakar.

Farand "Koala" Kowara | Sumber: ggScore
Farand “Koala” Kowara | Sumber: ggScore

Koala menyoroti soal dua pendatang baru di War of the Ancients, Inai the Void Spirits serta Beatrix Snapfire & Mortimer. Menurutnya keluarga Spirits yang baru muncul ini sebenarnya mirip dengan salah satu saudaranya, Ember Spirit. “Sepertinya tipe damage Void Spirit adalah burst damage, jadi kurang cocok jadi carry. Mungkin dia akan cocok jika ditempatkan di mid, dapat level lebih dahulu, scaling damage dari skill.” kata Koala kepada saya.

Lanjut membahas Snapfire, awalnya saya merasa hero ini bisa cocok di midlane, tetap Koala mengatakan. “Snapfire harusnya support sih, antara support 4 atau 5. Kalau untuk mid, gue belom bisa menentukan, karena harus melihat scaling heronya seperti apa. Kalau bisa, mungkin akan seperti Puck, hybrid magic/fisik.” jelas Koala.


Update super besar ini membuat Dota 2 jadi segar kembali, malah membuatnya terasa jadi seperti Dota 3. Pada perubahan ini Valve terlihat seperti membuat permainan jadi lebih sederhana di awal, namun meningkatan kompleksitasnya jelang akhir permainan. Saya setuju dengan apa yang dikatakan Dejet, bahwa sistem item drop pada Neutral membuat permainan jadi tambah menarik. Akankah perubahan ini membuat durasi permainan Dota 2 jadi lebih cepat atau malah jadi makin alot?

 

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV